SOLOPOS.COM - Ilustrasi lowongan pekerjaan. (Solopos/Dok).

Solopos.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) sedang membuka rekrutmen untuk formasi tenaga Operasional, Pemeliharaan Sarana-Prasarana, dan Teknologi Informasi tingkat SMA, D3, D4 dan S1. Pendaftaran dimulai dari Kamis (1/6/2023) sampai Minggu (4/6/2023).

“KAI memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung dan berkarier di KAI melalui rekrutmen ini,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis. Rekrutmen ini dibuka untuk prioritas penempatan memenuhi kebutuhan pekerja di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tingkat pendidikan yang dibutuhkan adalah SMA dengan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Listrik, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Komputer (TKJ), Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Telekomunikasi, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Perkapalan dan Teknik Pesawat.

Bagi pendaftar lulusan SMA, syarat lainnya adalah rata-rata minimal Ujian Akhir Nasional (UAN) bernilai 7,0, kemudian bagi yang lulus mulai 2020 dan setelahnya menggunakan nilai ujian sekolah pada bagian belakang ijazah dengan nilai rata-rata minimal 7,0 atau 70. Lulusan Diploma Tiga (D3) diterima dari jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Listrik, Perkeretaapian, Manajemen Transportasi, Teknik Elektro/Elektronika, Manajemen, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Pesawat, Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Sistem Informasi, Teknik Konversi Energi, Teknik Fisika, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Telekomunikasi, Akuntasi, Administrasi Perkantoran, serta Administrasi Publik/Negara.

Ekspedisi Mudik 2024

Lulusan D3 mendapatkan syarat IPK minimal 3,0 dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal Baik Sekali (B) dari BAN-PT. Bagi pelamar tingkat pendidikan D3 juga wajib melampirkan sertifikat bahasa Inggris yang masih berlaku, maksimal 2 tahun dari tanggal penerbitan sertifikat bahasa Inggris sampai Kamis (1/6/2023) dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi.

Skor minimal tes bahasa Inggris TOEFL ITP untuk lulusan D3 adalah 400, sedangkan TOEFL PBT/iBT 32, TOEIC 345, dan IELTS 4,5. Kemudian untuk lulusan D4/S1 diterima dari jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Listrik, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Pesawat, Teknik Informatika, Teknik Konversi Energi, Teknik Telekomunikasi, Teknik Fisika, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), serta Akuntansi.

Syarat bagi lulusan D4/s1 adalah IPK minimal 3,0 dan akreditasi jurusan/program studi saat tanggal kelulusan minimal Unggul (A) dari BAN-PT. Bagi lulusan D4/S1 perlu memiliki sertifikat tes Bahasa Inggris seperti TOEFL, TOEIC, dan IETLS. Skor minimal bervariasi, untuk TOEFL ITP sebesar 500, TOEFL PBT/iBT 61, TOEIC 500, dan IELTS 5,5.

Pendaftar juga harus memperhatikan syarat usia. Joni mengatakan pendaftar lulusan SMA berumur minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun. Sementara itu untuk lulusan D3 minimal 20 tahun dan maksimal 27 tahun, kemudian untuk lulusan D4/S1 serendahnya 21 tahun dan maksimal 30 tahun.

Tinggi badan minimal pendaftar pria 160 cm dengan berat badan ideal, sedangkan bagi wanita minimal 155 cm. Joni mengatakan rekrutmen ini tidak bisa diikuti oleh pendaftar Program Rekrutmen Eksternal Tingkat SMA, D3, dan D4/S1 Tahun 2023 yang dibuka Bulan Februari 2023, termasuk yang sudah dinyatakan tidak lulus pada semua tahapan seleksi.

Peserta rekrutmen juga harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT KAI, serta ditempatkan atau dialihkan pada formasi sesuai kebutuhan dan aturan yang berlaku di PT KAI. Tahapan seleksi terdiri dari lima tahap, dimulai dari seleksi administrasi, seleksi kesehatan awal, seleksi psikologi, seleksi wawancara, dan seleksi kesehatan akhir.

Tahap seleksi kesehatan awal akan diumumkan pada tanggal 16 Juni 2023 lewat situs https://recruitment.kai.id. Seluruh informasi mengenai rekrutmen hanya dapat dilihat lewat situs resmi PT KAI beralamat https://recruitment.kai.id. Joni mengatakan KAI mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai terhadap segala jenis bentuk yang terindikasi penipuan dengan mengatasnamakan rekrutmen KAI, serta mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.

“Rekrutmen KAI tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund, serta tidak bekerja sama dengan agen travel penyedia transportasi atau akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen ini,” tutup Joni. KAI berkomitmen melaksanakan rekrutmen ini dengan transparan berdasarkan pada tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) untuk mewujudkan perkeretaapian indonesia yang semakin maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya