SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan. (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Solopos.com,WONOGIRI -- Tiga ruas jalan di tiga kecamatan Kabupaten Wonogiri akan diperbaiki pada 2021. Hal itu menyusul adanya anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi senilai total Rp30 miliar.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, ruas jalan yang diperbaiki berada di Kecamatan Tirtomoyo, Pracimantoro dan Jatiroto. Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, perbaikan jalan di tiga daerah itu dianggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Gubernur (Bangub) Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Total anggaran yang digelontorkan hampir mencapai Rp30 miliar. Di tiga kecamatan Kabupaten Wonogiri itu ada tiga ruas jalan yang digarap. Pertama, ruas jalan Pracimantoro-Sumberagung di Kecamatan Pracimantoro.

Baca Juga: Hari Ini Siswa 23 SMP Kota Solo Mulai Sekolah Tatap Muka, Begini Tahapannya

Kedua, ruas jalan Dlepih-Hargosari di Kecamatan Tirtomoyo. Ketiga, ruas jalan Tirtomoyo-Jatiroto yang menghubungkan dua kecamatan itu.

Kabid Bina Marga, Didik Sudarmaji, mewakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Prihadi Ariyanto, mengatakan ruas jalan Dlepih-Hargosari yang diperbaiki panjangnya 2.000 meter.

Ruas jalan Pracimantoro-Sumberagung sepanjang 10.100 meter dan ruas jalan Tirtomoyo-Jatiroto sepanjang 7.000 meter. Didik mengatakan anggaran untuk perbaikan ruas jalan Dlepih-Hargosari senilai Rp8,4 miliar dari DAK.

Baca Juga: Perjudian Kota Solo: Omzet Miliaran Rupiah Bisnis Judi Hidupi Para Gangster

Pelebaran

Ruas jalan Pracimantoro-Sumberagung dananya sebesar Rp11 miliar dari Bangub Jateng. Sementara ruas jalan Tirtomoyo-Jatiroto diperbaiki dengan dana Rp10,2 miliar dari Bangub Jateng.

Didik menjelaskan perbaikan atau peningkatan jalan Pracimantoro-Sumberagung diikuti pelebaran badan jalan. Aspal badan jalan yang saat ini hanya empat meter akan diperlebar menjadi lima meter.

Jalan di Pracimantoro, Wonogiri, yang diperbaiki itu berada di perbatasan Provinsi Jateng dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). "Pelebaran itu dilakukan untuk mengimbangi Jalan Lintas Selatan [JLS] yang saat ini sudah lebar. Selain itu ruas jalan itu juga menjadi akses menuju tempat wisata," katanya kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

Baca Juga: 2 Ruas Jalan Klaten Dibangun Tahun Ini, Dananya Rp21 Miliar

Dengan ada pelebaran jalan itu, Didik berharap ruas jalan Pracimantoro-Sumberagung bisa dilalui mobil ukuran besar, minimal bisa dijangkau minibus. Jalan itu nantinya akan mempermudah kendaraan ketika bersimpangan. Selama ini ketika ada truk dan mobil bersimpangan kerap kesulitan.

"Untuk perbaikan jalan Tirtomoyo-Jatiroto dengan memapras beberapa lokasi tanjakan agar tidak terlalu curam. Jadi tanjakan yang cukup curam akan diperbaiki agar pengendara yang melintas juga nyaman," kata Didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya