SOLOPOS.COM - Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa mengunjungi Demplot Stunting di Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo di Balai Desa setempat, Selasa (21/3/23). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Komandan Kodim 0726/Sukoharjo, Letkol (Czi) Slamet Riyadi, mengklaim pemberian vitamin alga progresif mengatasi masalah stunting. Kodim bekerja sama dengan PT Dua Naga memberikan vitamin itu di demplot stunting di Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo.

Hal itu disampaikan Slamet saat kunjungan kerja Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad), Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, ke balai desa setempat, Selasa (21/3/23). Ia mengatakan saat dimulainya demplot stunting oleh Kodim  bersama PT Dua Naga pada Januari 2023 tercatat ada 100 balita dan 51 ibu hamil mengalami pertumbuhan lambat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Setiap dua pekan sekali diadakan penimbangan berat badan dan tinggi badan hasilnya dapat memberikan perubahan yang sangat baik,” ungkap Dandim dalam sambutan kegiatan tersebut.

Dandim menyebut berkat program tersebut progress penanganan stunting cukup signifikan. Pada penimbangan berat badan sejumlah 59 balita tercatat naik berat badan, sejumlah tujuh balita mengalami berat badan turun akibat sakit dan 34 balita memiliki berat badan tetap.

Dandim mengklaim perubahan berat badan tersebut berkat bantuan makanan tambahan dan vitamin balita. Tak hanya itu pengawasan pada ibu hamil juga disebutnya telah dilaksanakan dengan baik.

Sementara Danpusterad, Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dandim 0726/Sukoharjo dan semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam program tersebut. “Mari kita bergotong-royong untuk menuntaskan masalah stunting ini, dengan harapan angkanya akan semakin menurun khusunya di Desa Mranggen Kecamatan Polokarto ini,” jelas Danpusterad.

Dia meminta  jika  ditemukan hal yang berkaitan dengan stunting agar segera dilaporkan secara cepat dan berkesinambungan. Sehingga sedini mungkin permasalahan stunting  dapat teratasi dengan baik.

Ke depan pihaknya akan memantau dan mencari upaya-upaya terbaik dengan berkolaborasi bersama  Pemda untuk mencari terobosan baru dalam mengatasi stunting. Dalam kegiatan itu selain meninjau ke Demplot Stunting Kodim 0726/Sukoharjo, Danpusterad juga membagikan sembako dan makanan tambahan  serta vitamin bagi ibu hamil dan balita.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengatakan progress demplot stunting tersebut akan dievaluasi. Jika memang memiliki progress yang signifikan, ia tak menutup kemungkinan mengembangkan pemanfaatan vitamin alga tersebut. Terutama di seluruh kecamatan di Kabupaten Sukoharjo hingga kabupaten/kota lain yang lebih luas.

Dalam Kunkernya Danpusterad juga didampingi oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, serta Jajaran Forkopimda Sukoharjo lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya