SOLOPOS.COM - Mindo Rosalina "Rosa" Manulang (FOTO/Dok)

Mindo Rosalina "Rosa" Manulang (FOTO/Dok)

JAKARTA-Terpidana kasus suap wisma atlet SEA Games, Mindo Rosalina Manulang, berada di tempat rahasia setelah yang bersangkutan mendapat ancaman pembunuhan. Saat ini, kesaksian Rosa memang dinanti untuk membongkar kasus suap itu, yang sudah menyeret mantan Bendahara Umum Demokrat, Muhammad Nazaruddin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juru bicara KPK memastikan proses perlindungan Rosa di bawah Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tidak akan menghalangi pemeriksaan terhadap bersangkutan. KPK, imbuh Johan, masih terus mengembangkan kasus suap wisma atlet tersebut.

“Mengenai teknis pemeriksaan di mana, itu mudah. KPK tetap berkoordinasi dengan LPSK,” kata Johan, Sabtu (14/1/2012). “Pemeriksaan dia tidak akan ada hambatan,” imbuhnya.

Demikian pula jika Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi membutuhkan kesaksian Rosa. “Kami tetap bisa menghadirkan dia di ruang sidang. Itu teknis lah,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai mengusulkan agar Rosa tidak perlu hadir langsung di ruang sidang demi keamanan. “Cukup menggunakan teleconference. Ini harus diusulkan oleh jaksa dan disetujui oleh hakim,” ujarnya.

Selain itu, LPSK juga mengusahakan agar Rosa bisa ditahan di Lapas dengan tingkat keamanan maksimum. “Itu yang kami koordinasikan dengan Kementerian Hukum dan HAM. Juga, tidak menutup kemungkinan untuk menjaga keamanan keluarganya, anak, atau suaminya. Itu akan kami perhatikan juga,” katanya, lagi.

Saat ini, Rosa masih menjalani pemeriksaan saksi untuk terdakwa Nazaruddin di pengadilan. Ancaman pembunuhan terhadap Rosa, diakui pengacara, mulai diterima sejak Desember lalu. Rosa dipaksa untuk mencabut berita acara pemeriksaan atau BAP dalam kasus ini. VIVAnews

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya