SOLOPOS.COM - Portugal vs Swiss

Solopos.com, SOLO—Berikut data dan fakta Portugal vs Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium Al Daayen, Rabu (7/12/2022) pukul 02.00 WIB. Portugal kalah dalam rekor head to head dari Swiss.

Selecao, julukan Portugal, lolos sebagai juara Grup H dengan dua menang dan sekali kalah menjelang laga yang akan dipimpin oleh wasit César Arturo Ramos Palazuelos dari Meksiko. Swiss yang merupakan runner-up Grup G juga berbekal hasil yang sama.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Portugal dan Swiss sudah sering bertemu baik di ajang resmi maupun persahabatan. Total dari 25 pertemuan, Swiss lebih superior karena memenangkan 11 laga, seri 5 dan sisanya 9 pertandingan dimenangkan Portugal.

Baca Juga: Korsel Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Paulo Bento Mengundurkan Diri

Kemenangan terakhir La Nati, julukan Swiss, atas Portugal terjadi di ajang Liga A Liga Nations 2022/2023 dengan skor 1-0 pada 12 Juni 2022.

 

Berikut data dan fakta Portugal vs Swiss:

1-Portugal memenangkan dua pertandingan fase grup pertamanya ketika mengalahkan Ghana 3-2 dan Uruguay 2-0, tetapi kalah 1-2 melawan Korea Selatan setelah pelatih Fernando Santos mengganti enam pemain intinya dalam daftar sebelas pemain pertama karena Portugal sudah memastikan lolos ke 16 besar.

2-Swiss juga mencatat dua kemenangan masing-masing atas Kamerun 1-0 dan melawan Serbia 3-2, namun dikalahkan 0-1 oleh Brasil.

3-Portugal yang juara Euro 2016 tak terlalu bersinar dalam Piala Dunia. Mereka pernah tersingkir pada babak knockout pertama dalam edisi 2018 dan 2010, bahkan tersingkir dari fase grup pada 2014 dan 2002. Pencapaian terbaiknya adalah semifinal 2006.

Baca Juga: Skenario 16 Besar Maroko vs Spanyol: Uji Efektivitas Tiki-Taka Luis Enrique 

4-Swiss lolos ke babak knockout dalam tiga dari empat Piala Dunia terakhir tetapi belum pernah mencapai perempat final sejak Piala Dunia 1954.

5-Kapten Portugal Cristiano Ronaldo membutuhkan satu gol lagi untuk menyamai rekor Portugal untuk gol Piala Dunia terbanyak yang selama ini dipegang oleh Eusebio dengan sembilan gol pada Piala Dunia 1966 di Inggris yang merupakan satu-satunya turnamen Piala Dunia yang diikuti Eusebio.

6-Gol Xherdan Shaqiri ke gawang Serbia dalam fase grup membuat dia menjadi pencetak gol Piala Dunia terbanyak dibandingkan dengan pemain Swiss mana pun. Dia juga mencetak gol pada Piala Dunia 2014 dan 2018.

 Baca Juga: Data dan Fakta Menarik 16 Besar Maroko vs Spanyol: Potensi Kejutan Atlas Lions

7-Shaqiri tinggal satu gol lagi untuk menyamai gol Piala Dunia terbanyak yang dimiliki Sepp Huegi yang mengoleksi enam gol yang semuanya tercipta pada Piala Dunia 1954, demikian dilansir dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya