SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, TOKYO— Tim Davis Cup Republik Cheska menjadi tim pertama yang memastikan diri tiba di babak semifinal zona World Group, setelah menggulung Jepang di perempat final yang berlangsung di Tokyo, Jepang, Jumat – Minggu (4-6/4) WIB.

Tim juara bertahan ini terlampau tangguh bagi tuan rumah dengan memenangi semua nomor yang dimainkan dengan skor akhir 5-0.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu tim tenis Italia menyusul ke semifinal setelah memukul balik tim Inggris dalam laga perempatfinal Davis Cup setelah unggul 3-2, lewat pemain mereka Fabio Fognini yang mengalahkan Andy Murray dan Andreas Seppi menaklukkan James Ward.

Sebelumnya, Italia sudah kalah 2-1dari tim Inggris. Italia kemudian menyamakan kedudukan lewat Fognini dengan mengalahkan Murray 6-3 6-3 6-4. Padahal Inggris sebenarnya tinggal memerlukan satu kemenangan untuk ke semifinal pertama sejak 1981. Seppi, petenis no 34 dunia akhirnya memastikan keunggulan Italia.

Keberhasilan Cheska memijakkan kaki di babak empat besar ini sudah dapat dipastikan pada Sabtu (5/4) WIB. Saat itu tim yang dimotori Radek Stephanek dan Lukas Rosol ini sudah menang 3-0. Namun, misi sapu bersih yang mampu mereka sempurnakan di hari terakhir menggenapi kebahagiaan juara bertahan ini.

Materi pemain Jepang memang kalah jauh dari Cheska. Terlebih petenis andalan mereka, Kei Nishikori yang menduduki peringkat ke-20 dunia ini tak bisa tampil karena cedera. Absennya Nishikori menjadi kehilangan terbesar bagi tim tuan rumah.

Sebaliknya, meski tim tamu tak diperkuat petenis terbaiknya, Tomas Berdych, yang merupakan petenis nomor delapan dunia, mereka masih memiliki Rosol dan Stephanek. Keberadaan dua petenis top 50 dunia ini kerap kali menjadi batu sandungan sederet petenis teratas dunia.

Pesta kemenangan Cheska ini dibuka oleh hasil apik Stephanek yang turun di partai pertama. Petenis nomor 47 dunia ini membungkam Tatsumo Ito, empat set, 6(5)-7, 7(5)-6, 6-1, 7-5. Awal yang bagus ini dilanjutkan rekannya, Lukas Rosol, yang menundukkan Taro Daniel, 6-4, 6-4, 3-6, 4-6, 6-2.

Cheska pun resmi tampil di semifinal dengan kemenangan di partai ganda, Rosol/Stephanek. Ganda terbaik Cheska ini dengan mudah menyudahi perlawanan Ito/Uchiyama, tiga set, 6-4, 6-4, 6-4.

Di hari terakhir yang memainkan dua nomor tunggal juga dituntaskan Cheska dengan baik. Rosol mengatasi Uchiyama, 6-3, 3-6, 6-4. Sedangkan Jiri Vesely dengan mudah menundukkan Daniel, 6-4, 6-4. Kemenangan ini menyempurnakan rekor Cheska dengan menghancurkan Jepang, 5-0.

“Kami sudah memenangi trofi ini dua kali beruntun dalam dua musim yang memberi kami kepercayaan diri tinggi. Kami memiliki persiapan selama lima bulan untuk semifinal. Semoga Tomas bisa bergabung dengan kami,” ujar Kapten Davis Cup Cheska, Jaroslav Navratil, seperti dilansir daviscup. (Farida/Mulyanro/JIBI/Solopos)

Petenis Cheska Jiri Vesely mengepalkan tangan seusai kalahkan Taro Daniel dari Jepang. JIBI/Rtr/Yuya

Petenis Cheska Jiri Vesely mengepalkan tangan seusai kalahkan Taro Daniel dari Jepang. JIBI/Rtr/Yuya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya