Dari 26 Kecamatan di Klaten, Cuma Kemalang yang Masih Bersih dari Covid-19
Ilustrasi penggunaan masker. (Reuters)

Solopos.com, KLATEN — Selama hampir tujuh bulan pandemi Covid-19 berlangsung, hanya Kecamatan Kemalang dari total 26 kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang belum pernah ada kasus terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 hingga kini, Rabu (23/9/2020).

Padahal, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Klaten kali pertama muncul pada 1 April 2020. Sejak saat itu, Pemkab Klaten menyatakan status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19 di wilayahnya.

"Untuk saat ini [Rabu siang] yang tidak ada kasus Kemalang, Manisrenggo, dan Karangdowo. Tetapi, untuk yang sejak awal pandemi hingga saat ini tidak ada kasus hanya di Kemalang," kata Koordinator Pusdalops Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/9/2020).

Ronny mengakui Kemalang menjadi wilayah yang saban hari didatangi warga dari berbagai daerah terutama para sopir truk yang mencari pasir. Namun, rata-rata interaksi antarorang di wilayah Kemalang lebih banyak di luar ruangan.

Kisah Mbah Sarikem Wanita Tertua di Sragen, Usianya 1,1 Abad

"Analisa kami sementara seperti itu. di wilayah sana walupun banyak orang dari luar daerah datang, mereka berinteraksinya lebih banyak di ruang terbuka. Jadi potensi penularan lebih kecil," kata Ronny.

Disiplin

Meski masih belum ada kasus Covid-19 di Kemalang Klaten, Ronny menekankan disiplin penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 wajib dilakukan. Tak hanya di Kemalang, disiplin protokol kesehatan diterapkan di seluruh wilayah.

Terkait persebaran kasus Covid-19 di Klaten, Ronny menjelaskan beragam. Saat awal pandemi, mayoritas pasien Covid-19 di Klaten tertular dari luar wilayah. Belakangan, lonjakan kasus Covid-19 berawal dari kegiatan menjenguk orang sakit dan lahiran atau tilik serta rapat.

"Rata-rata memang karena ketidakdisiplinan. Seperti saat tilik ternyata tidak mengenakan masker termasuk saat rapat," kata dia.

Kisah Mbah Sarikem Wanita Tertua di Sragen, Usianya 1,1 Abad

Sementara itu, penambahan pasien Covid-19 di Klaten sepanjang September hampir saban hari ada. Pun halnya dengan pasien sembuh yang saban hari diumumkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Klaten. Terkait kondisi itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani, meminta ada peningkatakan kedisiplinan warga mematuhi protokol kesehatan.

"Kedisiplinan masyarakat menentukan tambah atau tidak dan kejujuran. Makanya, kami terus mengimbau agar kedisiplinan mematuhi protokol pencegahan Covid-19 ini tetap ditaati," kata dia.

Camat Kemalang, Budi Prasetyo, membenarkan hingga kini belum ada kasus Covid-19 di wilayah kecamatan yang ada di lereng Gunung Merapi itu. "Untuk kemalang relatif aman," kata Budi.

Budi menuturkan penerapan protokol kesehatan yang dilakukan di Kemalang seperti anjuran pemerintah. Hal itu termasuk pembentukan gugus tugas di tingkat desa hingga RT dan RW.

Selain itu, dia mengakui selama ini warga di wilayah Kemalang relatif sudah terlatif kesiapsiagaan bencana termasuk menghadapi Covid-19. Dia berharap hingga pandemi berakhir, tak ada kasus Covid-19 yang terjadi di wilayah Kemalang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom