Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

 Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo (pegang bendera start, kanan) dan Sekda Solo, Ahyani (pegang bendera start, kiri) memberangkatkan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. (Solopos.com-Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo (pegang bendera start, kanan) dan Sekda Solo, Ahyani (pegang bendera start, kiri) memberangkatkan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. (Solopos.com-Kurniawan)

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Solopos.com, SOLO — Solopos Media Group (SMG) menggelar program peliputan khusus Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dengan tema Transformasi Digital untuk Pemerataan Ekonomi, selama enam hari, yakni Sabtu-Kamis (4-9/12/2021).

Keberangkatan tim yang terdiri empat personel dilepas oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo, dan Sekda Solo, Ahyani, di halaman Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pukul 07.30 WIB.

Hadir dalam pemberangkatan tim itu Presiden Direktur SMG, Arif Budisusilo; Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati; serta Owner Candi Elektronik, Ardian Ayat Santiko.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, 6 Hari Tim Solopos Jejalahi 5 Kota

Daerah pertama yang menjadi tujuan peliputan yaitu Getasan, Kabupaten Semarang. Setelah itu tim yang dipimpin oleh Ahmad Mufid Aryono akan menuju Semarang, Cirebon dan DKI Jakarta. Sektor riil menjadi sasaran utama tim.

Mereka akan memotret agresivitas sektor-sektor riil penopang pertumbuhan ekonomi beralih ke sistem digital. Seperti sektor perbankan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), otomotif, dan sektor elektronik.

Sektor pendidikan, perdagangan, telekomunikasi, hingga e commerce, tak luput dari sasaran tim ini. Ekspedisi kali ini didukung BNI, Mitsubishi Motor, Universitas Terbuka Surakarta, Artugo, Galeri24, dan Candi Elektronik.

Ada juga Prodia, XL Axiata, dan Gojek. Brand-brand itu mewakili sektor-sektor yang saat ini tengah getol melakukan ekspansi pelayanan digital. Arif Budisusilo mengungkapkan fenomena banyaknya brand yang hadir.

Fenomena tersebut menurut dia bila dipotret dan dikemas dengan baik dapat menjadi lompatan luar biasa untuk Solo. Termasuk fenomena digitalisasi ekonomi yang terbukti menjadi jembatan efektif di masa pandemi ini.

“Pak Wali Kota sering mengatakan ekonomi digital bukan pilihan, tapi keharusan. Saya 1.000 persen setuju. Kita bisa memanfaatkan ekonomi digital untuk sebesar-besar kemajuan dan kemakmuran masyarakat,” ujar dia.

Baca Juga: Transaksi Digital Banking Bisa Capai Rp48.000 Triliun di 2022

Mendasarkan fenomena itu pula SMG menggagas program ekspedisi untuk melihat langsung geliat ekonomi. Dengan program tersebut Solopos ingin menyajikan informasi yang menginspirasi masyarakat Soloraya.

Sedangkan Nugroho Joko Prastowo berharap Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dapat semakin menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat untuk menggunakan beragam fasilitas digital di masa pandemi ini.

Apalagi hampir dua tahun ini kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital. Dia juga berharap ekspedisi yang dilakukan Tim SMG dapat memetakan hambatan yang ada.

“Apa hambatan, kendala dalam pengembangan ekonomi digital di masyarakat. Dari hambatan itu akan menjadi masukan bagi kami, pemda, pusat dan stakeholder lain untuk berupaya melakukan perbaikan,” kata dia.

Baca Juga: Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Joko, panggilan akrabnya mencontohkan keberhasilan sistem digital saat pelaksanaan Solo Great Sale (SGS) 2021. Dari target transaksi Rp800 miliar, nyatanya realisasi transaksi SGS tahun ini bisa sampai Rp1,16 triliun.

Sedangkan Ahyani berharap Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 oleh tim SMG dapat menginspirasi gerakan yang sama di tingkat nasional. Sebab selama ini banyak program atau kebijakan nasional yang diinisiasi Solo.

“Mudah-mudahan ini gerakan nasional untuk ekonomi digital bisa dimulai dari Solo. Dengan adanya pandemi memberikan hikmah. Ujian ini membuat kita menyesuaikan diri, beradaptasi dengan perubahan,” ujar dia.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

8 Keluarga di Klaten Ini Dikepung Sungai dan Jalan Tol Solo-Jogja

Sekitar 14 jiwa di Dukuh Pasekan, Desa Ngabeyan, Kecamatan Karanganom, Klaten, tinggal pada satu kompleks yang dikepung sungai dan jalan tol Solo-Jogja.

Sepekan 9.069 Wong Sukoharjo Disuntik Vaksin Booster

Vaksinasi booster di Sukoharjo dicanangkan saat kunjungan kerja Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Griya Sejahtera, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, pada 19 Januari 2022.

Untung Maksimal, Porang Jadi Primadona Petani Jatisari Wonogiri

Penanaman dan perawatan porang mudah, tetapi petani bisa memperoleh keuntungan usaha yang besar.

BLK Boyolali Buka 6 Program Pelatihan Kerja Gratis, Buruan Daftar Lur

Walaupun lokasi pelatihan berada di BLK Boyolali, namun peserta yang ingin mendaftar diperbolehkan dari luar Boyolali.

Anak Disabilitas Korban Pemerkosaan di Tanon Sragen Dipindahkan ke Solo

Anak disabilitas di bawah umur asal Tanon, Sragen, korban pemerkosaan bersama keluarganya dipindahkan ke Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof. Dr. Soeharso Solo.

Kasus Pencabulan Anak Disabilitas di Tanon Bukan yang Pertama di Sragen

Aliansi Peduli Perempuan Sukowati (APPS) pernah menangani empat kasus pencabulan dengan korbannya adalah anak disablitas (keterbelakangan mental) di Sragen.

5 Sampel Swab Satu Keluarga di Sukoharjo Dicek WGS

Keluarga tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota, namun berdasarkan hasil swab PCR, CT value mereka kurang dari 30.

Tarif Manahan dan Sriwedari Diprotes, Gibran: Silakan Ajukan Keringanan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berjanji memberikan keringanan bagi yang mengajukan keberatan mengenai tarif sewa atau penggunaan fasilitas di Stadion Manahan dan Sriwedari.

Pembangunan Telaga Madirda Diduga Menyimpang, Kejari Turun Tangan

Kejari Karanganyar menyelidiki dugaan adanya penyimpangan dalam proyek pengembangan Telaga Madirda oleh BUMDes Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

Hujan Disertai Angin, 2 Bangunan Telaga Rindu Resto Lalung Roboh

Bangunan Telaga Rindu Resto di Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar roboh diterjang hujan disertai angin.

Sukses Ubah Citra Kemukus, Bupati Siap Bongkar 2 Tempat Lokalisasi Lain

Bupati Sragen akan membongkar Pasar Nglangon dan Pasar Joko Tingkir untuk menghilangkan citra buruk sebagai tempat lokalisasi terselubung.

Polisi Sukoharjo Bekuk Penipu Berkedok Jual Minyak Goreng Murah

Penangkapan berawal dari laporan salah satu korban ke personel Satreskrim Polres Sukoharjo yang mengaku tertipu Rp58 juta lantaran termakan iming-iming memperoleh minyak goreng murah.

Petugas Sampah Kelurahan Solo Pakai Trik Ini demi Hindari Antre di TPA

Antrean kendaraan pengangkut sampah di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, terjadi hampir setiap pagi membuat petugas sampah kelurahan mencari cara menghindarinya.

Pemkab Karanganyar Usulkan Penambahan 600 PPPK Tahun Ini

Pemkab Karanganyar telah mengusulkan perekrutan 600 PPPK untuk formasi guru tahun ini ke Kemenpan RB.

Desa Jatisari Jadi Pusat Studi Porang di Wonogiri

Saat ini hampir setiap hari ada pihak yang menimba ilmu tentang perporangan di Desa Jatisari, Jatisrono, Wonogiri.