SOLOPOS.COM - Jamaah calon haji kloter pertama turun dari bus saat tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (3/6/2022).(Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, SOLO — Dua kloter pertama jemaah calon haji atau calhaj yang akan berangkat melalui Embarkasi Solo sudah berdatangan di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat (3/6/2022). Mereka berasal dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Dalam pengamatan Solopos.com, kloter pertama tiba sekitar pukul 07.30 WIB, lebih cepat setengah jam dari jadwal. Sedangkan kloter kedua tiba pukul 09.45 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dua kloter tersebut berasal dari Kabupaten Pati dengan total 352 orang calhaj pada kloter 1 dan 334 orang calhaj pada kloter 2. Kedua kloter disambut di Gedung Jeddah guna mendapatkan pengarahan dari Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) maupun Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH).

Kemudian para calhaj kloter pertama itu diarahkan untuk menunjukkan bukti hasil tes swab PCR serta pemeriksaan berkas sebelum masuk ke Asrama Haji Donohudan. Nantinya dua kloter ini akan dilepas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dari Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali.

Selain Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, jemaah calhaj akan dilepas oleh anggota Komisi VIII DPR RI. Seperti diberitakan, sebanyak 15.305 calhaj akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo pada tahun ini.

Baca Juga: Fasilitasi Calhaj, RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Tetap Buka

Perinciannya, kuota dari Jawa Tengah sebanyak 13.776 calhaj, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 1.427 calhaj dan sisanya sebanyak 172 orang merupakan petugas kloter jamaah haji. Dengan 39 kloter dari Jawa Tengah dan empat kloter dari DIY. Kloter pertama calhaj akan berangkat dari Asrama Haji Donohudan, Jumat malam.

Satgas PPIH Embarkarsi Solo, Sarip Sahrul Syamsudin, kepada para wartawan, Kamis (2/6/2022), jumlah tersebut adalah para calhaj yang memenuhi regulasi dari Arab Saudi.

“Normalnya ada 27.000 calhaj yang berangkat pada 2022, tetapi yang memenuhi syarat dan melunasi biaya ada 17.000 calhaj, ditambah ada regulasi usia maksimal jamaah adalah 65 tahun, maka ada 15.305 jamaah yang akan berangkat tahun ini,” ucapnya.

Baca Juga: 15.477 Calhaj akan Berangkat dari Embarkasi Haji Donohudan Boyolali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya