Deal! Hyundai dan LG Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang Senilai Rp15,8 Triliun

Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution akan membangun pabrik sel baterai kendaraan listrik senilai Rp15,86 triliun di Karawang, Jawa Barat,

 Ilustrasi tempat pengisian baterai kendaraan listrik (Freeoik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tempat pengisian baterai kendaraan listrik (Freeoik)

Solopos.com, JAKARTA – Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution menandatangani nota kesepahaman dengan pemerintah Indonesia untuk membangun pabrik sel baterai kendaraan listrik senilai Rp15,86 triliun di Karawang, Jawa Barat, pada kuartal IV/2021.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani langsung oleh Sung Hwan Cho, President and CEO Hyundai Mobis, dan Jong Hyun Kim, President LG Energy Solution, pada 28 Juli 2021 di kantor pusat LG Energy Solution, Seoul, Korea Selatan.

Dalam acara seremonial secara virtual, hadir pula Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi Indonesia, dan Toto Nugroho, Presiden Direktur Indonesia Battery Corporation (IBC).

Baca Juga: Angin Segar bagi Para Debitur, OJK Buka Kemungkinan Perpanjangan Kebijakan Restrukturisasi Kredit

Dalam keterangan resmi Hyundai yang diterima Bisnis, Kamis (29/7/2021), pembangunan pabrik itu dijadwalkan berlangsung pada kuartal keempat 2021, dan ditargetkan rampung pada semester pertama 2023. Adapun, produksi massal dimulai pada semester pertama 2024.

Pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 330.000 meter persegi ini diharapkan mampu menghasilkan sel baterai lithium-ion NCMA dengan total 10 GWh setiap tahun, serta dapat memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 unit mobil listrik berbasis baterai (BEV).

“Sel baterai itu nantinya akan digunakan pada model EV dari Hyundai Motor dan Kia yang dibangun di atas platform BEV khusus, yakni Electric-Global Modular Platform [E-GMP],” tulis keterangan resmi tersebut.

Dengan investasi senilai US$1,1 miliar atau sekitar 15,86 miliar ini, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution masing-masing berhak atas 50 persen kepemilikan saham. Sementara itu, pemerintah sepakat untuk mendukung melalui berbagai insentif guna kelancaran proses operasional dari pabrik tersebut.

Baca Juga: #Cari_Aman, Kompetisi Safety Riding untuk Pelajar di Jateng Dimulai

Pemain Utama di Tingkat Global

Kerja sama ini pun semakin memperlihatkan komitmen Hyundai untuk menjadi pemain utama EV di tingkat global. Sampai dengan 2025, perusahaan bertujuan memperluas jajaran BEV ke lebih dari 23 model dan menjual 1 juta unit BEV setiap tahun di pasar global.

Sementara itu, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa dalam implementasi kerja sama, perusahaan wajib menggandeng pengusaha dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal. Ini merupakan amanat dari UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja.

“Hal ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah saat ini. Kami akan kawal dari awal sampai akhir investasi untuk baterai sel ini,” ujarnya.

Toto Nugroho menjelaskan kerja sama ini menjadi momentum dalam pembentukan industri baterai dan kendaraan listrik di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya akan memproduksi baterai secara kompetitif guna memenuhi kebutuhan Indonesia dan juga untuk ekspor.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pesantren Didorong Manfaatkan KUR dengan Subsidi Bunga 3%, Ini Tujuannya

Sebagai respons atas dampak pandemi Covid-19, Pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) berusaha untuk membangkitkan aktivitas usaha UMKM.

Mudah Kok, Ini 6 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Tidak hanya untuk iseng atau bersenang-senang, aplikasi populer Tiktok dengan durasi video pendek ini juga bisa menghasilkan uang secara online.

Pengumuman! PLN Perpanjang Promo Diskon Tambah Daya

Program PLN yang menawarkan diskon tambah daya kepada para pelanggannya ini diluncurkan untuk menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Bukti Keberhasilan Pemberdayaan BUMDes, Semen Gresik Raih Nusantara CSR Awards 2021

Program CSR Semen Gresik telah memberikan kebermanfaatan, diantaranya mendorong penurunan angka kemiskinan di area perusahaan.

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Tingkatkan Awareness Masyarakat Terkait Keamanan Bertransaksi Digital, BI Lakukan Ini

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengadakan webinar Interoperabilitas Sistem Pembayaran dan Keamanan Bertransaksi di Era Digital.

Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Tips Terhindar dari Penipuan Arisan Online

Saat ini banyak orang yang menggunakan tameng arisan online sebagai modus penipuan yang menimbulkan banyak korban.

Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Potensi Pendapatan Rp42 Triliun, Ini 5 Fakta Merger Indosat dan Tri

Induk PT Indosat Tbk., Ooredoo Q.P.S.C., dan induk PT Hutchison 3 Indonesia, CK Hutchison Holdings Limited resmi bergabung atau merger.

Belanja Sekaligus Donasi di Pisalin Joli Jolan Batik Lawas

Menjelang Hari Batik Nasional, Pisalin bekerja sama dengan Joli Jolan mengadakan aksi solidaritas  Pisalin Joli Jolan Batik Lawas.

Kompak Turun! Berikut Harga Emas Pegadaian Jumat, 17 September 2021

Jelang akhir pekan, harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/9/2021) untuk cetakan UBS dan Antam serentak turun dibandingkan dengan harga kemarin.

Catat, Penonton Bioskop Harus Sudah Vaksin Lengkap

Sejumlah bioskop di Soloraya kembali beroperasi pada Kamis (16/9/2021). Meskipun demikian, pengunjung mesti mematuhi aturan agar bisa nonton film di layar lebar.

Tumbuh Signifikan, Transaksi Saham di Soloraya Tembus Rp3,369 Triliun

Jumlah investor dan nilai transaksi di pasar saham Soloraya melejit signifikan pada 2021. Bahkan, nilai transaksi saham ini tembus Rp3,369 triliun pada Agustus 2021.

Susul Solo dan Jakarta, Pengguna Indosat Ooredoo di Surabaya Bisa Nikmati 5G

Indosat Ooredoo bermitra dengan Nokia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Oulu Finlandia, meluncurkan Nokia 5G Experience Center

 Indosat (ISAT) dan Tri Bergabung Dirikan Indosat Ooredoo Hutchison

Merger ISAT dan Tri disepakati oleh masing-masing induk usaha melalui penandatanganan transaksi definitif untunk penggabungan bisnis telekomunikasi di Indonesia dengan nama Indosat Ooredo Hutchison.