SOLOPOS.COM - Pengunjung menjajal komputer di Pojok Baca Digital yang berada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Klaten, Jumat (19/11/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klaten dilengkapi pojok baca. Fasilitas yang ada di tempat itu merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Klaten, Syahruna, mengatakan pojok baca digital di Disdukcapil itu sudah dibuka sejak lebih dari sebulan terakhir. Lokasinya berada pada lantai II kantor tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Syahruna mengatakan fasilitas yang ada di pojok baca digital itu mulai dari koleksi bacaan sekitar 300 judul, serta tiga komputer yang terhubung dengan sambungan Internet. Pojok baca digital tersebut dibuat di Disdukcapil Klaten lantaran di tempat itu menjadi salah satu pelayanan publik yang saban hari didatangi warga.

Baca Juga: Penertiban Truk Roda 10 di Jalur Galian C Klaten Harus Lebih Serius

“Harapannya, orang sambil menunggu mengurus administrasi kependudukan di sana bisa sambil membaca buku,” kata Syahruna, Kamis (25/11/2021).

Pojok baca digital tersebut bantuan dari Perpusnas. Hanya, Syahruna tak mengetahui nilai bantuan yang diberikan lantaran Perpusnas langsung memberikan bantuan berupa peralatan.

“Yang jelas kualitas fasilitas di sana bagus-bagus. Seperti spesifikasi komputer di sana justru lebih bagus dibandingkan di Dinas Arpus Klaten,” kata dia.

Baca Juga: Gencar Operasi Yustisi, Masih Ada Saja Warga Wonogiri Tak Pakai Masker

Salah satu petugas jaga pojok baca digital Disdukcapil Klaten, Anis, 22, mengatakan jam buka pojok baca tersebut mengikuti jam pelayanan di Disdukcapil Klaten mulai pukul 08.00 WIB-13.00 WIB. Dia menjelaskan koleksi buku di tempat itu beragam mulai dari buku anak-anak serta buku pengetahuan umum.

“Dibukanya baru bulan ini. Mungkin banyak yang belum kenal sehingga pengunjungnya memang belum banyak. Per hari itu rata-rata sekitar lima pengunjung,” kata Anis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya