SOLOPOS.COM - Kunjungan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sanggar Sedulur Keluarga Wartoyo Lovers (SKWL) Nusantara di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (19/10/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan Indonesia punya kepribadian dalam kebudayaan yang sangat adiluhung.

Generasi muda diharapkan bisa melestarikan kebudayaan itu, menjadikan kebudayaan menjadi sebuah kebanggan diri, serta bisa mengembangkan kebudayaan yang ada.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Indonesia yang punya kepribadian dalam kebudayaan yang sangat adiluhung itu terus saja diberikan kepada generasi-generasi berikutnya agar mereka bisa memainkan, mereka bangga, dan mereka bisa mengembangkan itu,” ucap Ganjar kepada wartawan saat mengunjungi Sanggar Sedulur Keluarga Wartoyo Lovers (SKWL) Nusantara di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (19/10/2022).

Kedatangan Ganjar bersama rombongan ke Sanggar SKWL itu disambut meriah oleh anak-anak, warga sekitar, dan warga setempat. Dalam kesempatan itu, Ganjar meminta pada anak-anak untuk unjuk beberapa kesenian seperti nembang jawa, mendalang, dan menari.

“Ini ada sanggar cukup seserhana, kemudian membuka ruang kepada anak-anak kita untuk bisa berlatih kesenian. Tidak hanya melestarikan tapi juga mengembangkan,” puji dia.

Baca juga: Demi Negara, Ganjar Pranowo Selalu Siap Jadi Capres 2024

Keberadaan sanggar kesenian seperti SKWL Nusantara ini perlu diapresiasi, sebab ikut berperan penting dalam mengenalkan kekayaan budaya kepada generasi muda.

Dari hal itu, Ganjar mengatakan sebuah sanggar punya peran tidak hanya untuk nguri-uri kebudayaan tapi juga bisa memperkenalkan kebudayaan kepada anak-anak sejak dini.

“Karena ini anak-anak yang sangat muda ya. Bayangin, TK, SD mereka bisa memainkan instrumen gamelan. Dan anda lihat, yang kita dengarkan di belakang ini. Mereka mainnya tanpa partitur. Artinya apa? Keterampilannya sudah bagus. Dan mereka tadi menunjukkan kemampuannya di depan saya,” ucap dia.

Sementara itu, Pemilik dan pengajar Sanggar SKWL Nusantara, Ki Gondo Wartoyo, mengaku terharu dan senang setelah sanggarnya dikunjungi Gubernur di Jawa Tengah. Wartoyo menjadi semakin bersemangat memberikan ilmu nya tentang seni kepada generasi muda.

Baca juga: Buka Mukernas, Ganjar Siapkan Gebrakan untuk Persada.id

“Sangat luar biasa bahagia banget respon dari beliau pak Gubernur Ganjar Pranowo. Terimakasih banget rawuhipun. Semoga nambahi semangatnya anak-anak yang dari MI juga dari TK juga dari SD. Malah tadi juga banyak yang mau daftar di sini dan latihan di sini, di sini gratis,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya