Data & Fakta Jelang Barcelona Vs Liverpool
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, merayakan golnya ke gawang Chelsea pada pertadningan pekan ke-34 antara Liverpool dan Chelsea di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (14/4/2019) malam WIB. (Reuters-Phil Noble)

Solopos.com, SOLO - Partai menarik tersaji di babak semifinal Liga Champions musim ini. Dua tim top Eropa, Barcelona dan Liverpool, akan saling sikut pada leg pertama di Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB.

Kedua tim lolos ke babak semifinal Liga Champions usai menang telak atas lawan masing-masing. Barca lolos setelah menyingkirkan Manchester United dengan agregat 4-0. Sementara Liverpool mendepak wakil Portugal, FC Porto, dengan agregat 6-1.

Produktivitas gol yang tinggi serta pertahanan yang solid jadi kunci sukses kedua tim. Tak ayal, duel Barca vs Liverpool ini dinanti-nanti oleh para penggemar sepak bola. Berikut data & fakta jelang bid match kali ini seperti dikutip dari detik.com, Rabu (1/5/2019):

Barcelona Ganas di Kandang

Barcelona tampil trengginas di kandang mereka, Camp Nou. Dalam enam tahun terakhir di Liga Champions, Barca tak pernah takluk di Camp Nou. Perinciannya adalah Barca menang 28 kali dan 3 kali menuai hasil imbang. Lebih hebatnya lagi, Barca cuma kebobolan 15 kali dalam laga-laga itu. Atau rata-rata kurang dari setengah gol.

Catatan itu masih ditambah dengan rekor belum tumbang di Liga Champions musim ini. Dalam 10 kali pertandingan, Barca menang tujuh kali dan tiga kali membukukan hasil imbang.

Kendati demikian, Liverpool tak boleh inferior. Mereka mempunyai catatan oke saat bertandang ke markas Barca. Dalam tiga lawatan di kompetisi Eropa, mereka membukukan dua kemenangan dan sekali hasil imbang. Pada pertemuan terakhir di tahun 2007, Liverpool mempecundangi Barca 1-2 berkat gol Craig Bellamy dan John Arne Riise.

Liverpool Trengginas di Kotak Penalti

Liverpool sudah membukukan 18 gol di Liga Champions musim ini. Semua gol itu dicetak dari dalam kotak penalti, sebanyak 3 di antaranya dibukukan dengan tendangan 12 pas. Lebih detil lagi, ada 10 gol Liverpool dibukukan dengan kaki kanan, 3 lainnya dengan tembakan kaki kiri. Sementara lima gol lain dibukukan dengan sundulan.

Ada tujuh pemain yang sudah menyumbangkan gol untuk Liverpool di Liga Champions. Yang paling produktif Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Ketiganya sama-sama sudah membukukan sebanyak empat gol.

Sengit di Semua Lini

Duel Barca dengan Liverpool menyajikan persaingan sengit di semua lini. Dari pos penjaga gawang, Barca mempunyai Ter Stegen. Sementara Liverpool mempunyai Alisson.

Ter Stegen melakukan sebanyak 24 kali penyelamatan. Sementara Alisson sudah 31 kali menghalau bola masuk ke gawang Liverpool. Catatan statistik itu membuktikan kalau kedua kiper mempunyai kualitas yang seimbang.

Di lini belakang, Gerard Pique cs masih memegang predikat terhebat dengan catatan kebobolan paling sedikit. Baru ada 6 gol yang bersarang ke gawang Barca. Liverpool juga mempunyai rekor pertahanan yang cukup baik. Dalam 10 pertandingan, tim asuhan Juergen Klopp itu kebobolan sembilan kali. Virgil Van Dijk menjadi komando lini belakang.

Di Lini tengah, Sergio Busquets yang akan menjadi jenderal lini tengah Barca. Arthur dan Ivan Rakitic yang biasanya menjadi pendampingnya. Sementara itu, Jordan Henderson sudah kembali dimainkan di barisan gelandang. Dia didukung oleh Fabinho dan Georginio Wijnaldum yang bisa menjadi pilihan Klopp.

Adu ketajaman lini depan juga akan menjadi sajian seru lainnya. Lionel Messi masih amat dominan bersama Blaugrana. Sebanyak 10 gol sudah dibukukan oleh pemain asal Argentina itu di Liga Champions 2018/2019. Sementara di Liverpool, trisula yang mereka miliki, Firmino, Mane, dan Salah sudah sama-sama mencetak sebanyak empat gol.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom