Dari 4 Bank Besar Indonesia, Ini Bank Paling Murah Hati Berikan Bunga Deposito
Ilustrasi deposito (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA -- Empat bank besar di Indonesia rata-rata mematok bunga deposito berkisar 3 persen hingga lebih dari 5 persen. Sejauh ini, bunga deposito perbankan Tanah Air cenderung bergerak turun.

Penurunan suku bunga deposito tak lepas dari kebijakan Bank Indonesia yang telah memangkas suku bunga acuan sebanyak 4 kali sejak awal tahun.

Walaupun suku bunga simpanan bank dalam tren menurun, tetapi produk deposito perbankan masih menarik untuk dijadikan instrumen menyimpan dana.

Aneh! Pencuri Mobil BRI Solo Malah Senyam-Senyum Saat Kepergok Anggota DPRD Solo

Produk ini dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan syarat bunga yang diberikan tidak melebihi tingkat penjaminan serta dengan nilai di bawah Rp2 miliar.

Tingkat bunga penjaminan LPS yang berlaku mulai 30 Juli 2020 hingga 30 September 2020 adalah sebesar 5,25 persen untuk simpanan rupiah di bank umum dan 7,75 persen untuk simpanan rupiah di BPR.

Bisnis.com mengutip dari situs resmi Bank BNI,  suku bunga terbesar bank ini adalah 5,25 persen. Bunga deposito BNI ini menjadi yang tertinggi di antara bank besar lainnya. Bunga ini berlaku untuk simpanan bertenor tiga bulan untuk seluruh nilai.

4 Petugas Kebersihan Tipes Solo Jatuh Akibat Bak Mobil Patah, 3 Dirawat di RS

BRI Beri Bunga Deposito 5 Persen

Bunga deposito rupiah terendah berada di angka 4,25 persen untuk simpanan bertenor 1 bulan dengan nilai di bawah Rp100 juta dan antara Rp100 juta hingga kurang dari Rp1 miliar.

Tidak hanya BNI, bank besar lainnya BRI juga masih menawarkan suku bunga 5 persen seperti dilansir di situs resmi perusahaan itu.

Bunga deposito BRI paling rendah sebesar 4,25 persen untuk simpanan bertenor 1 bulan, sedangkan tertinggi 5 persen untuk tenor 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan dengan nilai lebih dari Rp2 miliar. Adapun, tenor deposito di BRI bervariasi dari 1 bulan hingga 36 bulan.

Hore! Gaji Tambahan Rp600.000 untuk Pekerja Swasta Ditarget Cair September

Sementara itu, BCA menawarkan suku bunga simpanan deposito terendah di antara 4 bank besar, yaitu 3,60 persen per tahun. Bunga tersebut berlaku untuk seluruh tenor dan semua nominal. Suku bunga ini berlaku efektif per 22 Juli 2020.

Adapun, suku bunga deposito rupiah yang ditawarkan oleh Bank Mandiri saat ini berada di bawah 5 persen. Ini berlaku untuk semua tenor dan nilai.

Suku bunga terendah bank besar Indonesia ini berada di angka 4,00 persen dan tertinggi sebesar 4,25 persen. Tenor simpanan deposito rupiah di bank ini, yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan.

Sumber: Bisnis.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom