SOLOPOS.COM - Data dan fakta Uruguay vs Korea Selatan pada laga perdana Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022), di Education City Stadium, Doha.

Solopos.com, JAKARTA—Berikut data dan fakta Uruguay vs Korea Selatan (Korsel) pada laga perdana Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022). Laga Uruguay vs Korsel digelar pukul 20.00 WIB di Education City Stadium, Doha.

Kedua tim telah bertemu sebanyak tujuh kali baik di laga resmi maupun persahabatan. Uruguay, juara dunia dua kali, lebih perkasa karena menang 6 kali dan kalah hanya sekali.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Kekalahan Uruguay terjadi pertemuan terakhir kedua tim pada laga persahabatan 12 Oktober 2018 di Seoul. Korsel bisa meniru Arab Saudi dan Jepang yang baru saja membuat kejutan dengan menumbangkan tim favorit juara Argentina dan Jerman.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022: Swiss vs Kamerun

Namun Korsel sedang harap-harap cemas menantikan kabar dari kapten Son Heung-min. Penyerang Tottenham Hotspur itu mengalami patah tulang sekitar mata kirinya tiga pekan lalu sehingga terpaksa berlatih sambil mengenakan topeng pelindung hitam seperti Zorro.

Mengingat lawan berikutnya mereka di Grup H adalah Portugal dan Ghana, kehadiran Son menjadi jaminan mereka bisa meneror pertahanan Uruguay yang sangat penting bagi Korsel untuk memetik poin awal sehingga tidak terlalu berat saat menghadapi dua pertandingan berikutnya.

Uruguay tidak menghadapi masalah pelik seperti ini. Justru dengan skuat gabungan senior dan muda, mereka adalah kuda hitam yang bisa mengulangi sukses juara dunia yang sudah dua kali mereka rasakan.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Ada Portugal vs Ghana, Brasil vs Serbia

Di antara darah muda Uruguay yang menjadi perhatian adalah rekrutan termahal Liverpool, Darwin Nunez, yang diperkirakan bakal dipasangkan di lini depan bersama striker gaek Luis Suarez yang menjadi tokoh utama di balik perjalanan menawan Uruguay selama Piala Dunia 2010 kala mereka menapak babak semifinal.

 

Berikut data dan fakta Uruguay vs Korea Selatan:

1-Sebelum ini kedua tim sudah delapan kali bertemu dengan catatan Uruguay menang enam kali, termasuk dua kali pada Piala Dunia 1990 dan 2010. Korea hanya menang satu kali dalam pertemuan terakhirnya dengan Uruguay dalam pertandingan persahabatan pada 2018.

2-Bagi Uruguay yang juara Piala Dunia 1930 dan 1950, Piala Dunia Qatar adalah putaran final Piala Dunia yang ke-14.

3-Uruguay selalu berhasil masuk fase gugur dalam tiga penampilan terakhirnya setelah tak berhasil pada 2006 dan mencapai perempat final di Rusia empat tahun lalu.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Grup E Piala Dunia 2022: Matador Kuasai Puncak

4-Korea Selatan yang tengah dalam putaran final Piala Dunia kesepuluh kali berturut-turuta dan total yang kesebelasnya, gagal melewati fase grup dalam dua edisi terakhir turnamen ini.

5-Penampilan terbaik Korea Selatan dalam Piala Dunia adalah mencapai semifinal edisi 2002 untuk kemudian takluk kepada Jerman.

6-Uruguay tak berhasil memenangkan pertandingan pembukanya dalam enam dari tujuh penampilan Piala Dunia terakhirnya, tetapi memenangkan semua dari tiga pertandingan fase grupnya di Rusia pada 2018 tanpa kebobolan satu gol pun.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Grup F Piala Dunia 2022: Belgia Memimpin

7-Korea Selatan tak pernah memenangkan pertandingan pembukanya dalam dua edisi terakhir Piala Dunia dan memenangkan dua dari sembilan pertandingan Piala Dunia terakhirnya, termasuk saat menumbangkan Jerman yang saat itu juara bertahan dengan 2-0 pada 2018, demikian seperti dilansir dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya