SOLOPOS.COM - Ilustrasi HIV/AIDS. (Freepik.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Jumlah kasus baru penderita HIV di Wonogiri selama semester I, Januari-Juni 2022 mencapai 31 kasus. Jumlah tersebut dianggap sudah melebihi setengah dari kasus yang ditemukan pada 2021 yang berjumlah 50 kasus.

Dinkes Wonogiri bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Wonogiri berupaya terus meningkatkan capaian pemeriksaan HIV pada delapan populasi kunci.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Masing-masing, yaitu ibu hamil, penderita TBC, penderita infeksi menular seksual (IMS), penjaja seks (pekerja seks perempuan atau wanita penajaja seks), lelaki seks dengan lelaki (LSL), waria, pengguna narkoba dengan jarum suntik (penasun), dan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Saat ini, Dinkes bersama KPA sedang melakukan proses pemetaan populasi kunci sebagai dasar menentukan langkah lebih lanjut. Hingga sekarang, belum ada data pasti terkait jumlah populasi kunci, khususnya populasi LSL, waria, dan PSP atau WPS di Wonogiri.

“Kami bekerja sama dengan kelompok dukungan sebaya agar populasi kunci itu bisa dijangkau [melakukan konseling tes HIV]. Kami sudah mendapatkan 45 hotspot yang biasa menjadi tempat berkumpul populasi kunci. Kami akan melakukan observasi perilaku dan biologis kepada mereka,” Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Wonogiri, Satyawati Prawirohardjo, saat ditemui Solopos.com di ruangannya di Kantor Dinkes Wonogiri, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: Ciuman Bisa Menularkan HIV, Ini Penjelasannya

Berikut perkembangan kasus HIV di Wonogiri sejak tahun 2016 hingga Juni 2022:

1. Tahun 2016: 67 kasus

2. Tahun 2017: 79 kasus

3. Tahun 2018: 87 kasus

4. Tahun 2019: 79 kasus

Baca Juga: Duh! Ada 31 Kasus Baru HIV di Wonogiri Selama Semester I Tahun 2022

5. Tahun 2020: 61 kasus

6. Tahun 2021: 50 kasus

7. Tahun 2022 (Juni 2022): 31 kasus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya