Daun Monstera Menguning? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Daun Monstera menguning tentu bagai mimpi buruk, terutama bagi Anda yang berniat menjadikannya sebagai koleksi.

 Daun Monstera menguning. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Daun Monstera menguning. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Meski sedang ngehits, namun jika belum berpengalaman merawat tanaman ini bisa saja mengalami daun Monstera menguning. Hal ini tentu bikin sedih, terutama jika kita masih pemain baru alias newbie.

Daun Monstera menguning tentu bagai mimpi buruk, terutama bagi Anda yang berniat menjadikannya sebagai koleksi. Tapi tenang jangan panik. Langkah pertama adalah ketahui terlebih dulu pemicunya, setelah itu baru dicari solusinya.

Mengutip laman Petal Republic, Rabu (15/9/2021), daun Monstera yang menguning menjadi tanda umum adanya salah satu elemen yang tidak seimbang – bisa karena air, pencahayaan, nutrisi, atau perlakukan yang kurang tepat.  Nah, untuk lebih jelasnya, simak penyebab daun monstera jadi menguning seperti ditulis laman Bloom Scape :

1. Kelembapan tanah

Salah satu penyebab dari daun Monstera menguning adalah kelembapan tanah yang tidak tepat, bisa jadi karena terlalu banyak air. Sebenarnya kamu cukup menyirami monstera ketika bagian atas tanah sekitar 2-3 inci mulai kering. Kamu bisa kok memperkirakannya dengan memasukkan jari ke dalam tanah. Ingat ya, tanah harus tetap lembab tapi jangan sampai terlalu basah.

Baca Juga: Viral Noldy Topan Bisnis Tanaman Sultan, Bisa Raup Rp1 Miliar Lebih Sebulan

Sangat perlu memperhatikan sistem penyiramannya, pastikanlah sistem drainasenya berjalan dengan baik. Kamu harus memastikan kelebihan air saat penyiramannya terbuang melalui lubang drainase. Kalau dibiarkan tanah tergenang air, akar monstera mudah membusuk dan membuatnya mati.

2. Hama dan penyakit

Penyebab lain dari daun Monstera yang menguning adalah hama dan penyakit akibat serangga. Tanaman rusak akan memperlihatkan daunnya yang menguning, terlebih saat serangga penghisap getah seperti kutu tepung, kutu daun, dan tungau laba-laba memakannya.

Untuk mengendalikan hama serangga yang mengganggu Monstera, kamu bisa menyemprot daun dengan larutan air sabun atau obat pengusir serangga yang biasanya dijual di toko tanaman.

3. Mengganti pot dengan cara yang salah

Mengganti pot dengan cara yang salah juga bisa membuat tanaman Monstera jadi stres hingga daunnya menguning. Kesalahan itu terjadi bisa saja karena campuranan tanah yang berbeda ketika mengganti pot atau membiarkan akar monstera terbuka dalam waktu yang lama selama pemindahan pot (transplantasi).

4. Usia monstera

Kalau kamu sudah berusaha maksimal menjaga kesehatan tanaman Monstera dan ternyata daunnya tetap menguning, berarti ini tandanya usia daun memang tidak muda lagi. Daun yang lebih tua atau yang terdapat di sekitar bagian bawah tanaman, secara alami rontok dan menguning. Kalau memang ini alasannya, kamu tidak usah merasa bersalah dan nikmatilah proses alami dari tanaman kesayanganmu ini.

Baca Juga:  Susu Kental Manis Hanya untuk Topping, Bukan Diseduh dan Diminum

Pantau terus Monstera kesayangan dan perhatikan gejala awal saat daun menguning. Dengan mendeteksinya semenjak dini, perawatan ekstra lebih cepat dilakukan dan pemulihan kerusakan pun lebih cepat.

5. Campuran tanah yang kurang tepat

Tanah yang kurang tercampur dengan baik sangat memengaruhi kesehatan tanaman ini. Tanaman hias ini sangat menyukai tanah yang mempunyai drainase baik sehingga aliran udara dan air berjalan dengan lancar menuju akar.

Baca Juga:  Perhatikan Cara Perawatan Monstera Agar Tumbuh Maksimal

Sebenarnya kamu bisa membeli media tanah yang memang khusus disediakan untuk monstera di toko pertanian. Tapi kalau berani untuk mencampur sendiri, kamu bisa mencampur tanah dengan aroid atau perlit atau kulit batang anggrek ke pot Monstera untuk memperbaiki kondisi tanah. Tapi ingat, kalau tidak berani coba-coba lebih baik beli media tanam Monstera yang ada di toko tanaman ya.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Doa dan Amalan Jika Mengalami Kesulitan Keuangan, Biar Rezeki Lancar

Berikut ini terdapat doa beserta amalannya ketika mengalami kesulitan keuangan biar rezeki selalu diberi kelancaran menurut NU.

Muncul Jerawat di Payudara, Perlukah Diwaspadai?

Jerawat tak hanya ditemukan di wajah dan punggung, melainkan juga bisa muncul di payudara atau sekitar puting.

Muncul Jerawat di Kelamin, Bagaimana Bedakan dengan Herpes Genital?

Lalu, bagaimana cara membedakan apakah benjolan merah yang muncul di alat kelamin itu benar-benar jerawat atau herpes genital?

Viral Video Pria Punya 26 Anak, Warganet: Istrinya Kuat!

Usut punya usut, ternyata almarhum pria yang memiliki 26 anak ini diketahui memiliki dua istri.

Ini Hari yang Bagus Berhubungan Suami Istri Menurut Islam, Malam Jumat?

Bukan hanya malam Jumat, lalu hari apa saja yang bagus untuk suami istri berhubungan intim menurut Islam?

Kronologi Pembuatan Video Mesum Lele 13 Detik, Pemeran Minta Maaf

Pemeran video mesum lele 13 detik memberikan klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf.

Klarifikasi Lele PUBG Soal Video Mesum 13 Detik, Turuti Keinginan Pacar

Perempuan pemilik akun PUBG bernama Lele memberi klarifikasi terkait video mesum dirinya dan menyebut sang pacar yang memintanya mengirim video itu.

Sempat Viral, Oknum Polantas Pacaran Naik Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Di medsos beredar narasi bahwa anggota Polantas pacaran naik mobil PCR itu berani melakukan pelanggaran karena iparnya seorang pejabat.

Kreativitas Menggambar Bersama AnaKrea Mengisi Waktu Selama Pandemi

Melalui Program AnaKrea "Ayo Menggambar", mereka dapat menggambar sesuai imajinasi yang mereka pikirkan.

Semangat Berkarya Meski di Rumah Aja Bersama AnaKrea

Masa pandemi tentu bukan penghalang bagi adek-adek yang bersekolah di PAUD/TK untuk tetap berkarya. Melalui Program AnaKrea, mereka tetap bisa berkarya melalui kegiatan mewarnai

7 Mitos Weton Lahir Pada Hari Wage, Nomor 5 Bikin Bahagia

Inilah 7 mitos weton seseorang yang lahir pada hari Wage.

Siapa Lele PUBG Gamers, Wanita Cantik Terlibat Video Mesum 13 Detik?

Viral wanita cantik terseret dalam kasus video mesum 13 detik, siapa sebenarnya Lele, gamers online PUBG?

Doa Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam, Plus Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa mengusir ular dari rumah jika hewan tersebut masuk ke kediaman Anda menurut ajaran Islam. Dilengkapi latin dan artinya.

Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia.

Waduh! Rusia Temukan Varian Baru yang Lebih Menular

Laporan pemerintah Rusia menyebutkan sejumlah infeksi Covid-19 varian baru yang diyakini lebih menular dari varian Delta.