Dapat Keluhan PPKM Diperpanjang dari Pedagang, Begini Jawaban Satpol PP Wonogiri

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri menerima beberapa keluhan dari sejumlah pedagang terkait perpanjangan PPKM.

 Petugas gabungan mengedukasi pemilik warung makan di Jalan Jenderal Sudirman agar tidak melayani makan di tempat saat penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Kamis (22/7/2021). (Istimewa/Satpol PP Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Petugas gabungan mengedukasi pemilik warung makan di Jalan Jenderal Sudirman agar tidak melayani makan di tempat saat penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Kamis (22/7/2021). (Istimewa/Satpol PP Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri menerima beberapa keluhan dari sejumlah pedagang terkait perpanjangan Pemberlakuakn Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Keluhan dari para pedagang itu kami dengarkan saat melakukan operasi rutin selama PPKM level 4,” kata Kepala Satpol PP Wonogiri, Waluyo, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Menanggapi keluhan dari para pedagang, Waluyo meminta para pedagang untuk bisa memahami kondisi pandemi Covid-19. Sebab pihaknya tidak memiliki kapasitas untuk menghentikan kebijakan PPKM. Sebab, kebijakan itu yang menentukan pemerintah pusat dan turun ke pemerintah daerah.

“Kami memahami kondisi para pedagang. Maka kami meminta agar mereka bersabar dulu. Anggota yang melakukan operasi sebisa mungkin melakukan pendekatan dari hati ke hati agar pembatasan ini bisa dimengerti semua kalangan,” ungkap dia.

Waluyo memahami jika para pedagang mengalami kontraksi dengan adanya pembatasan itu. Meski demikian, pihaknya tetap mewanti-wanti pedagang agar tetap mengikuti aturan yang dikeluarkan dari pemerintah. Kebijakan itu diterapkan untuk menekan kasus Covid-19 di masyarakat.

Hingga kini, Satpol PP masih terus menggencarkan patroli keliling selama PPKM level 4 bersama tim yang tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri di kawasan perkotaan Wonogiri. Sedangkan di wilayah daerah, operasi dilakukan oleh Satgas kecamatan setempat.

Baca Juga: Terlibat Kejar-kejaran dengan Orang Tak Dikenal, Remaja Meninggal Seusai Tabrak Pohon di Jogja

Menurut Waluyo, secara umum penerapan PPKM yang diatur dalam Instruksi Bupati No. 4/2021 berjalan dengan baik. Namun ia tak menampik jika ada sebagian kecil pedagang yang melanggar batasan jam operasional. Sehingga petugas meminta agar segera menutup lapaknya.

“Selama operasi dengan tim gabungan tidak ada kejadian menonjol. Kami berharap Wonogiri tetap adem ayem selama PPKM. Karena memang kami mengedepankan edukasi secara persuasif,” kata dia.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru Ditunda, GTT Wonogiri Malah Senang

Kalangan GTT senior di Kabupaten Wonogiri berharap penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK merupakan sinyal baik.

Perjuangan Atlet Difabel Panahan Wonogiri Menuju Peparnas Papua, Pernah Latihan Pakai Alat dari Bambu

Salah satu atlet Wonogiri, Arif Wirawan, 39, akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Paperanas) XVI Papua 2021. Ia akan bertanding di sektor Panahan kelas W2 (beregu open).

Ditunjuk Terapkan PeduliLindungi, 600-An Pekerja Pasar Klewer Solo Malah Belum Divaksin Covid-19

Ratusan pekerja dan pelaku kegiatan di Pasar Klewer Solo ternyata belum divaksin Covid-19 padahal ditunjuk Kemendag untuk menerapkan PeduliLindungi.

Perjuangkan Nasib Petani, Mahasiswa Soloraya Unjuk Rasa di Ngarsopuro Solo

Puluhan mahasiswa anggota BEM Soloraya menggelar aksi unjuk rasa menuntut pemerintah menyesaikan persoalan pertanian.

Ditanya Soal Duet dengan Ganjar di Pilpres 2024, Menko Airlangga: Masih Jauh Itu

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di acara haul Ki Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Jumat (24/9/2021)

Psywar ke AHHA PS Pati Berlanjut, Gibran: Sponsor Persis Solo Lebih Banyak sampai Jersey-ne Kebak

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melanjutkan psywar kepada AHHA PS Pati dengan menyebut sponsor Persis Solo lebih banyak.

Masjid Tertua di Sragen Ini Simpan Pusaka dari Raja Keraton Solo PB IV, Begini Ceritanya

Salah satu masjid tertua di Sragen yang terletak di Jetiskarangpung, Kalijambe, ternyata juga menyimpan pusaka pemberian Raja Solo.

Pengumuman PPPK Ditunda, Guru Honorer di Solo Pasrah

Guru honorer di Solo mengaku pasrah dengan adanya penundaan pengumuman seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Solo Tuan Rumah Liga 2 Grup C, Komisi X DPR: Jangan Sampai Jadi Klaster Baru!

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diingatkan agar berhati-hati dalam pelaksanaan pertandingan Liga 2 Tahun 2021 Grup C di Stadion Manahan.

Lokasi Perayaan Yaa Qowiyyu di Jatinom Klaten Ternyata Pernah Dipindah Lho...

Tradisi Yaa Qowiyyu yang digelar setiap bulan Sapar di Jatinom, Klaten, ternyata pernah dipindahkan ke tempat lain.

Bermodal Seragam Loreng, Warga Klaten Curi Aki Motor di Banmati Sukoharjo

Seorang warga Wonosari, Klaten, yang menyamar dengan memakai baju loreng mirip seragam TNI tepergok curi aki sepeda motor di Banmati, Sukoharjo.

Bakal Tampil di Peparnas Papua, Atlet Panahan Wonogiri Ternyata Berlatih di Tegalan

Salah satu atlet Wonogiri, Arif Wirawan, 39, akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Paperanas) XVI Papua 2021. Ia akan bertanding di sektor Panahan kelas W2 (beregu open).

Jos! Sidowayah Klaten Kembangkan Millenial Smartfarming Biar Petani Nggak Punah

Konsep millenial smartfarming yang dikembangkan di Desa Sidowayah Klaten memadukan teknologi dan manajemen pertanian.

BI Solo: Kasus Upal Boyolali Jadi Temuan Terbesar di Soloraya

Kasus uang palsu atau upal yang diungkap Polres Boyolali dengan sembilan tersangka pada 12 September lalu merupakan temuan terbesar.

Operasi Prokes Gencar Digelar di Bendosari Sukoharjo, Jangan Lupa 5M Ya!

Penurunan PPKM Level di Kabupaten Sukoharjo tak menurunkan intensitas aparat gabungan di Kecamatan Bendosari untuk melakukan operasi protokol kesehatan.