SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 149 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Klaten mendapat remisi khusus Hari Raya Idulfitri 2019. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya langsung bebas.

Remisi yang diperoleh masing-masing warga binaan tersebut beragam. Sebanyak 57 orang mendapat remisi 15 hari, 96 orang mendapat remisi satu bulan, empat orang mendapat remisi satu bulan 15 hari, dan dua orang mendapat remisi dua bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasi Bimbingan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik dan Diatja) LP Klaten, Roni Asmoro, mengatakan dua narapidana yang langsung bebas merupakan narapidana kasus pencurian dan pembunuhan dengan masa hukuman masing-masing 1,5 tahun dan delapan tahun penjara.

“Karena mereka berkelakuan baik, selama ini kerap mendapatkan remisi sehingga masa hukuman yang mereka lebih singkat dibanding vonis yang diterima,” jelas Roni saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/6/2019).

Roni mengatakan upacara penyerahan remisi digelar seusai Salat Id di halaman LP Klaten, Rabu (5/6/2019). “Sebanyak dua narapidana yang langsung bebas itu setelah upacara mereka menuju registrasi dan langsung bebas,” ungkapnya.

Roni menuturkan LP Klaten mengusulkan 152 narapidana untuk mendapatkan remisi Idulfitri. Dari jumlah itu, tiga di antaranya masih menunggu keputusan.

“Narapidana khusus seperti narkoba di atas lima tahun atau bandar memang prosesnya berbeda. Prosesnya lebih panjang,” kata Roni.

Di sisi lain, LP Klaten membuka pelayanan jam besuk khusus Hari Raya Idulfitri, Rabu-Kamis (5-6/6/2019). Jam besuk bagi keluarga atau kerabat warga binaan selama dua hari itu dibuka pukul 08.30 WIB hingga 15.00 WIB.

Jam besuk tersebut lebih panjang dibanding jam besuk hari biasa yakni pukul 08.30 WIB-11.30 WIB. “Saat momen Idul Fitri, setiap kali kunjungan dibatasi 30 menit dan satu warga binaan maksimal ditemui enam orang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya