SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BANJARNEGARA Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara menginformasikan adanya gempa bumi tektonik berkekuatan 2,6 skala Richter (SR) menggetarkan wilayah Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

“Wilayah Dataran Tinggi Dieng diguncang gempa bumi tektonik pada Selasa pukul 18.27 WIB,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Selasa (25/12/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 2,6 SR berlokasi di darat pada jarak 2.5 km arah timur laut Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah pada kedalaman 10 km. “Guncangan gempa ini juga dirasakan oleh sebagian warga di Dieng dan Batur, Kabupaten Banjarnegara,” katanya.

Dia menambahkan lokasi gempa tersebut berdekatan dengan event gempa yang terjadi pada tanggal 10 Desember 2018 yang berada pada jarak 7 km barat daya Kabupaten Wonosobo. “Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa Bumi yang terjadi merupakan jenis gempa Bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang belum terindentifikasi.

Hingga pukul 19:45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa Bumi susulan. BMKG, kata dia, mengimbau masyarakat agar tidak panik namun tetap waspada. “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak panik, juga jangan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

BMKG, kata dia, akan terus melakukan pemuktahiran data dan menyampaikannya kepada masyarakat. Dia juga menyampaikan hingga saat ini pihaknya belum menerima adanya laporan kerusakan akibat gempa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya