Tutup Iklan
Ilustrasi TPS Pemilu (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SUKOHARJO-Bursa pertarungan politik di Daerah Pemilihan (Dapil) 3 meliputi Kecamatan Kartasura, Baki, dan Gatak menjelang Pemilu Legislatif 2019 bakal makin seru. Para calon legislatif (caleg) dari parpol besar bakal all out dan bertarung demi menggaet -peluit-begini-jadinya-suara-bocah-asal-bandung-barat" title="Telan Peluit, Begini Jadinya Suara Bocah Asal Bandung Barat">suara terbanyak saat coblosan. Mereka terus bergerilya di berbagai kegiatan dan pertemuan masyarakat.

Wilayah Kartasura menjadi incaran paling empuk para caleg untuk mendongkrak perolehan suara pada Pileg. Pada Pilgub Jateng 2018, jumlah pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) paling banyak yakni 74.382 orang. Mereka tersebar di 12 kelurahan/desa. Tak ayal, setiap caleg di Dapil 3 berlomba-lomba menarik simpati  masyarakat di setiap kelurahan/desa untuk memperebutkan 11 kursi parlemen.

Persaingan antarcaleg untuk memperbutkan kantung suara gemuk di wilayah Kartasura dipastikan terjadi hingga masa tenang pada 14 April mendatang. Mereka bakal menyambangi masyarakat hampir setiap hari.

Kondisi ini ditambah beberapa caleg petahana yang berasal dari Kartasura bakal memanaskan suhu politik menjelang pemilu. “Prediksi saya bakal seru. Wilayah Kartasura padat penduduk otomatis jumlah pemilih yang diperebutkan cukup banyak. Masyarakat sudah cerdas dalam berpolitik. Mereka paham caleg yang telah memberikan bukti nyata,” kata caleg PDIP di Dapil 3, Parwanto Mulyo Saputro, saat berbincang dengan Solopos, Senin (25/3/2019).

Pria yang akrab disapa Anto ini mengaku selalu membangun relasi kuat terutama konstituennya. Jaringan sukarelawan di setiap desa/kelurahan turun lapangan untuk menyosialisasikan visi dan misi kepada masyarakat.

Di Dapil 3, PDIP meraih suara kursi parlemen terbanyak dengan enam kursi pada Pileg 2014. “Saya tak pernah mengecewakan konstituen dan aspirasi masyarakat selalu saya fasilitasi. Perolehan enam kursi di Dapil 3 bakal dipertahankan pada -kotak-suara-karton-pemilu-hemat-rp650-miliar" title="Pakai Kotak Suara Karton, Pemilu Hemat Rp650 Miliar">Pemilu 2019. Mudah-mudahan terwujud karena militansi sukarelawan dan simpatisan PDIP,” ujar dia.

Optimistime tinggi juga dilontarkan caleg Partai Gerindra, Joko Nugroho. Joko optimistis minimal mampu meraih dua kursi parlemen di Dapil 3. Partai berlambang kepala garuda itu hanya mampu meraih satu kursi legislatif pada Pileg 2014.

Kendati berasal dari Gatak, Joko tak segan-segan blusukan ke wilayah Kartasura untuk berinteraksi dengan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menambah pundi-pundi suara saat pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April. “Realistisnya dua kursi legislatif sudah pasti. Jika ada peluang dan -air-kali-baki-potensi-terpendam-desa-menuran-kecamatan-baki-sukoharjo" title="Wisata Air Kali Baki, Potensi Terpendam Desa Menuran Kecamatan Baki Sukoharjo">potensi bisa jadi bertambah satu kursi menjadi tiga kursi,” kata dia.

Pada Pileg 2014, dominasi PDIP di Dapil 3 tak terbantahkan dengan meraih enam kursi. Sementara sisanya diraih Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten