Dari Mengapa ke Mengapa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu 10 Juli 2021. Esai ini karya Marhamah Aljufri, pembelajar menulis esai yang tinggal di Pasuruan, Jawa Timur, dan aktif di komunitas Mbokmbokan Malem Minggu.

Dari Mengapa ke Mengapa

SOLOPOS.COM - Marhamah Aljufri (Istimewa/Dokumen pribadi)

Solopos.com, SOLO — Esai yang membedah pertanyaan “mengapa” karya Ayu Primadini yang terbit di Harian Solopos edisi beberapa hari lalu sangat menarik. Saya teringat keponakan saya yang bertambah umur. Saya memberi dia hadiah buku. Buku bergenre komik pengetahuan.

Buku saya berikan bersama doa semoga keponakan saya itu panjang umur dan tumbuh menjadi manusia mulia. Tidak ada kue berlilin yang harus ditiup. Anak berulang tahun menerima pelukan dan hadiah membuat mulutnya ternganga. Buku komik pengetahuan dia nikmati sebagai “kue”.

Ia duduk tenang membaca buku, dari awal sampai akhir. Komik sains berseri, judulnya banyak sekali. Sampul depannya terpampang tulisan Why? Diulis berukuran besar. Kata why diucapkan dengan wajah bertanya. Anak yang membaca diajak bertanya,

Kalau ingin mengerti ilmu pengetahuan, mulailah dengan bertanya why terhadap segala hal yang ada di sekitar kita. Ilmu pengetahuan berangkat dari sekecil apa pun bentuk rasa ingin tahu. Kata tanya yang dipilih berbahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia.

Seri buku yang menarik antara lain Bumi, Binatang, Sains Masa Depan, Sains Sulap, Fisika, Robot, Gandhi, Steve Jobs, dan lain-lain. Rak di dekat pintu samping menjadi tempat khusus majalah dan komik sains. Dibuat berjarak dengan rak tempat menyimpan novel dan buku-buku lain yang berada di ruang tengah.

Ibu tidak perlu mengomel melihat anak-anak gandrung buku yang banyak gambarnya, alih-alih baca novel. Anak bertanya kenapa buku Why dipindah? Suara protes anak-anak yang telanjur suka membaca buku Why?

Sang ibu memberi penjelasan agar anak perlu juga membaca buku lain selain Why? Buku dipindah di rak berbeda. Komik boleh dibaca tapi jarang-jarang saja. Kita yang kini dewasa teringat pertanyaan ujian ketika dulu bersekolah. Murid-murid diuji dengan soal pilihan ganda dan beberapa pertanyaan “mengapa”. Jawaban atas soal dengan pertanyaan ”mengapa” butuh menjelaskan agar mendapat porsi nilai lebih besar daripada jawaban soal pilihan ganda.

Kita diminta menjawab ”mengapa begini” atau ”mengapa begitu”. Kemampuan mengikuti, menyimak, dan memahami mata pelajaran sekolah terlihat dari penjelasan. Anak sekolah bersungut-sungut tak mampu menjelaskan secara runut. Mengeluh tangan pegal menulis jawaban lebih panjang untuk memerinci maksud memahami pelajaran.

Dalam hati para murid mengecam guru yang memberi nilai dengan kejam karena jawaban tidak sama persis dengan tulisan guru di papan tulis saat pelajaran di kelas. Pertanyaan “mengapa” menelisik hingga ingatan terdalam tentang pelajaran. Usaha murid mengungkit kenangan belajar terasa percuma. Jawaban terperam jauh entah di mana. Murid resah terancam nilai rendah.

Keresahan tentang pertanyaan ”mengapa” tak akan pernah berakhir dialami ibu-ibu. Dunia ibu terlalu banyak ”mengapa”. Pertanyaan ”mengapa” selalu menjangkiti dunia ibu, di kota maupun di desa. Ibu menggendong bayi di bawah barongan ditanya mengapa membawa bayi ke tempat singup?

Jalan bersama anak pergi belanja ditelisik mengapa anak tak sekolah? Ibu bekerja kantoran diaadang pertanyaan mengapa tak di rumah saja? Ibu di rumah dituntut dengan pernyataan mengapa lulus sarjana tak memilih bekerja? Mengapa, mengapa, dan mengapa membikin ibu-ibu pusing, muring-muring, menjauh dari teman dan tetangga.

Kita membaca istilah pergaulan toxic karena terlalu banyak “mengapa” yang perlu dijauhi ibu-ibu agar tetap sehat jiwa dan raga. Nada tanya tercium tak sekadar ingin jawaban, ingin tahu, atau sekadarnya. Aroma-aroma menghakimi dari kata tanya selalu membuat tidak nyaman. Ibu-ibu perlu nyaman agar keluarga tenang.

Lirik Lagu

Slogan sesama perempuan harus saling menguatkan terucap di kalangan penyanyi perempuan. Penyanyi itu berteman sesama penyanyi. Penyanyi-penyanyi perempuan melantunkan pertanyaan “mengapa” di dalam lagu mereka. Pada masa 1990-an, Nicky Astrea bertanya dalam rasa sakit, kecewa, hancur, dan hina.

Kita yang memiliki masa itu mengingat: Mengapa kau pergi?/ Mengapa kau kecewakan?/ Mengapa kau hancuri?/ Mengapa kau menghinakan?/ Mengapa kau sakiti?/ Mengapa kau melukakan?/ Mengapa kau memberi?/ Mengapa kau melupakan?/ Mengapa kau akhiri?/ Mengapa kau memulakan?/ Dengan getaran jiwa/ Kukemukakan pertanyaan.

Kekecewaan sangat dalam membuat jiwa Nicky bergetar. Emosinya menyuruh bertanya-tanya dalam lagu berlirik ”mengapa-mengapa-mengapa”. Pendengar lagu tidak tahu kepada siapa pertanyaan tertuju. Menikmati lagu lalu meniru sambil memejamkan mata tidak perlu bingung mau menjawab liriknya.

Orang yang membuat Nicky kecewa dan sakit terduga akan kelabakan menjawab banyak pertanyaan. Mungkin akan pegal kalau jawaban harus ditulis tangan. Yon Koeswoyo juga bertanya dalam lagu. Koes Plus menyanyi lagu sedang sedih ditinggal sendiri.

Why do you love me/ So sweet and tenderly/ I’ll do everything/ To make you happy/ The time has come/ That we must be a part/ The memory is still in my mind/ But you have gone/ And you leave alone. Sendiri dan sepi dinyanyika Yon yang kemudian disetel di kendaraan umum.

Orang dalam kendaraan diayun-ayun pertanyaan dan tak terasa nyaris tidur. Lagu terlalu asyik disenangi sopir gemar lagu nostalgia. Entah, nostalgia bersama siapa. Mengingat lirik-lirik lagu yang bertanya membuat ingatan berlari pada Iis Dahlia dengan lagu Mengapa.

Irama yang mengajak bergoyang sambil bertanya: Mengapa kumemujanya/ mengapa kumengenalnya/ akhirya kujatuh cinta/ dan dia pun membalasnya. Juga dalam lirik lagu Mengapa Kau Pergi dari Dadali: Mengapa kau pergi, mengapa kau pergi/ Di saat aku mulai mencintaimu/ Berharap engkau jadi kekasih hatiku/ Malah kau pergi dari hidupku.

Lagu-lagu menyampaikan rasa ingin tahu, bertanya ”mengapa”. Pendengar yang jeli memaknai lirik lagu dan merasakan kata-kata retoris. Terasa tragis. Pertanyaan dalam lagu tidak mudah dijawab. Penikmat lagu tidak ikut bingung. Hukum ora mesthi, tidak selalu, mengena pada pertanyaan. Jawaban tidak selalu tersedia setelah pertanyaan. Jawaban butuh waktu dan sabar.

Terlacak penyanyi memang sering bertanya di mana-mana. Di India, lagu sering dibawakan di film-film. Dinilai menjadi kekuatan, lagu tak pernah ditinggalkan di film. Shah Rukh Khan bernyanyi dan bertanya di fim Kabhi Khushi Kabhie Gham yang disutradarai Karan Johar: Surraj hua maddham, chaand jalne laga/ Aasmaan Yee Haai, kyoon pighalne laga.

Terjemahan dalam bahasa Indonesia: Matahari berganti senja, rembulan mulai bersinar/ Mengapa langit ini tampak mencair? Latar langit berwarna jingga dengan bayang-bayang matahari hendak pergi. Ketika warna mulai berganti kuning menjadikan lagu akur dengan pertanyaan.

Menonton film sambil ingin mengamati dan bertemu kata kyoon yang membuat pemain film terdiam. Kata “mengapa” membutuhkan jeda. Waktu tertunda. Kyoon memperlambat tempo dan mengajak penonton bertanya-tanya. Tokoh di film terlihat sering diam atau memalingkan wajah dari pertanyaan. ”Mengapa” tak selalu harus disertai jawaban, apalagi penjelasan.

Pertanyaan terselip di pelbagai urusan hidup. Ada di keluarga, sekolah, grup ibu-ibu, kampus, lagu, dan film. Pertanyaan berbuntut keruwetan, sanggahan pedas ibu untuk tukang nyinyir, dan ekspresi berlagu sendu. Pertanyaan kyoon didiamkan dan yang ditanya mlengos.

Tafsir pertanyaan perlu dipikir ketika saya menemukan kutipan di Koran Solo edisi 30 Juli 2021. Koran itu memberitakan Megawati Soekarnoputri berkata kaum perempuan banyak yang merasa tabu dengan politik. Menurut Megawati, kalau berbicara harga cabai, itu berpolitik. Politik itu sebetulnya, gampangnya, pertanyaan why.

Why begini why begitu, that is politic. Gampang saja, tidak usah pakai ilmu-ilmu dulu, itu bahasa rakyat. Megawati mengatakan itu dalam diskusi milenial bertema Indonesia Muda Membaca Bung Karno yang diselenggarakan Megawati Institute.

Akhirnya, kita bertemu “mengapa” yang diucapkan perempuan berpolitik. “Mengapa” yang kadang-kadang tidak menarik sebab kita masih ingin mendengar lagu-lagu yang bertanya sekalian menghapus kenangan buruk pertanyaan saat sekolah. Kita biarkan saja Megawati yang ingin mengajak perempuan mengerti why 

Berita Terkait

Berita Terkini

Asisten III Setda Sukoharjo Yang Meninggal Positif Corona Ternyata Bakal Pensiun 2 Bulan Lagi

Asisten III Setda Sukoharjo Eko Adji Ariyanto yang meninggal dunia positif corona pada Rabu ternyata bakal pensiun dua bulan lagi

Berdalih Untuk Stamina, Pengguna Sabu-Sabu Di Grobogan Dikukut Polisi

Satuan Reserse Narkoba Polres Grobogan menangkap dua pengguna sabu-sabu, salah satunya mengaku menggunakan sabu untuk stamina saat kerja.

Angkat Besi Kembali Buka Peluang Indonesia Raih Medali Olimpiade Tokyo 2020

Rahmat membukukan total angkatan 342kg, dengan perincian snatch 152kg dan clean and jerk 190kg.

Sapu Bersih! Anthony Ginting Juarai Grup J Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Anthony Ginting memastikan lolos ke fase gugur Olimpiade Tokyo 2020 dengan menyapu bersih kemenangan.

Mulai Malam Ini Jalur Bawah Flyover Palur Karanganyar Ditutup 24 Jam

Jalur bawah flyover Palur, Karanganyar, ditutup 24 jam mulai Rabu (28/7/2021) pukul 21.00 WIB untuk mendukung PPKM level 4.

Tradisi Selasa Wage, Hari Bebas Berjalan Kaki di Kawasan Malioboro

Momen Selasa Wage ini berlangsung setiap 35 hari sekali. Setiap momen itu, Jalan Malioboro disulap menjadi kawasan bebas bermotor.

Nongkrong Sambil Minum Jamu Di Kafe Jamu Nguter Sukoharjo

Kafe Jamu di Kecamatan Nguter, Sukoharjo, menyajikan minuman tradisional jamu yang dikemas dengan rasa dan nama yang unik.

Waduh, 722 Pelaku Usaha di Sukoharjo Langgar Prokes Covid-19 Selama PPKM Darurat

Sedikitnya 722 pelaku usaha di Kabupaten Sukoharjo melanggar prokes selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga saat ini.

PLN Bantu Oksigen, Rumah Sakit: Sangat Berarti Bagi Pemulihan Pasien

PLN kembali memberikan bantuan oksigen kepada lima rumah sakit penanganan Covid-19 yang berada di Jawa Tengan dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebut Presiden Jokowi, Baliho Promosi Restoran Ini Bikin Geger

Sebuah baliho promosi yang terbentang di depan restoran membuat geger para netizen di media sosial lantaran menyebut Presiden Jokowi.

Siswa SD-SMA di Kulonprogo Dapat Bantuan Langsung Tunai Lur, Mulai Rp950.000-Rp2 Juta

Pelajar SD hingga SMA dari keluarga tidak mampu di Kulonprogo mendapat bantuan langsung tunai dengan nilai bervariasi.

Toko Tutup Selama PPKM Darurat, Matahari Andalkan Penjualan Online

Matahari Department Store (MDS) mengandalkan penjualan online selama tutup pada masa PPKM Darurat sejak 3 Juli 2021.

Reaksi Napi Rutan Salatiga saat Disuntik Vaksin, Ada yang Gemetar

141 Warga binaan alias narapidana Rutan Salatiga menjalani vaksinasi Covid-19.

Kapolresta dan Dandim Solo Pimpin Evakuasi 64 Pasien Corona ke Lokasi Isolasi Terpusat

Kapolresta dan Dandim Solo memimpin langsung proses evakuasi pasien positif corona yang menjalani isoman ke tempat isolasi terpusat

Keren! Siswa Asal Gentan Sukoharjo Raih Medali Perak Olimpiade Internasional

Seorang siswa asal Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Farrel Alfaza Marsetyo meraih medali perak dalam International Biology Olympiad (IBO) 2021.

Angka Kematian Akibat Corona Cukup Tinggi, Ketua Satgas Covid-19: Soloraya Butuh Perhatian Khusus

Letjen Ganip Warsito mengatakan Jawa Tengah, Soloraya, serta Jogja butuh perhatian khusus menyusul angka kematian akibat Covid-19 masih cukup tinggi.

Cetak Rekor Lagi! Satu Hari, Ada 40 Pemakaman Prokes Covid-19 di Wonogiri

Meski PPKM telah diterapkan selama beberapa pekan, jumlah pemakaman dengan prokes di Wonogiri kembali menembus rekor selama pandemi Covid-19.

Ngebut Saat Belok, Truk Pengangkut Kaca Terguling Timpa Mobil Boks Pembawa Obat-Obatan

Karena terlalu kencang berbelok, truk pengangkut kaca terbalik dan menimpa mobil boks pengangkut obat-obatan di Madiun.

Jumlah Kendaraan Masuk Solo Turun Selama PPKM, Segini Angkanya

Volume kendaraan masuk Solo selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Level IV menurun.

Laporan Terbaru! Total 1.966 Orang Klaten Meninggal Dunia Karena Covid-19

Kasus meninggal dunia karena Covid-19 di Klaten mencapai 1.966 orang hingga Selasa (27/7/2021). Di sisi lain, kasus sembuh menyentuh angka 28.000 orang.

Pemuda Asal Lombok Tengah ini Nikahi 2 Wanita Sekaligus, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Geleng-Geleng Kepala

Kabar seorang pemuda asal Lombok Tengah, NTB, menikahi dua wanita sekaligus viral di media sosial. Menikahi lebih dari satu wanita hal yang lumrah di NTB.

Berdayakan Petani Lokal, Bawang Goreng Mang Sopar Sukoharjo Tembus Luar Negeri

Setelah melalui trial and error selama setahun, produk Bawang Goreng Mang Sopar racikan warga Sukoharjo baru bisa diterima pasar.

Kabar Baik! Vaksinasi di Wonogiri Mulai Sasar Pekerja Pabrik

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri mulai menyasar ke karyawan pabrik. Meski begitu, prokes tak boleh kendur.

Jaksa KPK Tuntut Juliari P Batubara 11 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta

Mantan Mensos Juliari P Batubara dituntut hukuman penjara 11 tahun oleh JPU dari KPK terkait kasus korupsi bansos.

Belanja Tak Terduga untuk Covid, dari Rp15 Miliar Jadi Rp25 Miliar

Belanja Tidak Terduga untuk penanganan Covid-19 di Klaten bertambah menjadi Rp25 miliar. Pemkab juga menyiapkan anggaran hingga Rp40 miliar.

Mbah Fanani, Sosok Pertapa Unik Dari Tanah Dieng

Mbah Fanani ini dikenal sebagai seorang pertapa dan dirinya sudah bertapa di Jalan Raya Dieng, Desa Dieng Kulon selama 19 tahun.

Banyak Diserbu, Apotek di Kulonprogo Kehabisan Stok Multivitamin

Terjadi kenaikan permintaan akan multivitamin di sejulah apotek di Kulonprogo yang menyebabkan kelangkaan stok dan harganya naik.

Berkendara Tanpa Helm, 2 Satpam Stasiun Balapan Solo Dihukum Push Up dan Tilang

Polresta Solo mengimbau kepada seluruh personel Satpam yang mendapat kehormatan memakai seragam agar selalu menjaga marwah seragam, nilai luhur, dan kehormatan.

Airlangga: Vaksinasi dan Kedisiplinan Prokes, Langkah Krusial Keluar dari Pandemi

Pemerintah terus berupaya mendatangkan vaksin melalui seluruh jalur yang ada guna memastikan ketersediaan stok vaksin untuk mencapai target sasaran.

Pemkab Bantul Data Anak yang Menjadi Yatim Akibat Covid-19

Pemkab Bantul akan mendata anak yang menjadi yatim piatu karena covid-19 atau kehilangan tulang punggung untuk penyaluran bantuan.

Warga Binaan Rutan Boyolali Senang Dapat Suntikan Vaksin Covid-19

Total ada 198 warga binaan Rutan Boyolali yang semuanya terdata sebagai sasaran vaksinasi corona.

Innalillahi, Asisten III Pemkab Sukoharjo Meninggal Karena Covid-19

Eko Adji terakhir bekerja mengikuti Rapat Vidcon dengan Kemenko Marives tentang penanganan Covid-19 pada 14 Juli lalu.

Potret Selvi Ananda Ini Dibilang Mirip Artis Korea, Setuju Lur?

Potret istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda di Instagram dibilang mirip artis dari Korea Selatan. Kira-kira mirip siapa sih?

Menko Airlangga Dorong Modernisasi Koperasi agar Adaptif dan Berdaya Saing

Pemerintah telah memberikan stimulus kepada koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

HUT Ke-217 Klaten, Pendapa Pemkab Banjir Karangan Bunga

Karangan bunga ucapan selamat atas HUT Klaten itu dikirim oleh berbagai kalangan dan kemudian dipajang di dekat pendapa Pemkab Klaten.

Ikatan Cinta 28 Juli 2021: Tiba-tiba Polisi Datangi Rumah Nino, Elsa Diangkut?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Rabu, 28 Juli 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Stok Vaksin Menipis, Pemkot Semarang Kurangi Pelayanan Vaksinasi Covid-19

Pemkot Semarang mulai menghadapi kendala menipisnya stok vaksin di tengah upaya percepatan vaksinasi Covid-19.

#Cari_Aman, Kompetisi Safety Riding untuk Pelajar di Jateng Dimulai

Walaupun pandemi masih berjalan, Edukasi Safety Riding Online melalui video budaya industri keselamatan jalan dan berkendara tanpa gadget.

Doa Agar Lulus CPNS 2021 dan Amalannya yang Dibaca 1.000 Kali

Berikut ini terdapat beberapa doa atau amalan yang bisa kamu baca agar lulus CPNS maupun P3K 2021. Salah satu doanya dari Ustaz Yusuf Mansur.

Anggaran Penanganan Covid-19 Klaten Ditambah Jadi Rp25 Miliar, untuk Apa Saja?

Anggaran untuk penanganan Covid-19 di Klaten cukup banyak, dulu ada Rp15 miliar lalu ditambah lagi Rp10 miliar menjadi Rp25 miliar.

Aturan Baru, Penumpang KA Aglomerasi Tak Perlu Bawa Hasil Tes Covid-19 dan Surat Vaksin

Menhub mengeluarkan aturan baru soal syarat penumpang kereta Api yang kini lebih dilonggarkan.

Dua Naga Corps Sukoharjo Tak Kenal Lelah Berbagi di Tengah Pandemi

Dua Naga Corps berkontribusi nyata dalam pengendalian pandemi Covid-19 di wilayah Kecamatan Gatak, Sukoharjo.

Komunitas Ini Layani Isi Ulang Oksigen Wilayah Soloraya Bayar Sukarela

Layanan isi ulang tabung oksigen bagian dari gerakan warga bantu warga ditujukan bagi pasien positif Covid-19 yang mengalami sesak napas.

Pemprov Jateng Percepat Vaksinasi Covid-19, Pekan Ini Tersedia 770.000 Dosis Vaksin

Untuk pekan ini Pemprov Jateng sudah menerima 270.000 dosis vaksin jenis Astrazeneca dan 500.000 dosis vaksin jenis Sinovac.

Ingatkan Pegawai Jangan Mencuri, Ketua MUI Labuhanbatu Utara Malah Dibacok Hingga Tewas

Ketua MUI Labura, Sumatra Utara, jadi korban pembunuhan pegawainya sendiri karena sakit hati.

Ini Tantangan Pemerintah dalam Vaksinasi Covid-19 Saat PPKM Level 4

Dokter Reisa Broto Asmoro mengungkap tantangan terbesar pemerintah dalam melakukan vaksinasi Covid-19 di masa PPKM Level 4.

Waspada, Varian Delta Plus Ditemukan di Dua Daerah Ini, Begini Gejalanya

Covid-19 varian delta plus terdeteksi di dua daerah di Indonesia. Gejalanya tak jauh berbeda dengan Covid-19 varian delta.

Penyanyi Keroncong Asal Solo Endah Laras Jadi Maskot SIPA 2021

Penunjukan Endah Laras sebagai maskot merupakan hasil pilihan penonton setia SIPA melalui polling, yang juga selaras dengan panitia.

Ini Kriteria Rumah yang Aman Untuk Isoman

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuh pada sebuah rumah agar aman dipakai isolasi mandiri pasien Covid-19.

Vaksinasi Desa di Kabupaten Magelang Digelar di Kolam Renang

Dipilihnya kolam renang sebagai lokasi vaksinasi karena jika diadakan di tempat layanan kesehatan seakan memberikan suasana yang menakutkan bagi para warga.

Praveen/Melati Tumbang, Indonesia Tanpa Medali Ganda Campuran Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Praveen/Melati tercatat sudah menelan delapan kekalahan dari 10 pertemuan dengan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Lirik Lagu Mendung Tanpo Udan - Denny Caknan feat Ndarboy Genk

Berikut ini lirik lagu Mendung Tanpo Udan dinyanyikan Denny Caknan feat Ndarboy Genk yang baru rilis Selasa (27/7/2021) di Youtube.

Rahasia Sukses Kudus Keluar dari Zona Merah dan Turunkan BOR Hingga 15%: Kolaborasi Semua Pihak

Kudus berhasil keluar dari zona merah persebaran Covid-19 berkat dukungan semua elemen mulai dari pemerintah, swasta hingga masyarakat.

Jadi Yatim Piatu karena Corona, Ghifari Bocah Sukoharjo akan Dibantu Sampai Lulus Sekolah

Kapolres Sukoharjo menyatakan nantinya Ghifari secara fisik akan tinggal bersama budenya namun pihaknya akan berkoordinasi terkait bantuan untuk Ghifari.

Menengok Industri Batik di Kampung Batik Semarang, Lokasinya di Dekat Kota Lama

Kota Semarang memiliki kampung batik di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, dengan pengrajin batik yang mulai tumbuh.

Pasangan Turis Ini Tertangkap Kamera Tak Berhelm Saat Naik Motor

Dalam video tersebut terlihat pasangan turis itu mengendarai kendaraan roda dua atau sepeda motor tanpa memakai helm sebagai standar keamanan saat mengendarai kendaraan roda dua.

Juara Grup, Gregoria Mariska Mulus ke Perempat Final Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Gregoria mengalahkan wakil Belgia, Lianne Tan, dengan skor 21-11, 21-17 dan menjadi juara Grup M.  

Ternyata, Ini Akar Masalah RSUD Caruban Tak Mau Rawat Pasien yang Akhirnya Meninggal dan Viral

Pihak RSUD Caruban mengatakan pasien menolak untuk dites swab antigen meski memiliki gejala Covid-19. Pasien akhirnya meninggal tanpa mendapat perawatan lalu viral.

10 Berita Terpopuler : Keluarga Pasien Covid-19 Bohongi Sopir Ambulans - Ghifari Yatim Piatu Gegara Corona

Ulasan tentang keluarga pasien Covid-19 bohongi pengemudi ambulans hingga bocah Sukoharjo yatim piatu akibat Covid-19 masuk daftar 10 berita terpopuler.

Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 Hari Ini:  Bulu Tangkis dan Angkat Besi

Empat wakil Indonesia akan bertanding pada cabor bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 hari ini.

Solopos Hari Ini: Selamatkan Nyawa Rakyat

Koran Solopos hari ini menyajikan sejumlah informasi mulai rekor kematian akibat Covid-19 sampai kontroversi pembatasan 20 menit makan di warung.

Turun, Simak Harga Emas di Pegadaian Rabu 28 Juli 2021

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian hari ini, Rabu (28/7/2021) untuk cetakan UBS dan Antam turun dibandingkan dengan harga kemarin.

Data 2 Juta Nasabah Diduga Bocor dan Dijual Hingga Ratusan Juta Rupiah, Ini Respons BRI Life

Kasus kebobolan data di Indonesia kembali terjadi. Kali ini data nasabah BRI Life diduga bocor dan dijual secara daring.

Telkomsel Sediakan Paket Data UMKM Go Food, Begini Cara Mengaksesnya

Telkomsel dan Gojek kembali menghadirkan kolaborasi pada layanan unggulan keduanya untuk meningkatkan produktivitas mitra UMKM.

Pernah Jadi Zona Merah Covid-19, Kudus Kini Teladan

Kudus pernah menjadi zona merah Covid-19 yang menarik perhatian nasional, namun kini menjadi teladan penanganan persebaran virus corona.

Korsel & Korut Sepakat Perbaiki Hubungan

Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae-in memutuskan pemulihan hubungan kedua negara.

Ada Kelonggaran di PPKM Kota Semarang

Wali Kota Hendrar Prihadi mengatakan Kota Semarang yang saat ini menjalankan PPKM dengan sedikit kelonggaran pada beberapa aturan pembatasan.

Malaysia Tak Perpanjang Status Darurat Covid-19

Malaysia pada 1 Agustus 2021 tidak akan lagi memperpanjang status darurat nasional yang diterapkan selama berbulan-bulan.

Penerimaan CPNS Pemprov Jateng Diikuti 7.456 Pelamar

Total ada sekitar 7.456 pelamar CPNS Jateng. Sementara untuk lowongan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) diikuti 958 pelamar.

Vietnam Akhirnya Terapkan Jam Malam di Ho Chi Minh

Vietnam untuk kali pertama memberlakukan jam malam kepada lebih dari 10 juta penduduk Kota Ho Chi Minh.

Kepala BNPB Ganip Minta Pasien Covid-19 Isoman di Selter

Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito kembali meninjau kesiapan sejumlah Posko PPKM Darurat dan Selter untuk pasien Covid-19 di Sleman.

Pacitan Jatim Diguncang Gempa Magnitudo 5,2

BMKG menginformasikan gempa bumi dengan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Pacitan, Jatim, Selasa (27/7/2021) pukul 23.21 WIB.

Pandemi, Komunitas Tionghoa Semarang Beri Sembako ke Jurnalis

Komunitas Tionghoa Semarang memberikan bantuan sembako kepada kalangan insan media atau jurnalis yang terdampak pandemi Covid-19.

Drawing 8 Besar Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020: Minions Jumpa Malaysia, The Daddies Lawan Jepang

Laga perempat final akan dihelat di Musasiho Forest Sport Plaza, Tokyo, pada Kamis (29/7).

Kapasitas RS Covid-19 di Jawa Tambah di Akhir Juli 2021

Satgas Pembangunan Rumah Sakit Darurat Covid-19 segera menyelesaikan penambahan kapasitas rumah sakit Covid-19 di empat daerah.

Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020: Jepang Tetap di Puncak, Indonesia Posisi 36

Jepang mengoleksi 10 medali emas dan mempertahankan posisi puncak klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020

Awas! Modus Beri Bansos Pelaku Gendam Beraksi di Gunungkidul

Pelaku gendam dengan modus memberi bantuan sosial (bansos) beraksi di Kabupaten Gunungkidul, DIY, lima orang lansia jadi korban.

Jumlah Pelamar Rekrutmen CPNS Sragen 2021 Jauh Menurun Dibanding 2019

Proses rekrutmen CPNS Sragen saat ini memasuki tahapan verifikasi berkas dari pelamar sebanyak 1.570 orang untuk CPNS dan 3.793 untuk PPPK.

Sumbang Rp2 Triliun untuk Atasi Covid-19, Keluarga Akidi Tio Sebenarnya Tak Ingin Dipublikasikan

Sumbangan Rp2 triliun itu akhirnya dipublikasi agar proses penyalurannya transparan.

Pelaku Perjalanan Dari Luar Soloraya Masuk Sragen Wajib Bawa Kartu Vaksin

Pemkab Sragen mensyaratkan pelaku perjalanan yang masuk kabupaten tersebut harus membawa kartu vaksin dan hasil tes swab PCR atau antigen.

Kapasitas Penumpang saat PPKM Level 1-4 Dibatasi!

Kemenhub mengeluarkan edaran baru yang membatasi kapasitas penumpang saat PPKM Level 1-4 mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Waspada! 4 Zodiak Ini Tega Bikin Pasangan Sakit Hati

Astrologi barat menengarai ada zodiak yang tega membuat seseorang bahkan pasangannya patah hati hingga merasa sakit hari.

Hajatan Dilarang, Penjualan Daging Sapi di Bantul Terjun Bebas

Dilarangnya resepsi pernikahan saat PPKM Level 4 di Bantul berpengaruh di beragam lini ekonomi, salah satunya penjualan daging sapi.

Heboh Keluarga Akidi Tio Sumbang Rp2 Triliun untuk Penanganan Covid-19, Berikut Sederet Faktanya

Dana fantastis tersebut diserahterimakan kepada Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel), Irjen Pol. Eko Indra Heri, pada Senin (26/7) di Ruang Rekonfu Polda Sumsel.

Makan Di Warung Dibatasi 20 Menit, Begini Tanggapan PKL Solo

Sejumlah pedagang kaki lima atau PKL Kota Solo memberikan komentar mereka tentang aturan boleh makan di warung dengan durasi 20 menit.

Jateng Geser Sentra Vaksinasi Covid-19 ke Desa, Ini Penyebabnya

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) terus berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19 karena baru 2,5 juta orang tervaksin.

Ingin Kuota Internet Gratis Kemendikbud? Begini Cara Daftar Ulang Nomor HP Baru

Setiap pelajar dan tenaga pendidik yang menjadi penerima bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud tetap dapat haknya meski mengganti nomor HP.

Viral Pasien Meninggal Seusai Ditolak RSUD Caruban, Ini Penjelasan RS

Perekam video yang viral, menyebutkan jenazah yang dibawa kendaraan roda tiga sebelumnya mereka telah ditolak dari RSUD Caruban Madiun.

17 Ibu Hamil Kena Covid-19 di Bantul Meninggal, Ini Upaya Dinkes

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul bekerja sama dengan UII Jogja untuk penanganan dan perawatan ibu hamil yang terpapar Covid-19.

Kemensos Salurkan Bansos Perpanjangan PPKM Level 4, Cek secara Online di Sini

Masyarakat bisa mengecek secara online bansos tersebut di cekbansos.kemensos.go.id.

AMSI Crisis Center Covid-19 Dan Penanganan Corona Pekerja Media

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) membentuk AMSI Crisis Center Covid-19 dan diluncurkan bersamaan dengan diskusi publik.

Hari Ini Kasus Covid-19 Bertambah 45.203: Jabar Terbanyak, DKI Jakarta Turun Posisi 4

Dari 45.203 kasus hari ini, paling banyak berasal dari Jawa Barat dengan 8.589 kasus.

Sudah Dapat Bantuan, Pasokan Oksigen Ke RS Kota Solo Tetap Kurang

Pasokan oksigen untuk belasan RS rujukan Covid-19 Kota Solo masih kurang meski sudah ada bantuan dari sejumlah pihak beberapa waktu terakhir.

Awasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna Akpol, Ini Pesan Ombudsman Jateng

Ombudsman mengingatkan masyarakat berani menyampaikan pengaduan apabila mendapatkan pelanggaran dalam proses seleksi penerimaaan catar Akpol.

Percepatan Distribusi Bansos di Wonogiri untuk Lindungi Masyarakat Rentan

Pemerintah Kabupaten Wonogiri mendorong percepatan distribusi bantuan sosial demi melindungi golongan masyarakat rentan.

Sejumlah Artis Indonesia Turun Ke Jalan Bawa Poster Tentang 28 Juli 2021, Ada Apa?

Foto aksi para artis dan selebgram yang turun ke jalan dengan membawa poster berisi tuntunan bersuara pada 28 Juli 2021 membuat netizen penasaran.

Kunjungi Solo, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa Beri Bantuan Beras dan Daging

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa kunjungi Rumkitlap di Benteng Vastenburg dan tempat isolasi terpusat pasien corona di Panularan, Solo.

18.936 Keluarga di Salatiga Terima Bansos Beras Medium

Total ada sekitar 189.360 kg beras kelas medium untuk bantuan sosial (bansos) yang diberikan kepada belasan ribu keluarga di Kota Salatiga.

Korban yang Bercerita

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu 21 Juli 2021. Esai ini karya Syifaul Arifin, jurnalis Solopos.