Data REI Soloraya, Harga Tanah Termahal Di Kota Solo Rp30 Juta/M2

Data REI Soloraya menyebut harga tanah di Kota Solo paling mahal bukan Rp65 juta/m2 melainkan Rp30 juta/m2, lokasinya Jl Slamet Riyadi.

 Sejumlah pengguna jalan melintas di kawasan Gladak Jl Slamet Riyadi Solo, Kamis (11/11/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Sejumlah pengguna jalan melintas di kawasan Gladak Jl Slamet Riyadi Solo, Kamis (11/11/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLOReal Estate Indonesia (REI) Komisariat Soloraya mengakui harga tanah di Kota Solo paling mahal di pinggir Jl Slamet Riyadi. Namun, berdasarkan data organisasi pelaku usaha bidang properti tersebut, hingga saat ini harga tanah di kawasan itu belum mencapai Rp65 juta per meter persegi.

“Untuk harga Rp65 juta itu saya belum melihat di titik mana. Saya belum tahu sampai segitu,” tutur Ketua REI Komisariat Soloraya, SS Maharani, saat dihubungi Solopos.com melalui ponsel, Rabu (6/7/2022).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Maharani mengakui harga tanah di Solo mengalami peningkatan yang sangat tajam beberapa tahun terakhir. Sebab luas wilayah Solo sangat kecil. Tapi setahu dia harganya belum ada yang mencapai Rp65 juta per meter persegi, bahkan di pinggir Jl Slamet Riyadi sekali pun.

Menurut Maharani, harga tanah di pinggir Jl Slamet Riyadi, Kota Solo, masih berkisar di angka Rp30 juta per meter persegi untuk lokasi di utara jalan. Sedangkan harga tanah di sisi selatan Jl Slamet Ryadi di kisaran Rp17 juta per meter persegi.

Harga itu masih penawaran. Artinya belum harga kesepakatan antara penjual dan pembeli. Masih ada kemungkinan harga yang disepakati antara penjual dan pembeli di bawah angka itu. “Selisih harga di sisi selatan dengan sisi utara Jl. Slamet Riyadi memang separuh,” terangnya.

Baca Juga: Harga Tanah di Solo Capai Rp65 Juta/M2, di Mana Lokasinya?

Kondisi tersebut, menurut Maharani, salah satunya dipengaruhi jalur itu yang hanya satu arah untuk kendaraan dari barat ke timur. “Kan Jl Slamet Riyadi untuk satu jalur itu mempengaruhi untuk kami berbisnis, kan beda selatan dan utara,” urainya.

Lokasi Paling Mahal

Maharani menjelaskan karena tingginya harga tanah di pinggir Jl Slamet Riyadi, Kota Solo, area itu lebih cocok untuk gedung perbankan atau perkantoran bisnis. Sedangkan untuk bisnis properti sudah terlampau mahal sehingga lebih memilih daerah pinggir Solo.

“Untuk area pinggir Jl Slamet Riyadi pun itu harganya berbeda-beda. Yang paling mahal di jalur Bundaran Gladak hingga Sami Luwes. Itu jalur paling mahal di Solo. Untuk properti sudah tak masuk. Cocoknya kantor dan perbankan,” paparnya.

Baca Juga: Diklaim Jadi Kota Ternyaman, Harga Tanah di Solo Capai Rp65 Juta/M2

Selain lebih membidik kawasan di pinggir Solo, Maharani menjelaskan para pengembang properti sudah meluaskan kawasan bidikan di Soloraya. Kondisi itu diakui karena faktor harga tanah yang masih terjangkau, dibandingkan di wilayah Solo.

Sebelumnya diberitakan, situs jual beli properti online Rumah.com menuliskan salah satu tanah yang dijual di pusat Kota Solo, tepatnya di Jl Slamet Riyadi, mencapai Rp65 juta per m2. Tanah tersebut memiliki luas 2.751 meter persegi, sehingga total nilai dari tanah tersebut mencapai Rp178,8 miliar.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).