SOLOPOS.COM - Hotman Paris. (Pictagram)

Solopos.com, JOMBANG — Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mendatangi Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim), Senin (3/2/2020). Kedatangan Hotman itu berujuan untuk melayat Salahuddin Wahid alias Gus Sholah.

Gus Sholah yang merupakan adik presiden keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dan pengasuh Ponpes Tebuireng meninggal dunia di RS Harapan Kita, Jakarta Barat. Gus Sholah diketahui mengalami gangguan jantung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di mata Hotman, Gus Sholah merupakan sosok ulama yang netral karena tidak memihak pada golongan tertentu. Ia pun pernah diundang untuk berceramah di Ponpes Tebuireng.

Ekspedisi Mudik 2024

Pengurus DPC PDIP Solo Dipanggil DPP Ke Jakarta, Bahas Rekomendasi Cawali?

"Kami melayat untuk menghormati almarhum karena saya pernah juga diundang ke sini untuk memberikan ceramah tahun lalu. Sudah kenal beliau puluhan tahun. Bahkan nama saya ada gus, Gus Hotman beliau juga yang ngasih," kata Hotman usai menyapa para santri di Ponpes Tebuireng seperti dikutip Detik.com.

Bukan hanya dengan Gus Sholah, Hotman mengaku mempunyai hubungan baik istri almarhum, Farida, dan anak-anak Gus Sholah. Oleh sebab itu, ia rela langsung terbang dari Bali untuk memberikan penghormatan terakhir kepada cucu pendiri NU KH Hasyim Asy'ari tersebut.

WNI Dari Wuhan Datang, Sekolah Di Natuna Libur 15 Hari

"Sosok almarhum termasuk sosok tokoh Islam yang pintar, intelektual, akademis dan sangat netral. Bayangin akulah putra pertama batak Kristen yang bisa masuk pesantren. Itulah kehebatan beliau," terang Hotman menjawab sosok Gus Sholah bagi dirinya.

Bukan hanya netral, lanjut Hotman, Gus Sholah juga tokoh yang intelektual. "Beliau sangat berbobot saat membahas kasus-kasus hukum di AS. Memang dia benar-benar intelektualnya tinggi dan netralnya itu tidak memihak manapun dan objketif," tandasnya.

Pameran Otomotif Berusia 70 Tahun Di Jerman Kukut Karena Sepi

Jenazah Gus Sholah dimakamkan di permakaman keluarga yang ada di dalam Ponpes Tebuireng, Senin (3/2/2020) pukul 16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya