Kategori: Leisure

Dear Para Jomblo, Seberapa Siap Dirimu Menikah? Cek Lewat Situs Ini


Solopos.com/Danang Nur Ihsan

Solopos.com, SOLO -- Pernyataan kapan nikah kerap ditujukan kepada yang masih jomblo ketika pertemuan keluarga atau bertemu dengan para sahabat. Siap menikah nyatanya bukan semata-mata urusan asmara karena banyak faktor lain yang ikut memengaruhi.

Bagi yang sudah berusia siap menikah tapi belum punya pasangan, kadang kikuk menjawab pertanyaan kapan nikah. Begitu juga bagi yang sudah punya pasangan, tapi belum juga menikah.

Kesiapan menikah setiap orang juga berbeda-beda. Ada yang kadang sudah pacaran lama tapi tak kunjung juga membangun rumah tangga. Ada juga yang baru kenal beberapa saat, tanpa pacaran, lansung berlanjut ke jenjang pernikahan.

Serunya Jokowi Video Call Cucu: Kangen Tapi Belum Bisa Ketemu

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pun meluncurkan situs siapnikah.org untuk mengetahui kesiapan Anda melakukan pernikahan.

Di situs ini, Anda bisa mengecek seberapa siap Anda menikah atau membangun rumah tangga dan apa saja persiapan yang dibutuhkan?

Menurut Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, ada 10 dimensi kesiapan berkeluarga yang harus menjadi perhatian calon pasangan. "Itu kunci terbentuknya keluarga berkualitas,” ujarnya saat peluncuran website ini di Jakarta.

Ada Petisi Pendirian Patung Didi Kempot di Stasiun Solo Balapan, Ditandatangani 1.000 Orang

Website ini, kata Hasto, merupakan one stop solution dan rujukan bagi generasi muda untuk mendapat bekal pengetahuan dan lebih siap saat menikah. “Termasuk belajar parenting atau pengasuhan anak,” kata Hasto.

Membangun keluarga memiliki tiga tujuan. Pertama, membangun ketahanan dan kualitas balita dan anak dalam memenuhi tumbuh kembangnya.

Kedua, terbangunnya ketahanan keluarga remaja dan kualitas remaja dalam menyiapkan kehidupan berkeluarga. Ketiga, meningkatnya kualitas lansia dan pemberdayaan keluarga rentan sehingga mampu berperan dalam kehidupan keluarga.

Angkutan Umum Boleh Beroperasi, Rudy Ogah Longgarkan Aturan Karantina Pemudik di Solo

Serta, terwujudnya pemberdayaan ekonomi keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sebelum memutuskan untuk membangun rumah tangga, ada baiknya mengecek seberapa siap Anda menikah.

Share
Dipublikasikan oleh
Danang Nur Ihsan