SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPR sekaligus Ketum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Ami), bersilaturahmi di Ponpes Al Muttaqien Pancasila Sakti (Alpansa) di Karanganom, Klaten, Jumat (4/6/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Wakil Ketua DPR yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin atau Gus AMI, bersilaturahmi sekaligus memberikan orasi kebangsaan di Pondok Pesantren Al Muttaqien Pancasila Sakti (Alpansa) di Sumberejo Wangi, Troso, Karanganom, Klaten, Jumat (4/6/2021).

Di kesempatan itu, Muhaimin Iskandar secara terang-benderang memperoleh dukungan untuk maju di Pilpres 2024.
Berdasarkan pantauan Solopos.com, Abdul Muhaimin Iskandar kali pertama berziarah di makam pendiri Alpansa Klaten, Mbah Lim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya, Gus AMI berfoto dengan latar belakang papan Joglo Perdamaian Umat Manusia Sedunia.

Baca juga: LHKPN Pimpinan DPR: Total Kekayaan Puan Rp363 M, Muhaimin Rp14 M

Berikutnya, Gus AMI baru memberikan orasi kebangsaan. Hadir di kesempatan itu, sejumlah politikus dari PKB yang duduk di kursi DPR hingga DPRD Klaten, pengasuh Ponpes Alpansa Klaten, pengurus DPC PKB Klaten, perwakilan Nahdlatul Ulama (NU) Klaten, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

"Semoga Cak Imin [Gus Ami] bisa neruske Mbah Lim dan Gus Dur. Saya itu pernah ikut pertemuan Mbah Lim dan Gus Dur ditempatnya Mbah Hasyim. Isinya, gus-gus, aja ngaku anak putune Mbah Hasyim yen ra isoh nyekel negara. Itu di tahun 1980. Kalau sekarang kula lungsur [pesan Mbah Lim] menjadi gus-gus, aja ngaku neruske Gus Dur dan Mbah Lim yen ra isoh nyekel negara. Iki luwih alus daripada for presiden," kata sohibul bait sekaligus anak Mbah Lim, yakni Saifudin Zuhri alias Gus Din, saat memberikan sambutan di hadapan Gus Ami dan peserta Sarasehan Nasional Pancasila Sakti di Ponpes Alpansa, Jumat (4/6/2021).

Modal Besar Mengatur Bangsa

Ketua DPC PKB Klaten, Bambang Susanto, berharap semangat Mbah Lim menjadi modal besar dalam mengatur bangsa dan negara ke depan.

"Semoga Gus AMI diberi kesehatan dan bisa memimpin bangsa di waktu mendatang. InsyaAlloh, 2024 milik kita," kata Bambang Susanto.

Baca juga: AHY Temui Ridwan Kamil, Ngobrol Apa?

Memperoleh dukungan tersebut, Gus AMI belum bersedia bicara banyak.

"Saya ke sini untuk silaturahmi. Ponpes Alpansa Klaten telah memberikan ajaran Pancasila. Terkait dukungan, itu menjadi aspirasi. Nantinya akan dibahas bersama para kiai. Itu masih lama," katanya.

Disinggung tentang akan berpasangan dengan siapa di Pilpres 2024, Gus AMI tak menjawab secara detail. Hal itu termasuk telah melakukan pendekatan ke mana saja guna mempersiapkan diri menghadapi Pilpres 2024.

"Belum tahu yang cocok. Belum ada pendekatan," katanya.

Baca juga: Makin Lama, Daftar Tunggu Haji Klaten Mundur Sampai 31 Tahun

Saat memberikan orasi kebangsaan di Ponpes Alpansa Klaten, Gus AMI bicara tentang nilai-nilai Pancasila yang telah digaungkan Mbah Lim.

"Ketika ingat Pancasila ingat Mbah Lim yang konsisten mengangkat jargon Pancasila. NU sebagai penjaga persatuan dan Joglo Perdamaian Umat Manusia Sedunia ini suwuknya sudah mulai terasa ke negara lain," kata Gus AMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya