SOLOPOS.COM - Kroasia vs Belgia

Solopos.com, JAKARTA—Berikut data dan fakta menarik Kroasia vs Belgia pada laga terakhir Grup F Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan, Kamis (1/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Kroasia saat ini memuncaki Grup F dengan poin 4 sama dengan Maroko dan unggul satu poin dari Belgia dengan poin 3. Sementara tim terbawah Kanada sudah dipastikan tersingkir karena belum memiliki poin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Belgia yang merupakan peringkat kedua dunia, harus menang untuk menjamin tempat mereka dalam babak 16 besar. Sementara Kroasia runner-up Piala Dunia 2018 hanya membutuhkan satu poin untuk memastikan tempat di 16 besar.

Baca Juga: Skenario Grup E Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Kans Spanyol dan Jerman

Tim asuhan Roberto Martinez adalah salah satu favorit yang paling terpuruk setelah menang tipis atas Kanada tapi tumbang 0-2 di tangan Maroko yang memicu spekulasi generasi emas Belgia sudah berakhir.

Bahkan playmaker Kevin De Bruyne menyebut timnya selama Piala Dunia 2022 sebagai “terlalu tua” untuk bisa berkompetisi dalam turnamen ini.

Yang paling bermasalah dalam skuat Belgia adalah bukan usia pemain, melainkan rangkaian cedera yang dialami pemain-pemain intinya, termasuk striker produktif Romelu Lukaku.

Baca Juga: Skenario Grup F Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: 3 Tim Bersaing Ketat

 

Berikut data dan fakta Kroasia vs Belgia:

1-Kedua tim sudah delapan kali bertemu sejak 2000 di mana kedua tim sama-sama mencatat tiga kemenangan. Pertemuan terakhir mereka pada Juni tahun lalu dimenangkan oleh Belgia dengan 1-0.

2-Tetapi ini adalah pertemuan pertama mereka dalam sebuah pertandingan putaran final Piala Dunia.

3-Kroasia hanya membutuhkan imbang agar lolos ke babak 16 besar, sementara imbang bagi Belgia juga mengantarkan mereka ke babak knockout tapi dengan syarat Kanada mengalahkan Maroko. Jika menang, Belgia akan memuncaki Grup F.

Baca Juga: Skenario Grup F Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: 3 Tim Bersaing Ketat

4-Sejauh ini baru Michy Batshuayi menjadi satu-satunya pemain Belgia yang menetak gol dalam Piala Dunia 2022.

5-Kemenangan 4-1 atas Kanada adalah kali kedua Polandia mencetak empat gol dalam sebuah pertandingan Piala Dunia setelah membantai Kamerun 4-0 pada Piala Dunia 2014.

6-Kroasia mencapai semifinal dalam debut putaran final Piala Dunia pada 1998. Mereka tampil dalam final edisi 2018 tetapi menyerang 2-4 kepada Prancis

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Penentuan Grup E & F, Ada Jepang vs Spanyol

7-Saat mencapai final 2018, Kroasia menjadi tim pertama dalam Piala Dunia yang berbalik menang setelah kebobolan lebih dulu dalam semua dari tiga pertandingan fase grup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya