SOLOPOS.COM - Ilustrasi: Petugas Dishubkominfo Kota Solo berjaga di tenda Rest Area. (Dokumentasi/JIBI/Solopos)

Berbagai fasilitas penunjang tersedia di rest area di Solo.

Solopos.com, SOLO—Dinas Perhubungan (Dishub) Solo melengkapi rest area bagi pemudik Lebaran 2017 dengan fasilitas mandi cuci kakus (MCK). Koordinator Masa Angkutan Lebaran 2017 Dishub Solo, Moch. Usman, mempersilakan para pemudik yang tengah melintas di jalanan Kota Solo memanfaatkan layanan rest area yang disediakan Dishub Solo di enam lokasi.

Promosi Gelar Festival Ramadan, PT Pegadaian Kanwil Jawa Barat Siapkan Panggung Emas

Keenam lokasi itu adalah Jl. Adisucipto (depan Kampus Universitas Sahid Solo), Jl. Slamet Riyadi (taman kota Kerten), Jl. Bhayangkara (depan rumah Danarhadi), Jl. Ir. Sutami (Jurug), Jl. Piere Tendean (simpang Joglo), dan Terminal Tipe A. Tirtonadi.

Dia menyarankan para pemudik beristirahat di fasilitas rest area di Solo. Beberapa fasilitas yang bakal tersedia di rest area antara lain tempat tidur, televisi, wifi, tempat parkir, makanan ringan, obat-obatan, dan media informasi jalur mudik. Rest area juga dilengkapi dengan fasilitas MCK dan musala.

“Kami mendirikan rest area di jalur pemudik yang merupakan akses utama menuju Kota Solo. Kami melihat pada tahun-tahun sebelumnya, di lokasi yang kini dipilih untuk didirikan rest area tersebut merupakan titik lelah pengemudi yang tengah menempuh perjalanan mudik,” kata Usman saat ditemui Solopos.com di sela-sela melakukan ramp check armada bus Mulyo Indah, Kelurahan Banyuanyar, Banjarsari, Kamis (15/6/2017).

Pantauan Solopos.com, Kamis siang, petugas Dishub Solo mulai mendirikan fasilitas rest area. Mereka memilih Jl. Adisucipto, depan Kampus Universitas Sahid Solo sebagai lokasi pertama pendirian tenda rest area. Setelah itu, petugas melanjutkan kegiatan mendirikan rest area di Kadipiro, Terminal Tipe A Tirtonadi, taman kota Kerten, Jurug dan, Jl. Bhayangkara. Dishub menargetkan rest area sudah siap dimanfaatkan pemudik mulai Sabtu (17/6/2017) atau H-8 Lebaran.

Usman meminta pemudik tidak perlu ragu untuk memilih beristirahat di rest area yang disediakan Dishub Solo. Rest area bakal dibuka 24 jam penuh dengan dilengkapi fasilitas penunjang yang bisa memanjakan para pemudik saat istirahat.

“Kami pastikan akan tersedia fasilitas MCK di setiap rest area. Kami juga menentukan lokasi rest area berdasarkan faktor ketersediaan fasilitas MCK. Kami bakal memanfaatkan sarana MCK yang tersedia di bangunan sekitar rest area. Kami sudah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. Sedangkan beberapa lokasi rest area yang tidak terjangkau MCK, akan disediakan toilet portabel oleh Dinas Lingkungan Hidup,” terang Usman.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, menyampaikan rest area bakal dipasang hingga Minggu (2/7) atau H+7 Lebaran. Bukan saja pemudik yang menggunakan sepeda motor yang bisa memanfaatkan rest area, melainkan juga pemudik yang menggunakan mobil. Dia mengatakan rest area bukan saja dijaga petugas Dishub, melainkan juga petugas kesehatan yang dikerahkan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo untuk memberikan layanan khusus kepada pemudik.

Sebelumnya, Kapolresta Solo, AKBP Ribut Hari Wibowo, mengatakan Polresta Solo pada Lebaran tahun ini mendirikan empat pos pengamanan (pospam) yakni di Faroka, Mojosongo, Palang Joglo, dan Banyuanyar. Selain itu, Polresta Solo juga mendirikan satu pos pelayanan (posyan) di Gladak Jl. Slamet Riyadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya