SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

KULONPROGO—Bupati Kulonprogo diharapkan segera menerbitkan surat pernyataan darurat kekeringan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo sebelumnya sudah mengajukan permohonan penerbitan surat pernyataan tersebut kepada Bupati.

Ekspedisi Mudik 2024

Jika diterbitkan, ada beberapa konsekuensi yakni harus dipenuhi Pemkab Kulonprogo yakni penyaluran dana tidak terduga dari APBD untuk dropping air dan pengadaan perlengkapan. Selain itu, setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan para pemangku kepentingan seperti perusahaan di Kulonprogo juga wajib bersiaga untuk membantu penyaluran air bagi warga.

Kepala BPBD Kulonprogo, Untung Waluyo mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengajukan permintaan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk pengadaan berbagai peralatan seperti tandon penampungan air, dan terpal karena sebagian besar masyarakat yang mengajukan permohonan tidak memiliki tempat penampungan. Saat ini terdapat enam unit mobil tangki yang dimiliki PDAM serta satu tangki milik BPBD.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya