SOLOPOS.COM - Camat Grogol, Agustinus Setiyono, 47 (menghadap kamera, kiri), memberikan sambutan pada acara Pemberdayaan Dasiat Kecamatan Grogol di Pendopo Kecamatan Grogol, Senin (29/10/2012).(Foto: Ivan Andimuhtarom)


Camat Grogol, Agustinus Setiyono, 47 (menghadap kamera, kiri), memberikan sambutan pada acara Pemberdayaan Dasiat Kecamatan Grogol di Pendopo Kecamatan Grogol, Senin (29/10/2012).(Foto: Ivan Andimuhtarom)

SUKOHARJO-– Puluhan pemuda se-Kecamatan Grogol mengikuti pelatihan dan pengukuhan Pemuda Siaga Sehat (Dasiat) di Pendopo Kecamatan Grogol, Senin (29/10/2012). Sukoharjo adalah satu-satunya kabupaten di Indonesia yang menerapkan program Dasiat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Camat Grogol, Agustinus Setiyono, 47, ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Senin, mengatakan kegiatan Pemberdayaan Dasiat adalah program yang terwujud berkat kerja sama antara Puskesmas Grogol dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo. Sebagai pembina Dasiat Kecamatan Grogol, ia berharap muncul para pemuda yang peduli pada lingkungan dan mampu menangani masalah-masalah kesehatan yang ada di sekitar mereka.

“Setelah mendapatkan materi hari ini, saya harap peserta minimal bisa menyebarkan ke keluarga masing-masing,” kata dia.

Panitia acara dari Promkes (Promosi Kesehatan) Puskesmas Grogol, Henny Puspitosari, ditemui Espos di sela-sela acara, mengungkapkan program Dasiat adalah tindak lanjut himbauan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam upaya mewujudkan Desa Siaga. Ia menyatakan, program Dasiat hanya ada di Sukoharjo saja.

“Kalau program Desa Siaga itu program nasional. Semua daerah di Indonesia ada. Tetapi untuk Pemberdayaan Dasiat, itu hanya di sini saja. Karena ini adalah program pemberdayaan, jadi dana dihimpun sendiri. Namun, besok dari pemerintah kabupaten juga akan memberi stimulan agar program ini bisa berkembang,” kata dia.

Dalam acara tersebut, para peserta mendapat materi berupa penjabaran Desa Siaga dan Dasiat. Peserta juga dikukuhkan secara simbolis sebagai pengurus Dasiat Kecamatan Grogol oleh Camat Grogol. Selain itu, peserta diminta merancang tindak lanjut kegiatan tersebut di tingkat desa.

Panitia lain, Yusnanda Arintowati, menambahkan akan ada pertemuan rutin bagi para peserta Pemberdayaan Dasiat siang itu. Pengukuhan di tingkat kabupaten, kata dia, akan dilaksanakan November 2012 besok. “Masing-masing desa kami undang enam orang perwakilannya. Tetapi tidak semua bisa hadir hari ini. Untuk pelantikan Dasiat tingkat kabupaten, nanti tidak semuanya diundang, hanya perwakilan saja,” ujar Yusnanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya