Dawud Asal Solo Gowes 1.945 Km Keliling Jawa akan Tempuh Rute Ini
Muhammad Abu Dawud. (Istimewa-dok. pribadi)

Solopos.com, SOLO -- Muhammad Abu Dawud, 34, warga Mojosongo, Jebres, Solo, akan bersepeda keliling Jawa mulai 15 Agustus 2020 mendatang dengan menempuh jarak 1.945 kilometer (km).

Perjalanan panjang keliling Jawa untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) itu akan ditempuh Dawud sendirian dengan sepeda balapnya melewati 17 kota dan delapan kabupaten di Pulau Jawa.

Dawud saat dihubungi solopos.com melalui telepon seluler (ponsel), Minggu (2/8/2020) malam, mengatakan tidak ada tim yang akan mengawalnya baik menggunakan sepeda motor atau mobil.

Lockdown Berakhir, Kampus UNS Solo Dibuka Lagi

Adapun rute perjalanan yang akan ditempuh Dawud yakni Solo-Semarang-Cirebon-Jakarta-Bogor-Bandung-Tasikmalaya-Cilacap-Jogja-Wonogiri-Tulungagung-Blitar-Malang-Nganjuk-Solo.

“Rencana start dari kawasan Manahan pada 15 Agustus 2020 pagi. Saya targetkan perjalanan ini selesai dalam enam hari. Artinya pada 20 Agustus 2020 saya sudah finis di lokasi yang sama di kawasan Manahan,” ujar pria yang berdomisili di Jl. Rinjani Dalam Nomor IV Nomor 16 Kelurahan Mojosongo, Jebres, Solo, itu.

Staf bagian akademik Fakultas Kedokteran UNS Solo tersebut menjelaskan agenda perjalanan sepanjang 1.945 kilometer adalah rute terpanjang yang akan dia lalui.

Update! Kepala Disdik Solo Positif Covid-19

Rute terpanjang bersepeda yang pernah ditempuh Dawud selama ini yaitu 734 kilometer pada tahun 2019.

“Hanya explore Jateng dan Jatim. Rata-rata sendirian, tidak sama teman-teman,” sambung Dawud.

Sering Sepedaan Berhari-Hari

Alumnus MAN 1 Solo tahun 2004 itu mengaku sudah melakukanpersiapan agar perjalanannya lancar dan selamat termasuk menyiapkan sepeda balap Polygon Stratos S4 yang akan dinaikinya keliling Jawa.

Dia menuturkan sang istri, Ni’matun Hidayah, dan empat anak mereka mendukung kegiatan tersebut.

Selama ini Dawud memang sudah beberapa kali melakukan perjalanan ratusan kilometer dengan mengendarai sepeda. “Istri sama anak mendukung. Soalnya sudah sering sepedaan berhari-hari tidak pulang rumah,” kata dia.

HUT RI, Pria Solo akan Gowes Keliling Jawa Tempuh 1.945 Km

Dalam perjalanan kali ini, dia berencana membagikan masker kepada masyarakat. Tujuannya tak lain untuk kampanye protokol kesehatan.

Sekitar 150 potong masker akan dia bawa dalam perjalanan bersepeda keliling Jawa.

Ihwal alasannya rela menempuh perjalanan sejauh itu sendirian, Dawud ingin mempersembahkan bukti cintanya kepada Indonesia. “Ini wujud cinta saya untuk Indonesia,” urai dia.

Dawud menerangkan aksi bertajuk 1.945 kilometer untuk Indonesia sekaligus untuk menggalang donasi para dermawan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom