Darah Seni

 Espos/Ahmad Hartanto

SOLOPOS.COM - Espos/Ahmad Hartanto

Espos/Ahmad Hartanto

Yayuk Sri Rahayu
Perempuan kelahiran 6 Mei 1972 ini memiliki nama lengkap Yayuk Sri Rahayu. Ia menganggap seni sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidupnya.
“Bapak dan ibu merupakan seorang seniman, jadi seni sudah mendarah daging dalam hidup saya,” ungkapnya saat ditemui Espos di kediamannya di Dusun Sumbersari RT 001/RW 006, Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri, Jumat (30/3).
Selain itu, seni juga menjadi hobi dan pekerjaan yang mampu membantu kehidupan ekonomi keluarganya. Ia pernah menimba ilmu di SMKI atau saat ini SMKN 8 Solo di jurusan pedalangan dan ISI Surakarta di bidang seni tari. Sejumlah pentas pun telah ia lakukan mulai dari luar Jawa yakni Kalimantan dan ke luar negeri seperti Prancis. Bahkan, ia pernah mengikuti syuting film layar lebar yang disutradarai Garin Nugroho.
Film itu berjudul Bulan Tertusuk Ilalang yang dirilis tahun 1995 dan ia berperan sebagai Wulan yakni seorang gadis desa yang bergelut di bidang seni budaya. Ia juga pernah mengikuti syuting di salah satu stasiun televisi swasta dalam acara ketoprak. Ia yang memiliki bakat sejak kecil mampu melakukan berbagai kegiatan seni seperti tari, sinden dan ketoprak.
Yayuk merupakan anak terakhir dari tiga bersaudara. Dua saudaranya yang lain juga mengikuti jejak orangtuanya sebagai seorang seniman. Kakaknya yang bertempat tinggal tak jauh dari rumahnya juga seorang seniman karawitan. Sedangkan kakak keduanya juga seorang dalang.
Kini, ia bersama dengan suaminya yakni Sigit Mursito, membuka sebuah lembaga pelatihan bagi masyarakat yang ingin menekuni seni. Kursus yang ia buka bersama suaminya itu ia beri nama Lembaga Keterampilan dan Pendidikan (LKP) Saraswati Wonogiri dan kegiatannya dilakukan di rumahnya. Ia bersama sang suami tidak memungut bayaran untuk peserta kursus.
“Kami hanya ingin melestarikan budaya sendiri dan mengurangi pengangguran di masyarakat. Jadi, di lembaga tidak hanya kursus tari, menyanyi dan karawitan. Tapi juga ada tata rias pengantin sehingga masyarakat terutama kaum wanita bisa mandiri dan mampu menambah penghasilan bagi keluarga,” imbuhnya.
LPK-nya pun terbuka selama 24 jam untuk siapa pun yang ingin mendalami seni budaya. Ia mengaku senang jika ada masyarakat yang bermain karawitan di rumahnya, walaupun itu malam hari. Ia bersama sang suami merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut menjaga dan melestarikan kesenian tradisional Indonesia itu.

PromosiKembalinya Sentralisasi

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Johnny Depp Menyangkal Testimoni Amber Heard

Pada Rabu (25/5/2022), Johnny Depp dan pengacara menyangkal testimoni Amber Heard yang mengklaim sang aktor melakukan kekerasan fisik.

Warga Keluhkan Jalan Rusak, Ini Penjelasan Sekda Ponorogo

Warga mengeluhkan kondisi jalan rusak yang ada di beberapa titik di Ponorogo.

Kian Menjanjikan, Begini Kiat Bisnis Usaha Bunga Papan

Pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman menggerakkan ekonomi Solo termasuk bisnis bunga papan.

Timnas Indonesia U-19 Bawa 22 Pemain ke Toulon Cup, 2 dari Persis Solo

Timnas Indonesia U-19 telah menuntaskan pemusatan latihan di Stadion Madya Senayan Jakarta sejak 16 Mei 2022 untuk menghadapi Toulon Cup Prancis.

Kenapa Wanita Hamil Ngidam? Ini Penjelasannya

Tidak sedikit wanita hamil mengalami ngidam atau ingin menyantap makanan tertentu, kenapa hal ini bisa terjadi?

Ini Momen Presiden Jokowi Lepas Masker saat Bertemu Warga Solo

Presiden membagikan bantuan modal kepada pedagang di Pasar Gede dan Pasar Harjodaksino Solo

Sambut HUT ke-25, Solopos Salurkan Bantuan ke PSAA Hosana Karanganyar

Solopos Media Group menyalurkan bantuan ke PSAA Hosana di Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, dalam rangka HUT ke-25 Solopos.

Pasar Hewan Ditutup 2 Pekan, Pedagang Sapi Boyolali: Serba Repot

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menutup seluruh pasar hewan di wilayah setempat selama dua pekan, mulai Jumat (27/5/2022) hingga Jumat (10/6/2022).

Catat! Deretan Acara Wisata di Bantul Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, akan menggelar kembali berbagai acara wisata untuk menarik kunjungan wisatawan pada tahun ini.

Resmi! Turnamen Piala Wali Kota Surabaya Batal Digelar

Asprov PSSI Jawa Timur membatalkan Piala Wali Kota Surabaya karena berdekatan dengan agenda pramusim Piala Presiden 2022.

Begini Kocaknya Bio One Cs Dari Film Srimulat Saat Kunjungi Solopos

Para aktor, sutradara, dan kru film Srimulat: Hil Yang Mustahal tampil kocak dengan lelucon-lelucon saat mengunjungi Griya Solopos di Solo.

Kian Mahal, Ini Daftar Harga Rokok Terbaru Berdasarkan Merek

Kenaikan harga rokok tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 192/PMK.010/2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris.

Pasar Hewan di Cepogo Boyolali Mendadak Sepi H-1 Penutupan, Alasannya?

Pasar Hewan Sunggingan yang berada di Jelok, Cepogo, Boyolali tak seramai seperti biasanya sehari menjelang penutupan sementara, Kamis (26/5/2022).

Prabowo Hingga Surya Paloh, Ketum Parpol Hadiri Pernikahan Adik Jokowi

Selain menteri dan pejabat tinggi kepolisian dan TNI, tampak sejumlah pimpinan parpol menghadiri pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman di Solo.

H-1 Penutupan Pasar Hewan, Ini yang Dilakukan Tim Gabungan Boyolali

Tim gabungan menggelar sosialisasi penutupan pasar, pengecekan hewan, hingga penyemprotan disinfektan sehari menjelang penutupan pasar hewan di Boyolali, Kamis (26/5/2022).