SOLOPOS.COM - Penerapan pembatasan fisik di SPBU Laweyan, Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Masyarakat wajib mengetahui cara aman beli BBM di SPBU selama masa darurat pandemi corona. Guna mencegah penularan virus corona, Pertamina menerapkan peraturan baru bagi warga yang hendak membeli BBM di SPBU.

PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR)IV wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menerapkan physical distancing atau pembatasan fisik. Warga juga disarankan melakukan pembayaran nontunai saat bertransaksi di SPBU.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian, dalam keterangan persnya, Senin (30/3/2020), mengatakan, menjaga kepercayaan konsumen akan keamanan dan kenyamanan di SPBU sangatlah penting.

Tenang! Masyarakat Jateng Bakal Dapat Bantuan Selama Darurat Corona

Ekspedisi Mudik 2024

“Pembatasan sosial dan fisik harus diterapkan untuk mencegah penyebaran virus corona ini. Tidak terkecuali di SPBU, kami menerapkan jaga jarak fisik antar-konsumen. Dan antara konsumen dengan operator sebagai langkah antisipasi mencegah penyebaran virus tersebut,” ujarnya.

Iin Febrian menjelaskan contoh pembatasan fisik yang diterapkan di SPBU adalah pembatasan jarak 1-2 meter menggunakan safety cone atau tanda silang berwarna hitam. Tanda ini dipakai untuk menentukan posisi konsumen dan operator.

Menurutnya, di beberapa lokasi SPBU sudah diterapkan aturan tersebut. Jaga jarak menjadi salaah satu cara aman beli BBM yang bisa dilakukan selama masa darurat pandemi corona.

Ini Wujud APD Jas Hujan Karya FK UNS Solo

Dengan begini, konsumen tidak perlu khawatir. Namun konsumen tetap harus patuh menjaga jarak sosial serta fisik di SPBU saat mengisi BBM.

Cara Aman Beli BBM Saat Corona

Cara aman kedua beli BBM di SPBU saat corona adalah melakukan transaksi non-tunai. “Upaya pencegahan lainnya adalah pembayaran pembelian BBM nontunai yang beberapa waktu lalu telah kami imbau,” imbuhnya.

Menurut Iin Febrian, saat ini Pertamina telah menerima pembayaran nontunai dengan berbagai platform. Salah satunya melalui aplikasi Mypertamina yang terhubung dengan dompet elektronik Linkaja.

Hoaks Corona Bermunculan, Penyebar Bisa Didenda Rp1 Miliar

Pertamina berusaha untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pada pelanggan agar terhindar dari penyebaran virus corona atau Covid-19. Dalam hal ini, terutama yang berasal dari benda yang sering tersentuh banyak orang, yakni uang kertas dan logam.

Selain itu, demi keamanan dan kenyamanan konsumen, saat ini operator di seluruh fasilitas Pertamina juga telah dibekali dengan alat pelindung diri (APD).

Kena Gejala Corona, Pasien Kritis di Bantul Ditolak 23 RS Rujukan

Operator wajib memakai sarung tangan, masker, dan hand sanitizer. Ini merupakan salah satu langkah pertamina menjaga kenyamanan pelanggan.

“Hal ini sebagai bentuk kewaspadaan kami terhadap penyebaran virus tersebut sekaligus menjaga keamanan dan kenyamanan baik untuk operator maupun para konsumen”, jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya