Tutup Iklan

DBD Telan 2 Jiwa di Trenggalek, PSN Digencarkan

Dua warga Kabupate Trenggalek, Jawa Timur, dilaporkan meninggal dunia akibat wabah demam berdarah dengue (DBD) selama Bulan Januari 2019.

DBD Telan 2 Jiwa di Trenggalek, PSN Digencarkan

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasien DBD. (Solopos-Dok.)

Solopos.com, TRENGGALEK -- Dua warga Kabupate Trenggalek, Jawa Timur, dilaporkan meninggal dunia akibat wabah demam berdarah dengue (DBD) selama Bulan Januari 2019.

"Kedua pasien itu berasal dari Kecamatan Pogalan dan Watulimo," kata  Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  Kabupaten Trenggalek Sutikno Slamet di Trenggalek, Rabu (30/1/2019).

Dia menjelaskan total penderita DBD tercatat sebanyak 43 orang di Trenggalek, atau tidak terlalu tinggi jika dibandingkan daerah-daerah lain seperti Tulungagung yang kini telah menembus hingga 250-an penderita.

Meski demikian, Sutikno menegaskan kewaspadaan dan kesiagaan mengantisipasi wabah DBD terus dilakukan di Trenggalek, sebab  tren kasus dalam kurun tiga bulan terakhir terus meningkat.

Dia menjelaskan penanggulangan reaktif untuk mencegah wabah DBD seperti melakukan pengasapan (fogging) di lokasi penyebaran.

Hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran melalui nyamuk Aedes Aegypti yang telah dewasa.

Peralatan untuk melakukan fogging mulai dari obat, hingga alat yang digunakan pengasapan telah dimiliki oleh masing-masing puskesmas.

"Tapi, fogging kurang ampuh dalam menanggulangi penyebaran DBD, sebab hanya membunuh nyamuk dewasa saja. Untuk itu, masyarakat terus menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara mengubur, menutup, dan menguras (3M)," katanya.

Dia mengatakan PSN salah satu cara yang dinilai paling efektif untuk mencegah terjadinya serangan DBD, karena dengan gerakan menutup, menguras dan mengubur barang-barang yang bisa digunakan untuk perkembangbiakan nyamuk maka akan menekan jumlah populasi nyamuk.

"Jadi, dengan kegiatan seperti ini jentik-jentik nyamuk yang ada bisa mati. Selain itu kami juga telah melakukan sosialisasi tentang pembentukan kader jumantik di setiap rumah," katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Proklim, Cara Pemkot Magelang Dukung Jateng Gayeng Telung Ng

Program Jateng Gayeng Telung Ng jadi perhatian Pemkot Magelang dengan gerakan Program Kampung Iklim (Proklim).

Lewat Online Shop Ini Anji Pesan Ganja, Tapi Jangan Coba-Coba Order

Ganja yang digunakan Anji dibeli dari AS melalui sebuah online shop. Ia menggunakan ID orang lain untuk bisa membelinya.

Gunung Merapi Pagi Ini: 2 Kali Luncurkan Awan Panas Guguran dan Lava Pijar sejauh 1,4 Km

Gunung Merapi pagi ini terpantau mengeluarkan dua kali awan panas guguran. Status erapi belum berubah, masih Siaga.

Nama Pati Rupanya Berasal dari Peleburan Tiga Kadipaten

Kisah ini diawali dari pelarian Dewi  Ruyung Wulan, putri dari Adipati Carangsaka yang dinikahkan paksa dengan Menak Jasari, putra dari Kadipaten Paranggaruda.

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belas  bulan lunar penanggalan Jawa.

Tertular Cacar Langka dari Kucing, Wanita Ini Terancam Buta

Kasus cacar sapi pada manusia meskipun langka namun berpotensi ada kasus serupa di masa depan.