SOLOPOS.COM - Gelandang Belgia, Kevin De Bruyne, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Denmark pada laga Grup B Euro 2020 di Parken Stadium, Kopenhagen, Denmark, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB. (WOLFGANG RATTAY / POOL / AFP)

Solopos.com, KOPENHAGEN –Belgia di luar perkiraan tidak mudah menaklukkan Denmark untuk melaju ke babak 16 besar Euro 2020.  Belgia tertinggal lebih dulu sebelum mengalahkan Denmark 2-1 yang berakhir di Parken Stadium, Kopenhagen, Denmark, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB.

Sampai turun minum, Denmark yang tampil tanpa sang playmaker Christian Eriksen di luar dugaan mengungguli Belgia, salah satu tim favorit juara Euro 2020, dengan skor 1-0.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Namun, magis Kevin De Bruyne di babak kedua berhasil mengamankan kemenangan sekaligus raihan poin penuh bagi Setan Merah, julukan Belgia.

Singkirkan Coca Cola, Cristiano Ronaldo Dinilai Tak Hormati Sponsor

Dengan kemenangan ini, Belgia pun menjadi tim kedua setelah Italia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Belgia kukuh memuncaki klasemen sementara Grup B dengan poin sempurna enam, hasil dari dua kali menang.

Sementara itu dengan dua kekalahan dari dua laga awal, Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup meski kans mereka melaju ke 16 besar masih terbuka. Skenario itu terjadi jika pada laga terakhir mampu menang atas Rusia dengan skor telak.

Denmark terpuruk di dasar klasemen Grup B dengan nirpoin dan selisih gol -2.

Tinggalkan Real Madrid, di Klub Ini Sergio Ramos Kemungkinan Berlabuh

 

Gol Cepat

Pada laga kali ini, Denmark unggul cepat ketika laga baru dua menit. Penyerang Denmark, Yussuf Poulsen, sudah berhasil menjebol gawang Belgia yang dikawal kiper Real Madrid, Thibaut Courtois.

Berawal dari kesalahan bek Belgia Jason Denayer, bola lantas diambil alih gelandang Denmark Pierre-Emile Hojbjerg, yang langsung melepaskan operan brilian ke Poulsen.

Penyerang RB Leipzig itu lantas melakukan sentuhan untuk mengambil posisi menembak, sebelum melepaskan sepakan mendatar yang tak bisa diantisipasi Courtous.

Tak Hanya Ronaldo, Pemain Italia Locatelli Juga Singkirkan Coca Cola

Memasuki babak kedua pasca turun minum, pelatih Belgia Roberto Martinez memasukkan Kevin De Bruyne untuk menggantikan Dries Mertens.

Pengaruh De Bruyne pun langsung terasa. Serangan-serangan Rode Duivels (Setan Merah) --julukan Timnas Belgia-- menjadi lebih berbahaya dan juga jauh lebih intens.

Menit ke-54, lewat sebuah serangan pertama mereka yang benar-benar berarti, Romelu Lukaku memimpin counter-attack cepat Belgia.

Ukraina Vs Makedonia Utara: Menang atau Angkat Kopor Duluan

Kocar-Kacir

Menggiring bola hampir dari tengah lapangan, Lukaku lantas melakukan cut-back. Bola kemudian diterima De Bruyne yang melakukan dummy di kotak penalti, sebelum dengan tenang menyodorkannya ke Thorgan Hazard yang berdiri bebas di depan gawang.

Adik dari Eden Hazard itu pun dengan mudah mencocor bola masuk ke gawang Denmark untuk membawa Belgia menyamakan skor jadi 1-1.

Setelah itu, angin serangan praktis menjadi milik Belgia. Terlebih juga setelah masuknya Eden Hazard menggantikan Yannick Carrasco di menit ke-59.

Belanda Vs Austria: De Ligt Comeback, Pertahanan Tim Oranye Kian Solid

Dengan De Bruyne plus Eden Hazard menyokong Lukaku sebagai ujung tombak, lini pertahanan Denmark yang digalang kapten Simon Kjaer kerap dibuat kocar-kacir.

Menit ke-70, Lukaku, Youri Tielemans, dan Eden Hazard melakukan kerja sama cantik di tepi kotak penalti Denmark, sebelum nama terakhir menyodorkan bola ke De Bruyne.

Tanpa mengontrol bola, De Bruyne langsung melepaskan tendangan geledek dari luar kotak penalti. Meski melalui kaki lemahnya, yakni kaki kiri, sepakan cannon ball De Bruyne sukses melesat masuk ke kiri bawah gawang Denmark tanpa bisa dibendung Kasper Schmeichel.



Belgia dan Belanda Main, Catat Jadwal Euro 2020 Malam Ini

 

Susunan Pemain:

Denmark (5-3-2): Schmeichel; Wass, Christensen, Kjaer, Vestergaard, Maehle; Damsgaard, Hojbjerg, Delaney; Poulsen, Braithwaite. Pelatih: Kasper Hjulmand (Denmark)

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Alderweireld, Denayer, Vertonghen; Meunier, Dendoncker, Tielemans, T. Hazard; Y. Ferreira, Mertens; Lukaku. Pelatih: Roberto Martinez (Spanyol)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya