Warga mengantre di Disdukcapil Klaten untuk mendapatkan keping e-KTP, Rabu (15/1/2020). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Antrean warga untuk pelayanan pencetakan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten, Rabu (15/1/2020), membeludak.

Sejak Subuh, warga sudah memenuhi kantor Disdukcapil Klaten meski pelayanan belum dibuka.

Banyaknya warga yang mengantre itu menyusul ada kiriman blangko e-KTP sebanyak 4.000 keping setelah kosong sejak akhir November 2019 lalu.

Pelayanan pencetakan e-KTP sudah dibuka sejak Selasa (14/1/2020). Namun antrean pada Rabu jauh lebih membeludak dibandingkan hari sebelumnya.

Warga Desa Kadilajo, Kecamatan Karangnongko, Yuni, 17, mengaku sudah mendatangi kantor Disdukcapil Klaten sejak pukul 04.30 WIB. Saat tiba di Disdukcapil, warga sudah memenuhi gedung hingga di pintu gerbang.

"Saat itu antrean untuk dapat nomor antrean pencetakan e-KTP belum dibuka. Sekitar pukul 07.00 WIB itu pengambilan nomor antrean baru dibuka," kata pelajar SMKN 1 Jogonalan tersebut saat ditemui solopos.com di Disdukcapil Klaten.

Yuni mengatakan e-KTP yang dicetak dan bisa diambil hari itu juga yakni nomor antrean hingga 700. Sementara, untuk nomor antrean lebih dari 700, keping e-KTP baru bisa diambil keesokan harinya. Sementara, Yuni mendapatkan nomor antrean 700an.

Yuni menuturkan ingin segera mendapatkan keping e-KTP untuk persiapan berkas yang akan dia gunakan melamar kerja seusai lulus.

"Akhirnya tidak bisa diambil hari ini. Besok baru bisa diambil. Ya terpaksa besok izin sekolah lagi," kata Yuni.

Warga Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Defi, 18, mengatakan baru datang ke Disdukcapil sekitar pukul 05.30 WIB.

Sementara, ada seorang temannya yang sudah datang sejak pukul 01.00 WIB. "Saya dapat nomor antrean 1.305," tutur dia.

Kawanan Kera Liar Bikin Resah Warga Candirejo Klaten

Sekretaris Disdukcapil Klaten, Utami Setyaningsih, mengatakan pelayanan Adminduk di Disdukcapil Klaten dibuka sesuai jam kerja mulai pukul 07.00 WIB.

"Kami bagi tempat untuk pengambilan agar tidak ada kerancuan. Jika yang sudah mendaftar kemarin baru bisa dicetak hari ini loket pengambilan di pos satpam. Sementara, bagi yang baru antre hari ini dan sudah selesai dicetak loketnya berada di sebelahnya," kata Utami.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten