SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SUKOHARJO — Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo menargetkan data anak usia 6-11 tahun yang akan menjadi sasaran vaksinasi harus sudah terkumpul akhir Desember 2021. Sesuai anjuran Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, vaksinasi untuk anak usia tersebut bakal dimulai awal Januari 2022.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan saat ini masih menyelesaikan program vaksinasi yang sudah direncanakan selama 2021. Meskipun begitu, satgas sudah melangkah untuk persiapan program vaksinasi pada 2022. Salah satunya pendataan sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang baru saja mendapatkan persetujuan.

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Baca Juga: Waduh! 41 Pelajar Sukoharjo Terdeteksi Kena HIV/AIDS

“Kami sudah berkoordinasi. Saat ini kami lebih mengacu ke data Disdikbud Sukoharjo sebagai database sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Jadi meskipun baru dimulai awal tahun depan, database ini harus diselesaikan dulu. Akhir 2021 ini kami harap pendataan sudah selesai semua,” ucapnya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (5/12/2021).

Capaian Vaksinasi

Lantaran data yang belum terkumpul semua, Yunia mengaku belum bisa mengestimasi berapa banyak anak usia tersebut yang nantinya akan disasar vaksinasi Covid-19 di Sukoharjo. Meski menggunakan data Disdikbud, ia memastikan sasaran vaksinasi tak hanya anak yang bersekolah di Sukoharjo namun juga warga Sukoharjo yang bersekolah di daerah lain.

Baca Juga: Dianggap Tak Efektif, APILL Simpang Kadilangu Baki Sukoharjo Dipindah

“Kami belum bisa memperkirakan jumlahnya nanti berapa. Tapi kami pastikan jumlah vaksin akan menyesuaikan,” bebernya. Terkait capaian vaksinasi, Yunia mengklaim untuk dosis I dan II tidak terpaut begitu jauh.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari laman Instagram @dinkes_kab_sukoharjo per Sabtu (4/12/2021), secara kumulatif, vaksinasi dosis I di Sukoharjo sudah mencapai 77,82 persen atau 560.078 orang dan dosis II mencapai 70,82 persen atau 509.757 orang.

Baca Juga: Pembuang Bayi di Nguter Sukoharjo Tertangkap, Bagaimana Nasib Pacarnya?

Terkait rencana pemberian dosis III untuk kelompok rentan, Yunia mengaku Pemkab Sukoharjo akan mengikuti anjuran dari pemerintah pusat. “Jadi kami selesaikan dulu untuk vaksinasinya. Nanti petunjuk teknisnya bagaimana untuk dosis booster, kami ikuti saja dari pemerintah pusat. Kami ikuti saja prosedurnya bagaimana nanti,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya