SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Sebagian wanita merasakan nyeri saat haid. Hal ini terkadang menggangu aktivitas dan terasa tidak nyaman. Namun tak perlu bingung, pasalnya daun sirih dipercaya ampuh mengatasi nyeri haid.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Nyeri haid merupakan keluhan yang sering dialami wanita pada bagian perut bawah. Terkadang tidak hanya nyeri saja, kerap keluhan yang dirasakan muntah dan mual, capek, sakit daerah bawah pinggang, cemas, tegang, pusing kepala dan diare.

“Nyeri haid memang tidak nyaman. Hal ini disebabkan kontraksi otot perut yang intens saat mengeluarkan darah. Kontraksi yang sangat intens ini kemudian menyebabkan otot menegang,” ujar praktisi herbal, Nawirudin, saat ditemui Harian Jogja, di Jl.Veteran 6A, Jogja, Kamis (8/2).

Pemilik toko herbal Al Anshor Health ini menambahkan, ketegangan otot ini tidak hanya terjadi pada otot perut, juga otot-otot penunjang yang terdapat di bagian punggung bawah, pinggang, paha hingga betis. Selain itu, bisa juga nyeri haid karena faktor hormonal, psikis atau kecemasan berlebihan.

Tidak heran apabila emosi wanita sering susah ditebak saat haid. Kadang begitu tegar menghadapi berbagai masalah dan cobaan namun lain hari  begitu rapuh menghadapi masalah yang sepele saja.

Namun tak perlu cemas, karena daun sirih dipercaya ampuh mengatasinya. Sirih merupakan tumbuhan yang memiliki banyak daun, dengan batang yang berbentuk memanjang dan merambat, dan ukurannya yang  kecil. Tanaman ini dijumpai hampir seluruh wilayah Indonesia, baik itu di dataran tinggi ataupun rendah.

“Kandungan minyak asiri dalam daun sirih berfungsi sebagai antiseptik sehingga membantu kebersihan daerah kewanitaan, juga berfungsi mengatasi nyeri dan sebagai antiradang saat haid,” jelasnya.

Kini telah ada produk Herbanisa Al Biruni dalam bentuk kapsul, sehingga dapat dikonsumsi dua kali sehari.
Untuk mengurangi rasa nyeri saat haid, ada baiknya mengunakan heating pad (bantal pemanas), kompres handuk atau botol berisi air panas di perut dan punggung bawah serta minum minuman yang hangat. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya