Dari Hamil hingga Kiamat, Ini Penjelasan Arti Mimpi Menurut Ahli
Ilustrasi mimpi (news.com.au)

Solopos.com, SOLO– Semua orang pasti pernah mengalami mimpi atau biasa disebut bunga tidur. Terkadang, saking merasakan mimpi itu seolah benar-benar terjadi, kita sampai terbayang-bayang dan memikirkan apa maksud atau arti dari mimpi tersebut.

Mimpi adalah campuran dari naluri biologis, asumsi budaya dan pengalaman pribadi. Berbagai macam mimpi tersebut tergolong umum bahkan sudah banyak ilmu mengenai tafsiran mimpi. Beberapa pakar dan psikolog menuturkan bahwa mimpi mencerminkan kondisi kita saat ini, sebab alam bawah sadar kita mencoba memberi tahu sesuatu yang penting dari waktu ke waktu.

Seorang ahli dalam bidang mimpi, Patricia Garfield seperti dilansir creativedreaming, Sabtu (21/3/2020), mengatakan mimpi-mimpi disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, perasaan masa lalu, kode budaya, pengalaman nenek moyang kita, dan pengalaman pribadi.  Dilansir dari berbagai sumber, berikut arti atau makna mimpi secara psikologis yang mungkin sering Anda alami:

1. Gigi Copot atau Tanggal

Menurut pakar psikologi, Penny Pierce jika Anda mengalami mimpi gigi lepas, kemungkinan Anda sedang merasa tidak memiliki senjata dan tidak berdaya di dunia nyata. Alam bawah sadar mengartikan gigi sebagai senjata, indikator kekuatan, dan kemampuan untuk "menggigit" sepotong dunia.

Sedangkan menurut pakar lain, Patricia Garfield mengungkapkan mimpi tentang lepasnya gigi menandakan adanya kemarahan tersembunyi. Seperti halnya ketika sedang memendam kemarahan, maka kita akan menekan rahang kita, sehingga gigi kita akan saling bertemu dan bertatap kencang. Mimpi ini mungkin menandakan bahwa ini saatnya untuk menghilangkan perasaan negatif.

2. Meninggal

Mungkin Anda pernah bermimpi bahwa seseorang yang dekat dengan kita terluka, sakit, sekarat bahkan hingga meninggal, sehingga Anda merasa cemas. Dalam psikologi, semua hal yang terjadi dalam mimpi, kenyataannya tidak seburuk itu. Semua itu hanya ketakutan akan masa depan terhadap perubahan atau hal yang terjadi dengan orang-orang terdekat kita.

Namun, jika Anda melihat kematian Anda sendiri, itu berarti ada sebagian dari Anda yang sedang sekarat dan tertinggal di masa lalu untuk memberi ruang pada sesuatu yang baru. Mimpi ini biasanya muncul karena sesuatu yang baru terjadi di dalam kehidupan seseorang.

Baik itu dari aktivitas dalam kehidupan Anda mengenai pekerjaan, hubungan, keuangan, kesehatan, keluarga, dan lain-lain. Namun, besar kemungkinan hal tersebut melambangkan aka nada pengalaman baru bagi Anda.

Pemerintah Beri Keringanan Kredit Motor Ojek Online Setahun

3. Pakaian Tidak Pantas atau Tidak Mengenakan Pakaian

Pernahkah Anda bermimpi berada pada situasi sedang memakai pakaian yang tidak pantas bahkan tidak mengenakan pakaian sama sekali? Mimpi ini biasanya diikuti oleh perasaan malu dan sedih.  Ian Wallace selaku psikolog menuturkan bahwa mimpi tersebut menandakan jika Anda merasa rentan terhadap pekerjaan baru Anda. Tafsiran lainnya yakni, mungkin Anda mengkhawatirkan hubungan Anda, dan menakutkan orang lain mempelajari tentang kelemahan juga kerugian Anda.

Akan tetapi, bila dalam mimpi Anda tidak merasa malu dan justru merasa bangga, maka mimpi itu memiliki makna yang berlawanan. Mungkin Anda merasakan kurangnya pengakuan diri dan minimnya perhatian juga kekaguman. Inilah yang membuat Anda berharap orang lain dapat melihat Anda juga kepribadian Anda.

4. Jatuh

Menurut psikolog Ian Wallace, mimpi jatuh punya arti rasa takut kehilangan kendali. Ada ketakutan dalam diri Anda ketika tidak dapat lagi untuk mengendalikan sesuatu. Anda belum siap untuk menerima kenyataan pahit dalam hidup Anda.

Karena itu, coba renungkan beberapa aktivitas dalam kehidupan Anda mengenai pekerjaan, hubungan, keuangan, kesehatan, keluarga, dan lainnya. Di antara semua hal tersebut ada yang membuat Anda merasa paling tertekan atau rentan dan susah untuk memperbaikinya.

Beberapa ilmuwan menjelaskan mimpi tentang jatuh dengan fisiologi sederhana. Ketika tubuh tenggelam dalam tidur, sistem saraf mulai tenang, tekanan darah, dan detak jantung Anda menurun.

Selain itu, otak Anda yang tertidur dapat menganggap perubahan fisiologis ini sebagai bahaya atau kematian yang semakin dekat, karena itu membuat Anda bangun tiba-tiba. Hal ini sangat besar terjadi ketika Anda kelelahan di siang hari. Sementara jika Anda bermimpi sedang terbang maka menandakan Anda sedang membebaskan diri dari beban berat dan mendapatkan kebebasan yang diinginkan.

5. Bencana atau Kiamat

Siapa yang pernah mengalami mimpi dilanda bencana alam atau kiamat? Tentu mimpi tersebut akan membuat Anda merasa takut. Makna dari mimpi tersebut menunjukkan masalah pribadi yang telah lepas kendali atau Anda sedang merasa terancam oleh sesuatu. Bermimpi mendapat bencana atau tindakan kekerasan akan memperburuk situasi, akibatnya Anda merasa mudah terpuruk di dunia nyata.

6. Kendaraan Macet atau Peralatan Rusak

Menurut Patricia Garfield, bila Anda bermimpi menggunakan beberapa peralatan rusak hingga tidak bisa melakukan sesuatu, itu melambangkan kekhawatiran tentang hubungan atau hilangnya emosional dengan seseorang. Mimpi ini lebih sering dialami oleh wanita.

Sedangkan, mimpi sedang mengoperasikan kendaraan yang rusak, artinya mungkin Anda sedang kehilangan dukungan dan tidak dapat mengatasi masalah sendirian.

7. Hamil

Mimpi hamil tak hanya dialami oleh wanita, pria juga bisa mengalami mimpi hamil. Psikolog David Bedrick mengatakan, kehamilan melambangkan sesuatu yang baru tumbuh di dalam diri kita.

Lahir di sini memiliki makna tentang mewujudkan proyek kreatif baru yang menarik. Sudah waktunya bagi Anda untuk menetapkan tujuan dan menunjukkan kepada dunia bagaimana Anda dapat mengambil peran baru ini.

8. Terlambat

Menurut seorang ahli mimpi, Michael R. Olsen mengatakan mimpi terlambat melambangkan rasa takut kehilangan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan. Ini menandakan Anda mungkin terus mengalami kewalahan dan tidak memiliki banyak waktu untuk mencapai hal-hal yang ingin Anda tempuh dalam kehidupan nyata. Hal itu mengisyaratkan alam bawah sadar Anda meminta waktu untuk mempertimbangkan kembali untuk hal-hal yang penting.

Khatib Meninggal Dunia Seusai Salat Jumat Di Klaten

9. Gagal Ujian atau Bekerja

Bermimpi gagal dalam mengikuti ujian atau tidak dapat berkata apa-apa ketika berdiri di depan umum menandakan bahwa Anda sedang stres sebelum tidur atau sangat khawatir tentang sesuatu.

10. Masuk Ruang Tak Dikenal

Mungkin mimpi ini kerap dialami oleh banyak orang. Ketika Anda masuk dalam ruangan yang tidak dikenal dalam mimpi, itu tandanya Anda tidak mengenal diri Anda dengan baik.

Selain itu, Anda mungkin telah mengabaikan beberapa sisi karakter Anda. Namun, ruang asing yang terpisah elambangkan bahwa Anda memiliki bakat, keterampilan, atau peluang tersembunyi yang tidak Anda gunakan.

11. Dikejar atau Dianiaya

Bila Anda mimpi dikejar bisa punya arti bahwa Anda merasa terancam oleh seseorang atau bahkan oleh emosi Anda sendiri, Anda merasa takut sehingga terkadang otak Anda dapat memutar ulang peristiwa nyata dalam kehidupan Anda. (Bunga Oktavia)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho