Data BI Bocor, Kemenkominfo Awasi Penyelenggara Sistem Elektronik

Menyikapi kasus peretasan Data Bank Indonesia (BI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengawasi penyelenggara sistem elektronik.

 

Ilustrasi - Seorang peretas sedang menggunakan perangkat komputer dan jaringan untuk melakukan serangan siber. (Antara).

SOLOPOS.COM - Ilustrasi - Seorang peretas sedang menggunakan perangkat komputer dan jaringan untuk melakukan serangan siber. (Antara).

Solopos.com, JAkARTA — Menyikapi kasus peretasan Data Bank Indonesia (BI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengawasi penyelenggara sistem elektronik (PSE).

“Kementerian Kominfo sesuai amanat peraturan perundang-undangan akan terus melakukan pengawasan komitmen dan keseriusan PSE dalam melindungi data pribadi yang dikelolanya. Dengan memerhatikan kelayakan dan keandalan sistem pemrosesan data pribadi. Baik dari aspek teknologi, tata kelola, dan sumber daya manusia,” kata juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, kepada Antara, dikutip Jumat (21/1/2022).

PromosiJalur Pendakian Kuno Gunung Lawu dan Legenda Prabu Brawijaya V

Bank Indonesia, Kamis (20/1) mengatakan sedang menjalankan protokol mitigasi setelah upaya peretasan, yang terjadi bulan lalu. Mitigasi yang dilakukan saat ini adalah menyusun kebijakan standar dan ketahanan siber yang lebih ketat. Serta berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi peretasan berulang.

Baca juga: Infinix INBOOK X2 Dengan Kamera Pencahayaan Ganda

Kominfo mengapresiasi upaya BI yang berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk verifikasi, pemulihan, audit. Juga mitigasi sistem elektronik bank sentral setelah upaya peretasan itu.

Bersamaan dengan kasus ini, Kominfo mendorong para penyelenggara sistem elektronik yang mengalami gangguan keamanan untuk melapor ke BSSN, pihak yang berwenang dalam urusan keamanan siber.

“Kementerian Kominfo turut mendorong para PSE yang mengalami gangguan keamanan pada sistem elektroniknya untuk dapat melakukan koordinasi dengan BSSN. Yang akan merekomendasikan implementasi teknik keamanan siber, menerapkan ketentuan teknis siber, serta kewenangan lain terkait yang diatur oleh peraturan perundang-undangan,” kata Dedy.

Baca juga: Vivo V23 5G Rilis Akhir Januari, Ini Bocoran Spesifikasinya

Peretasan BI bermula dari informasi di media sosial, yang menyebutkan bank sentral tersebut menjadi salah satu sasaran kelompok peretas ransomware Conti.

Conti, dalam unggahan tersebut, memuat Bank Indonesia dalam daftar korban mereka dan menyertakan lampiran berupa berkas data sebesar 487,09MB. Polri menyatakan sudah berkomunikasi dengan BI untuk menindaklanjuti kasus ini.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

Ini Penyebab Memori Internal Smartphone Cepat Full

Salah satu penyebabnya adalah aplikasi, karena satu aplikasi bisa mencapai lebih dari 5 gigabyte.

Galaksi Tanpa Materi Gelap Bikin Bingung Astronom

Para peneliti mengatakan tabrakan kosmis bisa saja menciptakan dua galaksi yang tidak mengandung zat misterius atau materi gelap (dark matter), tetapi ilmuwan dan peneliti yang lain meragukan klaim tersebut.

Ini Dia Jadwal Terbaru KRL Solo - Jogja 2022

KAI Commuter sejak 18 Mei 2022 menjalankan operasi dan layanan KRL dan KA Lokal sesuai aturan Surat Edaran Kemenhub Nomor 57 Tahun 2022.

Ini Lho, Huawei Watch FIT 2 Pas Buat Penggemar Olahraga

Produsen elektronik Huawei memperkenalkan sejumlah produk pintarnya saat Huawei Flagship Product Launch 2022. Seperti jam pintar Huawei Watch FIT 2.

Redmi 10A Harga Rp1 Jutaan Dibekali Baterai Besar

Redmi 10A memiliki layar berukuran 6,53" HD+ dan dilengkapi Sunlight display, serta Reading mode 3.0 .

Mau Beli HP Xiaomi, Ini Daftar Harga Terbaru Mei 2022

Handphone Xiaomi diminati karena harganya terjangkau dengan fitur mumpuni. Berikut daftar harga HP Xiaomi.

Ini Dia Kode Redeem Free Fire 18 Mei 2022

Ini kode redeem Free Fire (FF) yang dapat digunakan untuk memperoleh berbagai hadiah tertentu.

Begini Cara dan Syarat Perpanjangan Paspor Secara Online

Untuk mengurus pergantian atau perpanjangan paspor secara online, unduh aplikasi M-Paspor.

WhatsApp API Mekari Qontak Tawarkan Solusi Berbisnis di Era Digital

WhatsApp (WA) kini menjadi platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sehingga banyak bisnis yang memanfaatkan WhatsApp API sebagai media pemasaran dan promosi.

SEA Games 2022, Ini Jadwal Tim Esports Indonesia Main

Tim esports Indonesia untuk Mobile Legends bakal memulai pertandingan pertama di SEA Games 2022 pada Rabu (18/5/2022).

Benarkah Tanah dari Bulan Bisa Untuk Menanam?

Kabar terbaru mengenai Bulan adalah mengenai temuan ilmuan bahwa tanah dari Bulan bisa digunakan untuk menanam dengan dukungan cahaya dan nutrisi.

Harga Rp2 jutaan, Ini Yang Ditawarkan Oppo A16k

Oppo merilis smartphone baru seri A16k sebagai suksesor A16 dan A16e dengan harga Rp2,199 juta.

Citra Nyata Lubang Hitam di Pusat Galaksi Bima Sakti

Para peneliti di jaringan Event Horizon Telescope telah menangkap secara langsung gambar lubang hitam kedua—yang disebut Sagitarius A*—di pusat Galaksi Bima Sakti atau Galaksi Milky Way.

Satelit Nano Buatan RI Ini akan Lacak Posisi Kendaraan dan Pejalan Kaki

Satelit nano ini merupakan karya sepenuhnya dari para mahasiswa Surya University dengan bimbingan peneliti-peneliti antariksa di Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Pusat Riset Teknologi Satelit BRIN.

Harga Rp4 Jutaan, Ini Spesifikasi Vivo T1 Pro 5G

Smartphone baru Vivo T1 Pro 5G resmi meluncur sebagai The Fastest Mid-range 5G Smartphone dengan fitur andalan flagship liquid cooling.

Ini Dia Dua Headset Gaming Terbaru dari NYK Nemesis

Keunggulan Headset ini adalah fitur 7.1 Surround Sound yang diklaim membuat suara dihasilkan sangat jernih.