SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Gusti Putu Artha mengatakan debat calon presiden dan wakil presiden akan diselenggarakan sebanyak lima kali.

Pada konferensi pers yang diadakan di Media Center KPU, Jakarta, Rabu, ia mengatakan, debat akan berlangsung sebanyak lima kali dengan perincian tiga debat direncanakan untuk calon presiden dan dua debat direncanakan untuk calon wakil presiden.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Jadwal debat akan disesuaikan nanti dengan jadwal KPU dimulai dari tanggal 12 Juni hingga 4 Juli,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Mengenai moderator yang akan bertugas dalam debat tersebut, KPU telah menyiapkan lima nama, namun hal ini masih bisa dikoordinasikan lagi dengan masing-masing tim kampanye calon sesuai dengan tema topik debat.

“Prinsipnya, moderator nantinya harus disepakati oleh ketiga pasangan calon,” lanjutnya yang menjelaskan bahwa nama-nama moderator belum akan dipublikasikan oleh KPU.

Topik debat yang telah disiapkan KPU untuk calon presiden adalah strategi mewujudkan tata kelola yang bersih dan penegakan supremasi hukum, strategi mengatasi kemiskinan dan pengangguran serta mewujudkan ketahanan pangan dan fokus kebijakan pembangunan untuk lima tahun ke depan, beserta konsep dan strateginya.

Untuk topik debat bagi calon wakil presiden adalah peningkatan mutu pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keharmonisan kehidupan dalam keberagaman, peningkatan pelayanan kesehatan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Topik-topik yang dipilih KPU merupakan tema-tema sentral dan berdasarkan pentingnya permasalahan yang akan dihadapi bangsa hingga lima tahun ke depan.

Dalam debat ini diharapkan akan terlihat program kerja dari masing-masing calon untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi Indonesia.

Pasangan calon yang akan ikut dalam pemilihan presiden pada 8 Juli 2009 nanti adalah pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, pasangan Jusuf Kalla-Wiranto dan pasangan Megawati-Prabowo. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya