SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemilu 2014 mampu mengantarkan sejumlah kepala desa (Kades) di Kulonprogo melenggang ke kursi DPRD Kabupaten. Dari 21 Kades yang semula bertekad maju dalam Pemilu, berhasil mendongkrak potensi tujuh Kades dalam perolehan suara.

Ketujuh Kades tersebut berpotensi besar menduduki kursi DPRD Kulonprogo karena mendulang banyak suara dari partai yang mengusungnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Awalnya dulu sewaktu pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) ada 22 Kades yang memantapkan langkah menjadi calon legislator (Caleg), tapi tak berselang lama ada satu Caleg dari kalangan Kades yang gugur karena tersangkut kasus pidana. Caleg tersebut yakni Kades Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Murdani Saputra.

PDI Perjuangan menjadi partai yang memiliki Caleg paling banyak dari kalangan Kades. Ada 11 Kades yang menggunakan partai berlmbang banteng ini menjadi kendaraan politik untuk menuju kursi dewan tingkat kabupaten. Dari 11 Kades yang Nyaleg lewat PDIP, lima di antaranya berhasil mendulang dominasi perolehan suara dan berpeluang besar melenggang ke gedung dewan.

Lima mantan Kades yang berhasil meraup suara besar dari PDIP tersebut yakni Kades Ngestiharjo, Kecamatan Wates Aris Syariffudin, Kades Bugel, Kecamatan Panjatan  Edy Priyono, Kades Hargomulyo, Kecamatan Kokap Sugiyanto, Kades Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh Keksi Wuryaningsih dan eks Kades Jatirejo, Kecamatan Lendah Ridwan.

Wakil Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) internal Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kulonprogo, Joyo mengungkapkan, partainya sengaja menjaring para Kades sebagai figur Caleg. Alasannya tentu saja Kades punya pengaruh yang besar dalam masyarakat dan terbukti mampu mengendalikan roda pemerintahan.

“Tapi juga kami tidak asal-asalan dalam perekrutan Caleg dari Kades. Kami melakukan penyaringan betul mengenai kelayakannya dalam berpolitik,” ujarnya, Senin (15/4/2014).

Sementara dua Kades, masing-masing  dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar juga ikut menjadi figur terdepan tingkat desa  yang siap menuju kursi wakil rakyat.

Dua mantan Kades tersebut yakni, Kades Kaliagung, Kecamatan Sentolo Sasmito Hadi yang berjuang dari Golkar. Terakhir Kades Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh Budi Utomo yang diusung PAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya