SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, KULONPROGO-Daerah aliran sungai (DAS) di Kulonprogo kritis. Penyebabnya, penurunan tingkat vegetasi di areal tersebut serta sedimentasi sungai. Tercatat terdapat tiga DAS yang berada di wilayah Kulonprogo, antara lain, DAS Serang, DAS Bogowonto, dan DAS Progo.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kulonprogo, Suharjoko, menuturkan, DAS Serang, sebagai satu-satunya sungai yang mengalir di Kulonprogo juga tergolong kritis, sementara dua DAS lainnya juga melewati beberapa kabupaten. Hal tersebut disebabkan kerusakan lingkungan di sekitar sungai yang tidak sesuai dengan peruntukkannya. “Misal sempadan sungai yang seharusnya jadi kawasan vegetasi kini berubah menjadi pemukiman,” ujarnya, Senin (10/2/2014).

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Diuraikannya, DAS yang kritis dapat menyebabkan berbagai bencana, seperti longsor dan banjir karena tidak ada vegetasi yang menahan luapan air, terutama saat musim penghujan. Indikator DAS kritis, kata dia, tampak dari warna sungai yang cenderung berwarna keruh karena banyaknya sedimen yang hanyut dari bagian hulu.
(Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya