SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Solopos.com)--Kinerja ekonomi dan pemerintah Kabupaten Wonogiri dinilai rendah dan cukup rendah. Namun dari sisi kinerja investasi dan persepsi iklim usaha Kota Gaplek berada di posisi atas. Nilai investasi dari tahun 2009 ke 2010 bahkan naik lebih dari 100%.

Beberapa indikator tersebut menempatkan Kota Gaplek di peringkat enam teratas indeks daya saing daerah di Jawa Tengah dan peringkat kedua di wilayah Soloraya menurut survei yang dilakukan sejumlah lembaga di antaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD), GTZ red dan lain-lain pada 2010 lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Survei tersebut dilakukan di 35 kabupaten/kota di Jateng dengan 48 indikator yang dikelompokkan dalam enam sub indeks, yaitu kinerja ekonomi, persepsi dunia usaha, kinerja investasi, kinerja pemerintah, infrastruktur dan dinamika bisnis.

“Daya saing keseluruhan Kabupaten Wonogiri masih tergolong sedang menuju tinggi. Hal ini karena rendahnya kinerja ekonomi, dan cukup rendah dalam kinerja pemerintah. Bahkan kedua indikator itu di bawah rata-rata Jateng. Sementara indikator lainnya berada di posisi cukup dan baik,” ungkap Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jateng, Anung Sugihantono, dalam makalahnya yang disampaikan pada acara koordinasi dan sinkronisasi penanaman modal di Graha Personalia Kompleks Setda Wonogiri, Rabu (16/3/2011).

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya