SOLOPOS.COM - Borussia Dortmund lawan Arsenal, dua tim top Eropa yang sering bertemu. Ist/google image

Solopos.com, DORTMUND — Borussia Dortmund dan Arsenal ditakdirkan bertemu tiga kali hanya dalam hitungan empat musim. Borussia Dortmund pun berharap bisa membalaskan dendam atas kekalahan mereka di kandang Arsenal yang terjadi 12 bulan lalu.

Berikut data-fakta menarik menjelang pertemuan Arsenal dan Dortmund pada laga pembuka Grup D Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (17/9/2014) pukul 01.45 WIB:

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

PERTEMUAN
• Musim lalu, Dortmund menang 2-1 di London dengan Henrikh Mkhitaryan sebagai pahlawan mencetak gol. Namun mereka takluk di kandang dengan skor 0-1 karena gol dari Aaron Ramsey.
• Pada musim lalu, kedua tim sama-sama mengakhiri putaran grup dengan mengoleksi 12 poin bersama Napoli. Namun,  Dortmund akhirnya finis di peringkat pertama dan Arsenal di duduk di peringkat kedua, sehingga berhal ke babak berikutnya.
• Pada 2011/12, Arsenal ditahan imbang 1-1 di Jerman, sebelum mereka menang 2-1 di kandang dengan Shinji Kagawa sebagai satu-satunya pemain Dortmund yang mencetak gol di London.

BACKGROUD
BORUSSIA DORTMUND
• Ini merupakan fase grup Liga Champions milik Dortmund yang ke-10. Mereka meraih juara pda 1996/1997 dan duduk sebagai runner-up dua tahun lalu.
• Kekalahan dari Arsenal di kandang musim lalu, merupakan kekalahan pertama Dortmund dari tamunya yang berasal dari Inggris di kompetisi Eropa. Sebelumnya, mereka menang dalam empat dari tujuh kali perjamuan melawan tim Inggris, tiga laga di antaranya berujung imbang.
• Sebelum ditaklukkan Arsenal, Dortmund mencatat tujuh kemenangan laga secara beruntun di kandang pada ajang Liga Champions.

ARSENAL
• Arsenal lolos ke fase grup untuk kali ke-17 secara beruntun. Musim ini, mereka lolos ke fase grup setelah menang agregat 1-0 atas Besiktas, di mana pemain barunya, Alexis Sanchez, menjadi pencetak skor kemenangan.
• Musim lalu, The Gunners tersingkir di babak 16 besar untuk kali keempat dalam empat musim terakhir. Tahun lalu mereka kalah dari Bayern Munich. Mereka menahan imbang 1-1 di Munich pada leg kedua, namun tersingkir dengan agregat 1-3.
• Arsenal tak terkalahkan dalam 10 laga pembuka Liga Champions, dengan delapan kali menang dan dua kali imbang. Kekalahan terakhirnya Arsenal pada laga pembuka terjadi ketika ditaklukkan Inter Milan 0-3 di Highbury pada 2003.
•  Rekor tandang Arsenal melawan tim-tim Jerman yakni lima kali menang, lima kali imbang dan lima kali kalah. Secara total (tandang-kandang) 14 kali menang, enam kali imbang dan 10 kali kalah.
• The Gunners menang lima kali dalam 10 laga tandang terakhirnya di Liga Champions, dengan tiga kali imbang dan dua kali kalah.

Sumber: uefa.com. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya