Tutup Iklan

Dear Penjual Online, Kulakan Pakai Paylater Saja Jangan Pinjam Pinjol

Pelaku UMKM yang telah bergabung ke ekosistem digital bisa berkembang lewat mengakses permodalan yang pas, salah satunya lewat skema bayar tunda atau paylater.

 Ilustrasi kredit (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kredit (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Pelaku UMKM yang telah bergabung ke ekosistem digital bisa berkembang lewat mengakses permodalan yang pas, salah satunya lewat skema bayar tunda atau paylater.

Hal ini diungkap dalam diskusi virtual besutan platform peer-to-peer lending PT Uangme Fintek Indonesia (UangMe) bersama platform e-commerce sekaligus distribution network RTmart Grup Indonesia (rt-mart.id) di FIN Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021, Senin (25/10/2021).

Presiden Direktur RTmart Momog Irnawan, menjelaskan pihaknya menggandeng UangMe sebagai salah satu lembaga pinjaman untuk kelancaran usaha para merchant.

Namun, supaya lebih efektif dan tidak memberatkan pelaku usaha, akses pinjaman ini langsung berupa paylater terhadap barang yang dibutuhkan untuk stok.

Baca Juga: Meriahkan Wedding Expo The Park 2021, Nava Berikan Casback Rp2 Juta

“Kerja sama ini bukan berbentuk pinjaman online, tapi berbentuk paylater. Jadi yang kita berikan pada pelaku usaha, warung atau toko sebagai merchant kami itu bukan uang, tapi langsung barang,” ujarnya.

Pasalnya, RTmart melihat salah satu kesalahan merchant UMKM ketika kedatangan distributor itu asal kulakan. Akhirnya, dengan kas yang terbatas dan strategi bisnis yang belum terlalu matang, belanja yang dihasilkan UMKM pun terkadang tidak optimal dan efektif.

Oleh sebab itu, sebagai platform yang menghubungkan lebih dari 16.000 merchant dengan lebih dari 39.000 lebih konsumen dan 5 distributor FMCG terkemuka, RTmart bakal memberikan pendampingan dan akses yang dibutuhkan di segala lini, dengan harapan pelaku UMKM lebih mudah dan efisien dalam mengembangkan usaha.

“Kami bantu secara end to end, dari mulai mencari barangnya, soal size, harga yang bagus untuk belanja, termasuk harga jual. Terutama, kami mau edukasi pelaku UMKM itu jangan stok berlebihan. Karena kami lihat banyak UMKM yang bangkrut itu karena punya kebiasaan asal ada kunjungan sales, dia belanja. Kami akan bantu screening, supaya modal yang keluar jadi optimal,” tambahnya.

Terakhir, platform RTmart juga bisa digunakan untuk memperbanyak konsumen yang terhubung dengan platform, sekaligus mempermudah jaringan distribusi karena platform telah memiliki infrastruktur logistik di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Manado, serta pengembangan di Jawa Timur & Bali.

Baca Juga: Mulai Desember Biaya Transfer 22 Bank Ini Turun Jadi Rp2.500

Vincent Jaya Saputra, Presiden Direktur UangMe menjelaskan bahwa akses paylater di platform RTmart bukan hanya tersedia untuk merchant, namun juga konsumen.

Akses paylater terutama berguna untuk mengoptimalkan arus kas ketika ada kebutuhan mendadak di akhir bulan. Paylater bisa dianggap lebih efektif karena langsung mengarah ke kebutuhan yang diperlukan, tidak seperti pinjaman cash loan yang bisa ‘menggoda’ pengguna menggunakan uangnya untuk hal lain.

“Karena kami sadar, plaform P2P tidak bisa bekerja sendiri. Makanya UangMe mau menggandeng RTmart karena melihat kami ada visi yang sama, yaitu untuk melayani kebutuhan masyarakat di kala sulit, sekaligus memperlancar usaha UMKM di Indonesia,” jelasnya.

Sekadar informasi, UangMe merupakan fintech P2P lending yang berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan performa akumulasi penyaluran pinjaman Rp4,85 triliun, disumbang Rp662 miliar sepanjang 2021, dengan sisa outstanding Rp313 miliar, dan tingkat keberhasilan pengembalian pinjaman 90 hari (TKB90) bertahan di 100 persen.


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

Naik Fluktuatif, Harga Cabai Rawit Merah di Solo Tembus Rp60.000/Kg

Kenaikan harga cabai rawit merah disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya cuaca buruk serta panen tidak maksimal akibat gangguan hama tikus berskala besar sehingga cabai terpaksa dipanen dini.

Layanan Setor Tarik BI Berakhir 27 Desember 2021, Buka Lagi Tahun Depan

Layanan penukaran ritel berakhir pada 16 Desember 2021, namun untuk layanan uang rusak, cacat, dan lusuh, serta uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran beroperasi secara normal.

Manajemen Pastikan Tagar Boikot JNE Tak Terkait dengan Harbolnas 12.12

JNE memastikan bahwa tagar Boikot JNE yang sempat ramai di jagat Twitter baru-baru ini tidak ada kaitannya dengan momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12.

Keren, 7 Pasar Rakyat Ini Diganjar Anugerah SNI dari Kemendag

Anugerah ini bukan hanya sebagai penghargaan untuk pasar rakyat, tapi juga sebagai kelayakan dan penghormatan terhadap yang disebut dengan standardisasi.

Harga Minyak Goreng Naik Terus, Mendag Didesak Intervensi Pasar

Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung geram atas kenaikan harga minyak goreng di pasaran yang masih belum terkontrol.

Bikin Akhir Tahun Tak Terlupakan di Best Western Premier Solo Baru

Hotel Best Western Premier Solo Baru, Sukoharjo kembali menghadirkan serangkaian program serta promo menarik di pengujung tahun ini.

Dorong Transformasi, Ini Strategi Darmawan Prasodjo Nakhodai PLN

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo akan melanjutkan transformasi di segala lini untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan sehingga dapat mendongkrak perekonomian nasional.

Bocoran Cara Jadi Pemenang Lomba Astra, Biar Dapat Hadiah Motor

Bagaimana sih cara menjadi pemenang dalam Lomba Astra 2021 dan mendapatkan hadiah? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Bergerak Variatif! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 8 Desember 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Rabu (8/12/2021) bergerak variatif untuk cetakan UBS maupun Antam.

PPKM Level 3 Dibatalkan, Perayaan Tahun Baru Tetap Dilarang

Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), pemerintah membatalkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

PPKM Level 3 Nataru Batal, PHRI Yogyakarta Waswas Aturan Berubah Lagi

Badan Perwakilan Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY meminta kepastian aturan pemerintah dalam pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Pembatalan PPKM Level 3 Saat Nataru, Angin Segar Bagi Maskapai

Maskapai penerbangan mengharapkan dapat mengangkut jumlah penumpang yang lebih tinggi pada periode Natal 2021 dan tahun baru 2022 (nataru) dibandingkan periode sebelumnya.

Investor Berminat Waralabakan Merek Lokal ke Luar Negeri

Minat investor asing untuk membeli lisensi waralaba (franchisee) merek lokal terbilang cukup tinggi.

Peringatan! Influencer Endorse Saham di Medsos Bisa Terancam Dipenjara

Namun influencer saham diminta tak sembarang mengobral masukan investasi karena penasihat investasi wajib memiliki izin.

Waduh, 4 Bulan Terjadi 1.500 Pelanggaran Tata Niaga Impor

Kemendag masih terus melakukan sosialisasi kepada pelaku impor terkait perizinan dan soal pemenuhan standar kualitas.