Dari BRI ke Bank Digital, Ini Sosok Dirut Allo Bank (BBHI) Indra Utoyo

Sosok Indra Utoyo yang resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) memiliki pengalaman panjang di bidang teknologi perbankan.

 Indra Utoyo (Twitter)

SOLOPOS.COM - Indra Utoyo (Twitter)

Solopos.com, JAKARTA — Sosok Indra Utoyo resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI). Mantan Direktur Digital dan Teknologi Informasi bank terbesar di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. atau BBRI tersebut, memiliki sederet pengalaman yang luas terkait dunia perbankan dan teknologi.

Merujuk pada akun linkedin, Indra mengenyam pendidikan di sejumlah universitas ternama. Dia merupakan lulusan Institute Teknologi Bandung (1980-1985) dengan gelar sarjana teknik telekomunikasi. Kemudian 7 tahun setelah itu, Indra melanjutkan pendidikan master di Imperial College London, Inggris (1993-1994).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Terakhir, dia mengantongi gelar doktor di Universitas Indonesia. Sebelum masuk BRI, Indra berkarir selama 16 tahun 11 bulan di PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM). Beberapa jabatan sempat dirasakan oleh Indra antara lain Chief of IS Center, CIO, dan Chief of Innovation and Strategy Officer (CSO).

Indra Utoyo juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Komisaris MDI Ventures, perusahaan modal ventura milik Telkom yang fokus pada pendanaan perusahaan rintisan. Setelah belasan tahun berkiprah di Telkom, pada Maret 2017 Indra menginjakan kakinya di BRI dan duduk di kursi direktur IT pada akhir masa jabatannya.

Setelah masa jabatannya sebagai direktur IT BRI berakhir, atau pada Maret 2022, Indra fokus sebagai Praktisi DX, penggemar perbankan digital, pembangun ekosistem venturing dan startup.

Baca Juga: Gunakan Bank Digital, Ini Untung dan Ruginya

Sebelumnya, dikutip dari laman resmi Allo Bank, Indra diangkat sebagai direktur utama Allo Bank berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2022. Selain Indra, perseroan juga mengangkat profesional lain, yakni Sajal Bhatnagar sebagai Direktur.

Sementara itu, nama baru lain di Allo Bank adalah Aviliani. Komisaris Independen PT Bank Mega Tbk. (MEGA) sejak 2018 hingga 2022 ini akan menduduki jabatan Komisaris Utama dan Independen Allo

Sebelumnya, Bank digital besutan CT Group, PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) telah mengantongi izin persetujuan pengembangan uang elektronik server based, aplikasi Allo Bank, serta QRIS MPM.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini Perbedaan Allo Bank dengan Bank Lainnya

Selain itu, Allo Bank juga sudah mendapatkan perizinan kerja sama dengan PT Bank Mega, PT Rintis Sejahtera, PT Artajasa Pembayaran Elektronis, PT Ayopop Teknologi Indonesia, PT Advance Intelligence Indonesia, dan PT ASLI Rancangan Indonesia.

“Hal ini menunjuk Surat No.24/133/DKSP/Srt/B tanggal 13 Mei 2022 yang dikeluarkan oleh Kepala Departemen Kepala Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia,” kata manajemen Allo Bank dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu (18/5/2022).

Selanjutnya, manajemen BBHI menyampaikan dengan ini terbitnya perizinan tersebut, maka Allo Bank dapat melakukan pengembangan produk uang elektronik (UE) server base dan aplikasi Allo Apps berbasis iOS dan Android serta QRIS MPM sebagai issuer dengan sumber dana simpanan.

“Berbekal hal tersebut, kami dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan dapat memperluas jangkauan terhadap berbagai segmen di masyarakat dengan menggunakan basis teknologi digital,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiga Manfaat Penggunaan PLTS Atap di Sektor Bisnis

+ PLUS Tiga Manfaat Penggunaan PLTS Atap di Sektor Bisnis

Ketika suatu entitas bisnis menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap—sebagai salah satu energi terbarukan—pada bisnisnya terdapat tiga manfaat sekaligus yang diperoleh.

Berita Terkini

UBS Turun Tipis! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 6 Juli 2022

Harga emas yang dijual di Pegadaian, Rabu (6/7/2022) hari ini bergerak turun untuk cetakan UBS dan stagnan untuk cetakan Antam.

Peserta 235,71 Juta Jiwa, Iuran BPJS Kesehatan Capai Rp143,3 Triliun

Pendapatan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tercatat mencapai Rp143,32 triliun sepanjang 2021, naik 2,48 persen (year-on-year/yoy).

Minyak Goreng Curah Kemasan Rp14.000 Diluncurkan Hari Ini, Lokasinya?

Pemerintah dijadwalkan meluncurkan minyak goreng curah kemasan sederhana merek Minyak Kita seharga Rp14.000 per liter pada Rabu (6/7/2022) hari ini.

IHSG Diprediksi Kembali Bertaji, Cermati Saham-Saham Ini

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini berpotensi akan menguji kekuatan dengan mencoba level resistance 6.825.

Tangkal Peserta Nunggak Bayar Iuran, Ini Jurus BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan kini tak terlalu dipusingkan dengan tunggakan iuran peserta setelah merasakan dampak positif berbagai inisiatif untuk mendongkrak persentase pengumpulan iuran alias tingkat kolektibilitas.

Aset DJS Capai Rp38,7 Triliun, BPJS Kesehatan Raih Predikat WTM ke-30

BPJS Kesehatan mendapatkan predikat Wajar Tanpa Modifikasi (WTM) untuk laporan keuangan tahun 2021. Dana Jaminan Sosial (DJS) di tahun 2021 juga telah dinyatakan positif.

Produk Pertanian Wonogiri dan Boyolali Siap Masuk Syariah Hotel Solo

Untuk menguatkan kerja sama tersebut, dua kelompok tani dari wilayah Soloraya sudah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Syariah Hotel Solo.

Apresiasi Pelanggan, The Sunan Hotel Solo Gelar Networking Lunch

The Sunan Hotel Solo kembali menggelar program loyalitas kepada pelanggan melalui program Networking Lunch.

Kepemimpinan BUMN Lebih Fokus dan Tuntas, BRI Tuai Kinerja Positif

Kepemimpinan Kementerian BUMN lebih fokus dan tuntas membuat kinerja BRI positif.

Keren! Difabel Rembang Ini Jadi Bos Makanan Ringan, Omzet Puluhan Juta

Pendampingan kepada difabel di Rembang yang menekuni bisnis UKM, sebagai bentuk dukungan dan komitmen Semen Gresik.

Astra Bagikan Ribuan Hewan Kurban Jelang Iduladha, Total Rp22,11 Miliar

Grup Astra membagikan ribuan ekor hewan kurban senilai miliaran rupiah menjelang Iduladha ke 34 provinsi di Indonesia.

Soal Tarif Naik, BPJS Kesehatan Masih Galau

BPJS Kesehatan hingga saat ini belum memutuskan mengenai penyesuaian tarif seiring dengan impelementasi kelas rawat inap standar (KRIS).

Fave Hotel Solo dan Unsa Solo Kerja Sama Dukung Program Merdeka Belajar

Dengan penandatanganan MoU tersebut, maka ke depannya akan ada program untuk pemagangan bagi para mahasiswa Unsa Solo yang ditempatkan di Fave Hotel Solo (Manahan Solo dan Solo Baru).

Pemerintah Siap Buka 1 Juta Lowongan, Cek Formasi CPNS dan PPPK 2022

Pemerintah akan kembali membuka lowongan untuk formasi CPNS dan PPPK 2022 dengan total kuota penerimaan sebanyak 1.086.128 orang.

Duh, Harga Cabai Merah Nyaris Tembus Rp100.000 Per Kilogram Di Jakarta

Data Info Pangan Jakarta per 5 Juli 2022 pukul 11.37 WIB, harga cabai merah keriting menyentuh Rp97.011 per kg dan cabai merah besar di angka Rp89.682 per kg.