SOLOPOS.COM - Jokowi-Foke

Jokowi-Foke

JAKARTA–Cagub DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi mengatakan pasar tradisional harus nyaman untuk pedagang dan pembeli.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Mal memberi perilaku konsumtif dan hedonisme. Yang ingin kami bangun adalah usaha produktif, di rumah, di kampung, pedagang kaki lima. Kita injeksi dengan akses modal dan pasar,” kata Jokowi.

Dia mengemukakan hal tersebut saat memaparkan penajaman visi misi ekonomi dan kesra pada Debat Pilgub Putaran Dua yang diselenggarakan KPU DKI di Jakarta, Jumat (14/9/2012) malam.

“Kami ingin bangun pasar yang meski tidak ber AC, tapi pembeli yang kebanyakan ibu-ibu bisa masuk nyaman, gampang parkir, dan pedagang mendapatkan pelatihan sederhana soal melayani pembeli dan  mengatur letak barang,” kata Jokowi.

Jokowi pun kemudian menunjukkan foto keadaaan pasar yang kumuh dan pasar tradisional yang ideal yaitu dengan zonasi sayur, daging, buah.

“Ini yang diperlukan,” kata Jokowi lalu menyebut pembangunan pasar paling banyak memerlukan Rp 15 miliar per pasar.

Ketika menjawab pertanyaan panelis Nin Sapti Triaswati, pakar human resource economic soal jaminan pedagang mikro mendapat akses modal,  dia mengemukakan pedagang lama harus mendapatkan prioritas setiap kali ada renovasi pasar.

“Mereka juga paling tidak diberi 50% injeksi sehingga bisa bersaing,” kata Jokowi.

Dia mengusulkan pasar tradisional membentuk konsorsium agar  bisa membeli barang dalam jumlah lebih banyak sehingga harganya lebih murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya