SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo,menunjukkan data penanganan Covid-19 kepada wartawan seusai rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantornya, Senin (2/11/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Bukan sekali data kematian akibat Covid-19 yang dicatat pemerintah pusat dan Jawa Tengah berbeda. Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo, buka suara terkait perbedaan data kematian Covid-19 milik Pemprov Jateng dan pemerintah pusat itu.

Dimahfumi banyak kalangan, penganan virus corona jenis baru pemicu Covid-19 belakangan ini ditangani lebih tegas. Bahkan pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo memublikasikan andaman pencopotan kepada kepala daerah yang tak sungguh-sungguh menangani pandemi tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo menyebut perbedaan itu lebih dikarenakan sumber data yang didapat masing-masing instansi.

Ekspedisi Mudik 2024

Cermati! Zodiak-Zodiak Ini Bisa Jatuh Cinta demi Uang

“Kalau kami [Pemprov Jateng], data diperoleh dari corona realtime, dari faskes [fasilitas kesehatan]. Kalau pusat ada yang dari laboratorium juga. Jadi dikonfirmasi betul. Apa benar-benar meninggal karena Covid-19 atau lainnya," kilah Yulianto saat menggelar jumpa pers secara virtual, Rabu (25/11/2020).

Tak Perlu Dipersoalkan?

Yulianto berharap perbedaan data itu tidak perlu dipermasalahkan. Perbedaan, menurutnya hal yang wajar selama bisa dipertanggungjawabkan.

"Perbedaan data itu wajar dan sejauh ini masih dinamis. Selama masih bisa dipertanggungjawabkan enggak masalah," ujarnya.

Elemen Fengsui dalam Rumah Bisa Datangkan Rezeki

Data kematian Covid-19 di Jateng yang disampaikan Pemprov Jateng dengan Satgas Covid-19 nasional memang mengalami perbedaan yang mencolok. Selisihnya, bahkan mencapai 1.225 kasus.

Data yang disampaikan Pemprov Jateng melalui laman Internet corona.jatengprov.go.id, angka kematian akibat Covid-19 per Rabu (25/11/2020) mencapai 3.387 orang.

Sementara data yang dirilis Satgas Covid-19 pusat, angka kematian akibat Covid-19 di Jateng hingga kini mencapai 2.162 jiwa.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya