SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Kolonel (Inf) Rafael Granada Baay resmi menjabat sebagai Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama. Pria kelahiran Tidore, 47 tahun lalu itu sebelumnya bertugas sebagai Komandan Resimen Induk Kodam XIV/Wirabuana Hassanudin Makassar. Bagi Rafael, Solo sudah tidak asing lagi. Suami Lisa Fikadila itu pernah menjabat Komandan Grup 2 Kopassus Kandangmenjangan, Kartasura, pada 2015–2016 tepat sebelum bertugas sebagai Danrindam.

“Saya pernah bilang sama istri suatu saat harus main ke Solo karena kota ini sangat berkesan. Bagaimana keramahan warga, suasana, kuliner, dan banyak hal yang membuat saya suka. Ternyata saya kembali mendapat kesempatan,” tutur dia kepada wartawan di Markas Korem, Kerten, Solo, belum lama ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jauh sebelum itu, Rafael juga pernah bertugas di Grup 2 Kopassus pada 1995 hingga 2002. Selama itu kariernya beranjak dari letnan dua hingga berpangkat kapten. “Saya 24 tahun di Kopassus mulai berpangkat letnan dua sampai kolonel,” imbuh mantan Komandan Sekolah Para Dasar (Terjun Payung) di Batujajar pada 2010 itu. Bapak dengan dua anak itu lalu bercerita tentang banyaknya kuliner yang ingin disantapnya ketika bertugas di Kota Bengawan. Di antaranya satai buntel, nasi liwet, ayam goreng kampung dan bebek goreng, dan sebagainya.

Setelah menjabat Danrem, Rafael bersiap-siap menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Rafael berpesan kepada  masyarakat untuk menjaga kerukunan meski memiliki perbedaan pilihan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). “Pilihan boleh berbeda, namun kerukunan tetap harus dijaga. Kita pertahankan menjaga kebersamaan sehingga seluruh warga Soloraya terus berbahagia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya